Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

6 Aromaterapi untuk Tidur Nyenyak dan Mengatasi Insomnia

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Humidifier Aromaterapi untuk Tidur Nyenyak di Malam Hari

Penggunaan aromaterapi untuk tidur nyenyak di malam hari sangat cocok untuk penderita insomnia. Baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi insomnia bukan hanya dialami orang dewasa namun juga mereka yang masih di usia anak-anak dan remaja.

Memiliki kualitas tidur yang baik akan membantu beraktifitas lebih baik pada keesokan harinya. Namun, beberapa orang mungkin akan mengalami gangguan tidur atau insomnia di malam hari. Berbagai gangguan tidur ini jika dibiarkan dapat memicu beberapa macam penyakit, seperti jantung, stroke, jantung, ginjal, darah tinggi, hingga diabetes. 

Salah satu cara yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas tidur adalah dengan menggunakan aromaterapi. Namun perlu diperhatikan aromaterapi seperti apa yang layak untuk digunakan. Karena setiap aromaterapi memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Cara Aromaterapi Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Aromaterapi merupakan metode perawatan dalam memulihkan kesehatan fisik dan psikis menggunakan minyak esensial dari tanaman alami. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terapi minyak esensial dapat meningkatkan kualitas tidur pada wanita pasca persalinan.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian terhadap 158 orang ibu yang dibagi menjadi 2 kelompok:

  • Salah satu kelompok diminta untuk menggunakan minyak lavender di malam hari
  • Satu kelompok lainnya tidak menggunakan wewangian apapun selama 8 minggu.

Ibu yang menggunakan minyak lavender memiliki tidur yang lebih berkualitas dibanding yang tidak menggunakan aroma terapi. 

Menghirup aromaterapi juga mampu merangsang sistem limbik dalam otak yang berperan dalam mengontrol emosi, indra penciuman, perilaku, dorongan seksual, dan memori jangka panjang. Itulah mengapa minyak esensial dengan aroma menenangkan mampu meningkatkan kualitas tidur, serta memberi manfaat lain bagi kesehatan tubuh. 

Pilihan Aromaterapi Untuk Tidur Nyenyak dan Insomnia

Bagi penderita insomnia ataupun sering terbangun di malam hari, penggunaan aromaterapi bisa menjadi solusi. Aroma terapi dapat membantu untuk membuat tidur lebih nyenyak. Namun tidak semua aromaterapi memiliki efek membantu meningkatkan kualitas tidur.

Meski beberapa aromaterapi mampu membantu memperbaiki kualitas tidur Anda, namun beberapa jenis minyak esensial justru dapat memperburuk kualitas tidur. Misalnya minyak esensial dengan ekstrak kayu cendana, ranting pohon jeruk pahit, dan rosemary. Ketiga jenis minyak esensial ini dapat meningkatkan kewaspadaan dengan mempercepat tekanan darah dan denyut jantung, serta laju pernapasan Anda. 

Sahabat Sehat, berikut adalah beberapa jenis minyak aromaterapi untuk membantu tidur nyenyak dan mengatasi masalah insomnia:

Chamomile

Ekstrak chamomile dalam minyak esensial dinilai mampu meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi menyebutkan bahwa para lansia yang kesulitan tidur di malam hari menunjukan bahwa penggunaan aromaterapi dengan ekstrak chamomile selama dua minggu mampu membantu mereka untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Tak hanya mengatasi gangguan tidur, ekstrak chamomile juga memiliki manfaat lain dalam mengatasi kecemasan dan stres. Selain sebagai minyak esensial, bunga chamomile juga dapat Anda manfaat dalam bentuk teh.

Lavender

Lavender adalah jenis tanaman aromatik yang sering dimanfaatkan minyaknya sebagai aromaterapi. Hal ini dibuktikan dengan penelitian pada sejumlah wanita pasca melahirkan yang melaporkan bahwa minyak esensial aroma lavender mampu meningkatkan kualitas tidur mereka.

Aromaterapi lavender menggunakan ekstrak minyak dari bunga Lavandula angustifolia yang beraroma harum, sehingga akan menciptakan udara yang segar dan membuat Anda dapat tidur lebih nyenyak dan mengurangi insomnia. 

Valerian

Akar tanaman herbal valerian telah lama dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat teh herbal dan suplemen tidur. Akar valerian akan bekerja sebagai obat yang menenangkan sistem saraf otak. Alhasil, tidak hanya mampu mengatasi gangguan tidur, tetapi akar tanaman ini juga mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan berlebih. 

Bagi penderita stres sehingga mengalami sulit tidur, aroma valerian ini menjadi pilihan terbaik. Selain itu aroma valerian ini konon sangat cocok digunakan untuk menenangkan emosi yang hendak meledak dan meredakan perasaan ingin marah-marah.

Bergamot

Bergamot adalah jenis tanaman jeruk yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan holistik. Pengobatan holistik adalah pengobatan alternatif. Biasanya bersifat spiritual.

Namun sejatinya minyak esensial dari ekstrak bergamot dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung sehingga memberi sinyal ke sistem tubuh untuk beristirahat dan menjadi pilihan aromaterapi untuk tidur nyenyak yang tepat. Selain memberi efek yang menyegarkan, aromaterapi bergamot juga dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

Passion flower

Minyak esensial yang diperoleh dari ekstrak bunga, daun, dan batang tanaman passiflora memiliki manfaat yang tidak kalah dari akar valerian. Minyak esensial passion flower juga dapat membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Selain dapat dijadikan minyak esensial, ekstrak passion flower juga dapat dinikmati dalam bentuk teh herbal.

Passion flower juga tergolong aman dan dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun pastikan membeli produk minyak esensial yang sudah terstandart sehingga aman digunakan.

Lemon Balm

Minyak esensial lemon balm diperoleh dari daun lemon balm yang di ekstrak. Daun lemon balm sendiri adalah salah satu jenis tumbuhan herbal yang sering dimanfaatkan dalam bentuk aromaterapi maupun the herbal.

Cara Mudah Gunakan Aromaterapi

Minyak esensial atau minyak aromaterapi membutuhkan peralatan khusus agar manfaatnya bisa didapatkan. Cara termudah mendapatkan manfaat minyak aromaterapi adalah menggunakan diffuser.

Diffuser merupakan alat dengan fungsi mengubah minyak aromaterapi menjadi uap wangi aromaterapi dan menyebarkannya ke udara sehingga bisa dihirup.

Diffuser Aromaterapi

Check dan beli diffuser, check sekarang: Diffuser untuk Menguapkan Aromaterapi

Nah Sahabat Sehat, itulah beberapa aromaterapi untuk tidur nyenyak di malam hari serta membantu mengatasi masalah insomnia. Jika Sahabat Sehat memerlukan aromaterapi dan produk lainnya, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lanjut hubungi WA Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Hopkins Medicine. Aromatherapy: Do Essential Oils Really Work? [Internet]. USA : Hopkins Medicine; [cited 2021 Oct 28].
  2. Sleep. Best Essential Oils of 2021 [Internet]. USA : Sleep; [cited 2021 Oct 28].
  3. Healthline. What Are Essential Oils, and Do They Work? [Internet]. USA : Healthline; [cited 2021 Oct 28].
  4. Michigan Medicine. Aromatherapy (Essential Oils Therapy) [Internet]. USA : Michigan Medicine; [cited 2021 Oct 28]. 
  5. Healthline. The 6 Best Bedtime Teas That Help You Sleep [Internet]. USA : Healthline; [cited 2021 Oct 28].

Chat Dokter 24 Jam