Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Apa Saja Makanan Sehat Supaya Awet Muda?

Kulit indah nan cerah dimulai dari apa yang dimakan, makanan yang menyebabkan awet muda ternyata lebih banyak manfaatnya dari apa yang dikira. Saat Anda mengonsumsi makanan kaya antioksidan, kolesterol baik, air, dan nutrien penting lainnya, tubuh akan menunjukkan melalui organ terbesar, yaitu kulit. Kulit menjadi bagian tubuh yang pertama kali akan menunjukkan gangguan internal tubuh. Oleh karena itu, banyak sekali produk kecantikan kulit, seperti lotion, krim, masker, dan serum yang beredar sebagai bagian dari usaha untu merawat kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran merupakan cara teraman dan tersehat untuk melawan penuaan kulit dan kulit kering. Siap untuk mulai bersinar? Berikut ini adalah makanan anti penuaan terbaik yang dapat memelihara tubuh agar dapat bersinar dari dalam.

Buah Delima

Delima telah digunakan berabad-abad sebagai buah penyembuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dan berbagai antioksidan poten di dalamnya dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan pada sistem internal tubuh. Buah yang sehat ini mengandung senyawa yang dikenal punicalagin, yang membantu menjaga kolagen di dalam kulit serta memperlambat gejala penuaan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa senyawa urolithin A, yang diproduksi oleh delima akan berinteraksi dengan bakteri di saluran pencernaan, yang berfungsi untuk meremajakan kembali mitokondria. Hal ini dapat terlihat dalam kemampuannya untuk memperlambat penuaan otot.

Baca Juga: Makanan yang Aman Dikonsumsi Bagi Jantung Bengkak

Kentang manis

Warna jingga pada kentang manis berasal dari zat antioksidan yang dikenal sebagai beta-karoten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A. Vitamin A membantu mengembalikan elastisistas kulit, mendorong penggantian sel kulit, dan berkontribusi pada peremajaan kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Sayuran ini dapat menjadi sumber yang baik bagi vitamin C dan E, yang melindungi kulit dari radikal bebas dan menjaga kulit agar tetap berseri-seri.

Buah Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak yang membantu melawan peradangan dan mendorong kulit menjadi halus dan fleksibel. Alpukat juga mengandung berbagai nutrisi penting yang mencegah efek negatif penuaan, seperti vitamin K, C, E, dan A, vitamin B, dan kalium. Kandungan vitamin A yang tinggi pada alpukat akan membantu menghilangkan sel kulit mati, sehingga akan memberikan efek kulit yang bersinar. Kandungan karotenoid juga membantu menghalangi toksin dan kerusakan dari sinar matahari dan membantu menjaga kulit dari kanker.

Baca Juga: Batasi 7 Makanan Berikut Jika Ingin Awet Muda

Kacang-kacangan

Kebanyakan kacang, seperti almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, yang membantu memperbaiki jaringan kulit, menjaga kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak. Walnut bahkan mengandung asam lemak omega 3 yang bersifat sebagai antiinflamasi yang membantu menguatkan membran sel pada kulit, melindungi kulit dari kerusakan matahari, serta menyebabkan kulit bersinar dengan menjaga barrier minyak alami pada kulit. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, serta membantu mencegah penurunan fungsi kognitif pada lansia.

Bayam

Bayam sangat menghidrasi dan mengandung antioksidan yang membantu mengoksigenasi dan mengembalikan fungsi tubuh. Bayam kaya akan vitamin A, C, E, K, magnesium, zat besi heme, dan lutein. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus. Vitamin A yang terkandung dalam bayam akan membantu pertumbuhan rambut yang berkilau dan kuat, sementara vitamin K dikenal membantu mengatasi peradangan pada sel.

Baca Juga: 13 Jenis Makanan Berikut Bisa Membuat Tubuhmu Ideal

Brokoli

Brokoli memiliki kemampuan sebagai anti penuaan dan antiinflamasi, yang kaya akan nutrien berikut, yaitu vitamin C dan K, berbagai jenis antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein utama pada kulit yang berfungsi untuk kekuatan dan elastisitas kulit. Lutein diketahui membantu menjaga fungsi memori otak, serta vitamin K dan kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin C dan vitamin A, dan juga antioksidan yang dikenal sebagai antosianin. Hal ini menyebabkan blueberry memiliki warna biru yang indah dan gelap. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari, stres, dan polusi, dengan membantu respon inflamasi dan mencegah kehilangan kolagen.

Buah Pepaya

Buah yang nikmat ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan terjadinya kerutan pada kulit. Hal ini disebabkan kandungan vitamin A, C, K, E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B di dalamnya. Berbagai jenis antioksidan pada pepaya membantu melawan kerusakan radikal bebas dan menunda penuaan. Pepaya juga mengandung enzim yang dikenal sebagai papain, yang memberikan manfaat anti penuaan dengan bekerja sebagai agen antiinflamasi. Oleh karena itu, mengonsumsi pepaya akan membantu menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit menjadi bersinar dan bercahaya.

Minyak zaitun

Beberapa dekade lalu, peneliti pada studi Seven Countries menyimpulkan bahwa asam lemak monounsaturated pada minyak zaitun berperan penting dalam rendahnya tingkat penyakit jantung dan kanker pada pulau Crete di Yunanin. Selain itu, minyak zaitun juga dikenal mengandung polifenol, antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah penyakit yang berkaitan dengan proses penuaan.

Cokelat

dark chocolate

Orang Kuna pada pulau San Blas, memiliki tingkat penyakit jantung sebanyak 9 kali lebih rendah dibandingkan dengan pulau utama Panama. Apa penyebabnya? Suku Kuna banyak mengonsumsi minuman dengan kandungan cocoa  yang tinggi, yang kaya akan flavanol yang membantu menjaga fungsi pembuluh darah. Selain itu, konsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit ginjal, dan demensia.

Baca Juga: 5 Manfaat Olahraga Bagi Kaum Milineal

Itulah  10 makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi dan menjadi asupan nutrisi harian dalam mencegah penuaan dini. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kulit anda setiap harinya, ya.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka:

  1. Rhone N. 10 Anti-aging foods to support your 40’s and beyond body. 2018. [Internet]. Available at: healthline.com/health/food-nutrition/anti-aging-foods#1 (10.12.18)
  2. Micco Your Anti-aging diet. [Internet]. eatingwell.com/article/15877/your-anti-aging-diet/ (10.12.18).

WhatsApp Asisten Maya saja