Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Bagaimana Bersihkan Rumah Menggunakan Disenfektan untuk Cegah Corona?

Seperti yang Sobat ketahui, saat ini dunia sedang dihebohkan dengan virus corona yang disebut COVID-19. Penyebaran virus ini disebut sebagai sebuah pandemik oleh WHO (World Health Organization). Penularan virus corona berasal dari droplet yang diproduksi oleh orang terinfeksi. Droplet berisi virus corona tersebut dapat tersebar ke benda-benda di sekitar Sobat. Pada permukaan plastik dan stainless steel, virus corona dapat bertahan hingga 72 jam. Pada kardus, virus corona dapat bertahan hingga 24 jam sedangkan pada tembaga hanya bertahan hingga 4 jam. Jika droplet ini ditransmisikan ke orang lain dan masuk melalui mata, hidung, atau mulut maka orang tersebut dapat terinfeksi. Namun Sobat dapat mencegahnya dengan mencuci tangan dan membersihkan permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, remote televisi, meja, toilet, dan lainnya. Cara ini dapat dilakukan di rumah Sobat masing-masing untuk mencegah terjadinya penyebaran di lingkungan rumah.

Cara membersihkan:

Permukaan-permukaan benda:

  • Gunakanlah sarung tangan sekali pakai. Jika menggunakan sarung tangan yang dapat dipakai kembali, gunakan hanya bertujuan untuk membersihkan COVID-19. Cuci tangan setelah melepaskan sarung tangan.
  • Permukaan yang kotor dibersihkan dahulu menggunakan detergen atau sabun, lalu diberikan disinfektan.
  • Disinfektan yang dapat digunakan adalah alkohol 70% atau campuran larutan pemutih rumah tangga. Jangan menggunakan pemutih yang sudah kadaluwarsa. Sebelum membersihkan dengan campuran pemutih, baca instruksi pabrik untuk produk. Jangan mencampur pemutih dengan ammonia atau produk pembersih lainnya.

Campuran larutan pemutih:

  • 5 sendok makan larutan pemutih + 3.8 liter air (1 US gallon) atau
  • 4 sendok teh larutan pemutih + 950 ml air (1 US quart)
  • Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alkohol 70% & dan larutan pemutih (Natrium Hipoklorit) 0,1% selama 1 menit dapat dengan efektif menjadi disinfektan terhadap virus corona.
  • Untuk benda dengan permukaan halus (karpet, gorden) bersihkan kotoran yang terlihat dengan pembersih yang sesuai. Cuci sesuai dengan instruksi pabrik menggunakan air dengan suhu paling hangat yang diperbolehkan untuk benda tersebut. Setelah dicuci, keringkan hingga tuntas.

Baju, handuk, linen, dan benda yang di-laundry:

  • Gunakanlah sarung tangan sekali pakai. Jika menggunakan sarung tangan yang dapat dipakai kembali, gunakan hanya bertujuan untuk membersihkan COVID-19. Cuci tangan setelah melepaskan sarung tangan.
  • Hindari mengocok cucian kotor untuk menghindari percikan virus tersebar melalui udara.
  • Cuci sesuai dengan instruksi pabrik menggunakan air dengan suhu paling hangat yang diperbolehkan untuk benda tersebut. Setelah dicuci, keringkan hingga tuntas. Pakaian orang yang sedang sakit dapat dicampur dengan pakaian orang sehat.
  • Bersihkan dan lakukan disinfektasi pada tempat atau kotak penampung baju kotor sesuai dengan cara di atas.

Sekarang Sobat sudah mengerti bagaimana caranya untuk membersihkan dan melakukan disinfektasi untuk rumah Sobat. Pastikanlah untuk berhati-hati saat  membersihkan dan melakukan disinfektasi pada permukaan-permukaan, khususnya jika dicurigai bila terkena droplet orang sakit. Jangan lupa untuk Sobat selalu mencuci tangan sesuai dengan waktu dan cara yang tepat. Jika Sobat mengalami gejala COVID-19 seperti demam, batuk, sesak napas, dan berkunjung atau terpapar seseorang yang berkunjung pada negara risiko tinggi, segeralah periksakan diri Sobat ke dokter. atau hubungi call center krisis virus corona 119 ext 9 serta Chatbot ProSehat 0811-1512-800.

Untuk informasi kesehatan lainnya, Sobat dapat mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat atau bisa menghubungi nomor Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800. Salam sehat!

Ditulis Oleh: dr Jonathan Christopher

Daftar Pustaka

  1. Coronavirus [Internet]. Who.int. 2020. Available from: who.int/health-topics/coronavirus
  2. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) [Internet]. Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Available from: cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/index.html
  3. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 60 [Internet]. WHO; 2020. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/situation-reports
  4. van Doremalen N, Bushmaker T, Morris D, Holbrook M, Gamble A, Williamson B et al. Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1. New England Journal of Medicine. 2020;.
  5. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) – Environmental Cleaning and Disinfection Recommendations [Internet]. Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Available from: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning-disinfection.html
  6. Henwood A. Coronavirus disinfection in histopathology. Journal of Histotechnology. 2020;:1-3.
  7. Kampf G. Potential role of inanimate surfaces for the spread of coronaviruses and their inactivation with disinfectant agents. Infection Prevention in Practice. 2020;2(2):100044.

Chat Asisten ProSehat aja