Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

9 Panduan Makanan Sehat untuk Program Hamil Anak Kedua

Moms, sedang berencana menambah momongan? Jika Anda tengah bersiap memiliki anak kedua, tentunya diperlukan beragam persiapan, salah satunya ialah asupan makanan untuk menopang pertumbuhan janin dalam kandungan. Pada saat kehamilan, tubuh memerlukan ekstra kalori, vitamin serta mineral. Pada saat hamil, Moms memerlukan ekstra kalori sebanyak 180-300 tambahan kalori per harinya.

Kurangnya asupan kalori pada saat kehamilan dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan bayi dalam kandungan seperti kekurangan berat badan pada bayi (BBLR atau Berat Badan Lahir Rendah), tapi bila kelebihan asupan kalori saat kehamilan pun dapat berdampak negatif seperti meningkatkan risiko Diabetes Gestasional (meningkatnya gula darah saat kehamilan) yang dapat mempersulit proses persalinan karena berat badan bayi lahir berlebih.

Berikut ini anjuran asupan makanan sehat yang diperlukan saat program kehamilan :

  1. Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu suplemen yang sangat dibutuhkan bagi ibu saat program kehamilan, sebab asam folat dapat membantu meningkatkan kesuburan, membantu tumbuh kembang janin selama dalam kandungan serta mencegah terjadinya cacat janin. Namun, asam folat tidak hanya berbentuk suplemen obat saja tetapi dapat ditemui dalam berbagai makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian seperti gandum dan sereal, hati sapi, salmon dan susu rendah lemak. Kebutuhan asam folat untuk wanita yang sedang menjalani program hamil yaitu 400 mikrogram (mcg) atau 0,4 mg per hari.

Selain untuk meningkatkan kesuburan bagi pasutri yang sedang menjalankan program kehamilan, asam folat berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah tubuh, membantu mencegah terjadinya keguguran, cacat lahir pada bayi, cacat organ tubuh lain seperti cacat jantung, bibir sumbing. Cacat tabung saraf dapat terjadi saat embrio, oleh karena itu disarankan mengonsumsi suplemen asam folat sejak program kehamilan.

Selain bagi wanita, asam folat ternyata dapat membantu kesuburan pria, karena asam folat mengandung antioksidan. Antioksidan seperti asam folat dan zink dipercaya dapat meningkatkan volume serta meningkatkan kualitas sperma. Oleh karena itu, asam folat sangat dibutuhkan untuk pasangan suami istri yang sedang menjalani program kehamilan.

  1. Vitamin dan Mineral Lain

Selain asam folat, beberapa vitamin dan mineral lain yang baik dikonsumsi dalam meningkatkan kesuburan yaitu makanan yang mengandung vitamin A, B, C, D dan E, kalsium serta asam lemak.

Piramida makanan yang dapat meningkatkan fertilitas

  1. Makanan yang Mengandung Protein

Selain sebagai sumber energi yang diperlukan tubuh, asupan protein serta kalsium sangat diperlukan untuk pertumbuhan awal janin. Makanan yang terbuat dari bahan dasar susu, selain mengandung protein juga mengandung probiotik (seperti yoghurt) yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik di usus. Selain itu, mengonsumsi probiotik selama kehamilan awal maupun program kehamilan dapat mencegah risiko terjadinya komplikasi saat kehamilan seperti preeklampsia, diabetes gestasional, risiko infeksi dan alergi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sepertiĀ  kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah merupakan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, sumber vitamin B serta kalsium. Karena kacang-kacangan mengandung asam folat, sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan asam folat yang terkandung di dalam kacang-kacangan dapat mencegah 65-90% risiko cacat sekat jantung.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung beta carotene dan vitamin A yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel serta jaringan tubuh, hal ini sangat diperlukan saat perkembangan awal janin. Wanita yang sedang program hamil atau masa awal kehamilan memerlukan asupan vitamin A 10-40% lebih banyak, atau 100-150 gram ubi jalar per hari. Selain itu, ubi jalar mengandung serat yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol gula darah saat kehamilan dan menurunkan risiko terkena Diabetes gestasional dan mencegah kelebihan berat badan pada janin yang mempersulit proses persalinan.

