Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bagaimana Mengenali dan Mencegah Sakit Radang Paru

Radang Paru atau Pneumoniaan adalah sebuah penyakit berbahaya yang ditandai dengan infeksi pada paru-paru. Radang Paru biasanya terjadi karena adanya bakteri atau virus yang masuk dan menyerang kantung udara pada bagian paru-paru. Jika kantung udara terisi dengan sebuah cairan yang sudah terinfeksi akan menyebabkan persediaan oksigen berkurang.

Radang paru merupakan sebuah penyakit yang sangat serius apalagi bila menyerang seorang bayi atau anak kecil yang memiliki sistem imun yang belum terlalu kuat. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan dapat menyerang semua usia. Namun, bila penyakit ini menyerang seseorang yang masih muda atau sudah sangat tua tentu akan membuat sebuah kondisi yang sangatlah buruk bagi kesehatan.

Apakah penyebab utama timbulnya Radang Paru?

Penyebab utama timbulnya penyakit radang paru-paru adalah terjadinya infeksi bakteri dan bakteri yang umumnya menyerang radang paru adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae
Bagaimana cara mengenali Radang Paru-Paru?

Diagnosis penyakit Radang Paru dapat dilakukan dengan melakukan berbagai wawancara medis, pemeriksaan fisik oleh dokter dan pemerikasan penunjang lainnya, beberapa pemeriksaan yang biasanya dilakukan diantaranya pemeriksaan darah secara lengkap, rontgen bagian dada, cek dahak hingga cek kultur dahak. Gejala yang sering timbul umumnya adalah batuk yang disertai dengan dahak. Pada umumnya lendir yang keluar dalam mulut biasanya berwarna kuning atau hijau dan ada juga yang mengeluarkan dahak dengan disertai darah. Selain dahak orang yang teridentifikasi punya penyakit radang paru sering mengalami demam dalam waktu yang lama dan sering merasa lemas serta sesak napas.

Apa saja langkah pencegahan yang harus dilakukan?

Salah satu cara untuk mencegah penyakit Radang Paru adalah dengan melakukan vaksinasi yang biasanya menggunakan media suntik. Semua kalangan dianjurkan untuk mendapatkan vaksin mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Vaksin bukan berarti alat penyembuh penyakit radang paru dan bukan juga alat penjamin seseorang agar tidak terkena radang paru. Namun, peran vaksin disini dapat memberikan kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit radang paru. Vaksin hanyalah sebatas alat pencegah saja bukan penyembuh.

Pencegahan

Cara pencegahan lainnya adalah dengan menjauhkan anak-anak dari orang yang memiliki penyakit radang paru-paru. Anak memiliki sistem imun yang belum terlalu kuat jadi sangat mudah untuk tertular suatu penyakit. Sebaiknya jauhkan anak dan orang tua yang terkena radang paru gunakanlah masker dan menutup mulut saat batuk agar tidak akan tertular kepada anak-anak. Adanya sirkulasi yang baik di rumah akan dapat mencegah adanya virus yang dapat menyerang radang paru. Sebaiknya pada pagi hari ada sinar matahari yang masuk ke dalam rumah karena bila keadaan pengap virus akan tumbuh dan bertahan hidup di suatu ruangan yang lembap tanpa sirkulasi udara.

Segeralah datang ke dokter dan sebutkan semua keluhan yang terjadi dengan otomatis dokter juga akan memberikan saran-saran terbaiknya dan memberikan terapi yang akan menyembuhkan radang paru yang sudah mulai masuk dalam tubuh. Kemudian, perbanyak istirahat untuk membuat penyakit segera hilang.
Itulah ulasan mengenai cara mengenali dan mencegah penyakit radang paru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk mencari informasi mengenai cara pencegahan penyakit radang paru-paru.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja