Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

Apa Bahaya Oral & Anal Seks dari Sisi Medis?

Pembicaraan tentang seks pada era masa kini memang tak setabu sekian tahun yang lalu. Tak sedikit anak muda yang membahas tema seputar seks bersama teman-teman sebayanya, termasuk masalah oral dan anal seks. Oral seks dan anal seks sebenarnya bukanlah hal yang baru, perilaku seksual seperti ini sebenarnya muncul bersamaan dengan homoseksualitas yang telah ada sejak zaman dahulu. Namun, sudahkah Sobat mengetahui bahaya oral dan anal seks?

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bahayanya, Sobat sekalian harus mengetahui apa yang dimaksud dengan oral seks dan anal seks. Oral seks adalah suatu perilaku dimana seseorang menggunakan mulut, lidah atau bibirnya untuk menstimulasi atau merangsang organ genital (kemaluan) seseorang. Sedangkan anal seks adalah ketika alat kemaluan pria dimasukkan kedalam anus partner seksualnya dengan tujuan mencapai kepuasan seksual. Seperti perilaku seksual lainnya, beberapa orang mungkin merasakan kepuasan, sebagian lagi tidak. Beberapa orang mungkin merasa penasaran dengan itu, sebagian lagi tahu bahwa mereka tidak nyaman. Namun, apapun itu,Sobat perlu mengetahui apa bahayanya.

Sekarang kita akan membahas satu persatu tentang bahaya yang mungkin terjadi dari kedua perilaku ini, yang pertama oral seks, sebenarnya belum ada data akurat yang dapat mendeskripsikan berapa persentase orang-orang yang melakukan perilaku ini ditengah masyarakat, tapi persentasenya diperkirakan cukup tinggi terutama kalangan dewasa muda.Lalu apa sebenarnya bahaya oral seks? bahayanya karena banyak penyakit menular seksual yang dapat ditularkan melalui oral seks. Penularan dapat melalui kontak kulit dengan kulit atau rambut dengan rambut, serta melalui cairan tubuh. Adapun penyakit menular seksual yang paling sering terjadi ialah penyakit herpes, gonore (raja singa) dan sipilis. Sedangkan penyakit lain seperti chlamydia, HIV, hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C lebih jarang kejadiannya. Sedangkan anal seks yang selama ini selalu dikaitkan dengan kaum homoseksual ternyata juga dialami oleh kaum wanita. Lantas apa bahaya dari anal seks? bahaya terbesar dari anal seks yaitu HIV, dimana penularannya lebih cepat dibanding berhubungan melalui vagina.

Sebuah penilitian yang dilakukan oleh The AIDS Scientific Community menunjukkan bahwa wanita yang berhubungan seks melalui anus 5,1 kali lebih mungkin tertular HIV dibanding yang berhubungan seks melalui vagina. Mereka juga menemukan bahwa 46% wanita yang berhubungan seks dengan pria terinfeksi HIV secara anal, positif terinfeksi HIV. Pada dasarnya mukosa (dinding permukaan) saluran cerna bawah (usus besar hingga anus) memiliki lapisan pelindung yang mampu mencegah kuman atau bahan beracun. Namun, cairan semen (mani) manusia mengandung zat kimia(enzim kolagenase dan spermin ) yang mampu merusak dinding mukosa anus, ditambah lagi anus dan saluran cerna bawah tak mampu menghasilkan lendir pelumas seperti yang mampu dihasilkan vagina. Hal ini menyebabkah dinding mukosa cerna bagian bawah dan anus akan lebih mudah luka atau lecet sehingga virus maupun kuman akan lebih mudah masuk. Oleh sebab itu Sobat, pada dasarnya oral seks dan anal seks sangatlah berisiko sehingga ada baiknya berhubungan seks dilakukan secara normal dan dengan pasangan yang sah agar kemungkinan-kemungkinan buruk tadi tidak terjadi.

Selain topik masalah seksual, Anda juga bisa menambah ilmu dengan mengikuti artikel kesehatan lain dengan mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat. Jika membutuhkan produk kesehatan, Sobat juga bisa  menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga!

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

  1. Oral : Looking After Your Sexual Health [Internet]. 1st ed. London: The Family Planning Association; 2018 [cited 21 November 2018]. Available from: fpa.org.uk
  2. Naftalin R. Anal sex and AIDS. Nature. 1992;360(6399):10-10.
  3. Karim S, Ramjee G. Anal sex and HIV transmission in women. American Journal of Public Health. 1998;88(8):1265-1266.
  4. STD Risk and Oral Sex | STD | CDC [Internet]. Cdc.gov. 2018 [cited 21 November 2018]. Available from: cdc.gov/std/healthcomm/stdfact-stdriskandoralsex.htm
  5. What is anal sex, and how do you do it? – Sex, Etc. [Internet]. Sexetc.org. 2018 [cited 21 November 2018]. Available from: sexetc.org/info-center/post/what-is-anal-sex-and-how-do-you-do-it-are-there-any-risks/

WhatsApp Asisten Maya saja