  1. Salmon

Salmon mengandung omega 3, asam lemak EPA dan DHA, yang berfungsi membentuk perkembangan otak dan mata janin. Selain dari salmon, omega 3 didapatkan dari makanan laut. Selain mengandung asam lemak omega 3, salmon merupakan makanan dengan kandungan vitamin D alami yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kesuburan serta berfungsi dalam pembentukan tulang janin. Anjuran asupan omega 3 adalah 1000-2000 mg per hari atau 2-3 ons ikan salmon.

  1. Telur

Telur merupakan sumber makanan dengan kandungan protein tinggi yang dapat meningkatkan kesuburan, serta merupakan sumber energi tubuh. Selain itu, telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin, mineral serta kholin. Kholin dibutuhkan tubuh saat kehamilan awal karena dapat membantuĀ  meningkatkan pembentukan otak janin

  1. Daging Merah

Selain mengandung protein, daging merah merupakan sumber zat besi yang diperlukan tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah.

  1. Sayur dan Buah

Konsumsi makanan yang mengandung serat dapat membantu agar mudah kenyang, sehingga dapat mengurangi asupan karbohidrat. Menjaga asupan kalori yang masuk membantu untuk mencegah kelebihan berat badan saat mempersiapkan kehamilan, secara tidak langsung membantu untuk menghindari risiko berat badan berlebih saat kehamilan yang berdampak meningkatnya risiko diabetes saat kehamilan. Selain itu, berat badan berlebih terbukti dapat mengurangi kesuburan seseorang.

Makanan yang dapat menurunkan tingkat kesuburan

Berikut ini beberapa anjuran makanan yang harus dihindari selama program hamil, karena dapat mengganggu kesuburan pria dan wanita, antara lain:

  1. Jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan berolahraga minimal 5 kali dalam seminggu, berat badan ideal dapat membantu meningkatkan kesuburan seseorang, serta mencegah berat badan berlebih saat kehamilan yang dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit saat kehamilan seperti hipertensi gestasional dan diabetes gestasional.
  2. Istirahat yang cukup serta menjauhi stres.
  3. Menghindari rokok dan alkohol, serta minuman yang mengandung kafein.
  4. Hindari makanan cepat saji, mengandung pengawet serta makanan yang mengandung banyak lemak.

Nah, Moms yang sudah siap berbadan dua, jangan lupa perhatikan panduan makanan sehat untuk kehamilan seperti yang sudah diulas di atas ya. Anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan penting lainnya dengan mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat. Info lebih lanjut bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga! Salam sehat!

Daftar Pustaka

  1. Diet During Pregnancy: Healthy Eating While Pregnant [Internet]. American Pregnancy Association. 2018 [cited 14 September 2018]. Available from: americanpregnancy.org/pregnancy-health/diet-during-pregnancy/
  2. Collins G, Rossi B. The impact of lifestyle modifications, diet, and vitamin supplementation on natural fertility. Fertility Research and Practice [Internet]. 2015 [cited 13 September 2018];1(1). Available from: ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4345758/
  3. Penelitian mengungkap peran selenium untuk kesuburan wanita [Internet]. https://www.nestlenutrition-institute.org. 2018 [cited 14 September 2018]. Available from: nestlenutrition-institute.org/country/id/berita/article/2015/01/07/penelitian-mengungkap-peran-selenium-untuk-kesuburan-wanita
  4. How can I increase my chances of getting pregnant? [Internet]. nhs.uk. 2018 [cited 14 September 2018]. Available from: nhs.uk/common-health-questions/pregnancy/how-can-i-increase-my-chances-of-getting-pregnant/

WhatsApp Asisten Maya saja