Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Apakah Ada Efek Samping Jangka Panjang Bius Total?

Pertanyaan yang sering terlontar ketika kita berhadapan dengan obat-obatan maupun tindakan medis lain yaitu: “Ada efek sampingnya tidak?”
Yup, inilah yang acap kali menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan bagi banyak orang, tak terkecuali dengan tindakan operasi yang memerlukan proses anestesi (bius). Mungkin Anda bertanya-tanya apakah anestesi (bius) memiliki efek samping jangka panjang pada tubuh. Simak ulasan di bawah ini:

  • Kapan anestesi umum digunakan? Apakah aman?

Anestesi umum sangat aman. Bahkan jika pasien memiliki masalah kesehatan yang cukup signifikan, umumnya pasien dapat mentolelir obat-obatan anestesi umum tanpa masalah serius. Tetapi dengan obat atau prosedur medis apapun, Anda akan mengalami beberapa efek samping.1

  • Apa efek samping jangka pendek yang mungkin terjadi?

Sebagian besar efek samping anestesi umum terjadi segera setelah operasi dan tidak berlangsung lama. Setelah operasi selesai dan obat-obatan anestesi dihentikan, pasien akan perlahan-lahan terbangun di ruang operasi atau ruang pemulihan. Pasien mungkin akan merasa grogi dan sedikit bingung.

Pasien mungkin juga merasakan salah satu dari efek samping berikut:

  • Mual dan muntah. Efek samping ini biasanya terjadi segera setelah prosedur, namun beberapa orang mungkin terus merasa sakit selama 1-2 hari. Obat anti mual dapat membantu jika pasien tidak tahan.
  • Mulut kering. Pasien mungkin merasa kering pada mulut ketika bangun. Selama pasien tidak terlalu mual, meminum air sedikit dapat membantu mengatasi mulut yang kering.
  • Sakit tenggorokan atau suara serak. Alat bantu napas yang dipasang untuk membantu napas selama operasi dapat membuat tenggorokan sakit setelah dilepas.
  • Menggigil. Hal ini umum terjadi karena suhu tubuh pasien turun selama di kamar operasi. Dokter dan perawat akan memastikan suhu tubuh pasien tidak turun terlalu banyak selama operasi, namun pasien mungkin dapat menggigil saat terbangun setelah operasi dan merasa dingin. Menggigil juga dapat berlangsung selama beberapa menit hingga jam.
  • Kebingungan dan pikiran kabur. Ketika pertama kali bangun dari anestesi, pasien mungkin merasa bingung, mengantuk, dan berkabut. Hal ini biasanya berlangsung hanya beberapa jam, namun bagi sebagian orang terutama orang dewasa yang lebih tua, kebingungan ini dapat berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu.
  • Nyeri otot. Obat-obatan yang digunakan untuk mengendurkan otot-otot selama operasi dapat menyebabkan rasa sakit sesudahnya.
  • Gatal. Jika obat-obatan yang digunakan selama operasi ialah jenis narkotik (opioid), maka efek samping ini umum terjadi.
  • Masalah kandung kemih. Pasien mungkin mengalami kesulitan buang air kecil dalam waktu singkat setelah anestesi umum.
  • Pusing. Pasien mungkin merasa pusing saat pertama kali berdiri. Minum banyak cairan akan membantu pasien merasa lebih baik.1-4

 

  • Apakah efek samping jangka panjang yang mungkin terjadi setelah anestesi?

Kebanyakan orang tidak akan mengalami efek samping jangka panjang. Namun, orang dewasa yang lebih tua mungkin mengalami efek samping yang bertahan lebih dari beberapa hari. Efek samping yang mungkin terjadi:

  • Delirium pasca operasi. Beberapa orang mungkin menjadi bingung, kehilangan arah, atau mengalami kesulitan mengingat hal-hal setelah operasi. Disorientasi ini bisa datang dan pergi, tetapi biasanya hilang sekitar satu minggu.
  • Disfungsi kognitif pasca operasi. Beberapa orang mungkin mengalami masalah memori yang sedang berlangsung atau jenis gangguan kognitif lainnya setelah operasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berusia lebih dari 60 tahun, umumnya bisa terkena disfungsi. Pasien juga lebih mungkin terkena disfungsi jika memiliki riwayat stroke, penyakit jantung, penyakit paru-paru, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.1,5

Nah, apakah ulasan di atas sudah cukup menjawab rasa penasaran Anda? Jika belum, bisa ditanyakan lebih lanjut kepada dokter anestesi Anda. Salam sehat.

instal aplikasi prosehat

Referensi:

  1. Side Effects of General Anesthesia : What to Expect – healthline.com/health/side-effects-of-general-anesthesia#longterm-side-effects , diakses pada tanggal 14-12-2018
  2. Going Under : Potensial Side Effects of General Anesthesia – medshadow.org/features/anesthesia-side-effects/ , diakses pada tanggal 14-12-2018
  3. Neurotoxicity of General Anesthetics : Cause for Concern – ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2784653/ , diakses pada tanggal 14-12-2018
  4. What to know abaout general anesthesia – medicalnewstoday.com/articles/265592.php , diakses pada tanggal 14-12-2018
  5. Effects of Anesthesia – asahq.org/whensecondscount/anesthesia-101/effects-of-anesthesia/ , diakses pada tanggal 14-12-2018

WhatsApp Asisten Maya saja