Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Makanan Untuk Jantung Bengkak Yang Aman Dikonsumsi

Mungkin masih sebagian besar dari Sahabat asing dengan penyakit jantung bengkak? Jantung bengkak atau cardiomegaly merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan jantung yang disebabkan volume bilik jantung yang membesar diakibatkan melonggarkan otot-otot jantung. Pembengkakan ini disebut sebagai dilated cardiomyopathy. Sedangkan ada lagi kondisi pembengkakan jantung yang diakibatkan penebalan pada otot-otot jantung, kondisi ini dinamakan sebagai hypertrophic cardiomyopathy. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita jantung bengkak atau tidak, dibutuhkan pemeriksaan rontgen di bagian dada.

Meskipun kondisi jantung bengkak dapat membaik, tetapi kebanyakan penderita jantung bengkak membutuhkan pengobatan dalam jangka waktu lama bahkan seumur hidup agar bisa sembuh total. Jika Sahabat menderita penyakit jantung bengkak, Sahabat tak hanya pelru melakukan perawatan ataupun pengobatan ke dokter. Penting pula untuk memperhatikan apa saja yang Sahabat konsumsi sehari harinya.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan-makanan yang sangat aman dikonsumsi bagi penderita jantung bengkak:

1. Buah-buahan Yang Kaya Anti Oksidan

Buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi akan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penerita jantung bengkak. Antioksidan ini dapat membantu mengeluarkan toksin yang mengendap di dalam tubuh. Adapun buah-buahan yang mengandung antioksidan antara lain seperti tomat, jeruk,anggur dan lainnya. pada buah jeruk, kandungan vitamin C, antioksidan serta asam folat akan sangat baik bagi organ jantung. Sedangkan pada buah anggur dan apel, kandungan flavonoidnya yang berguna bagi jantung. Sahabat bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut langsung ataupun diolah dalam bentuk jus.

2. Sayuran

Tak hanya buah, penting pula bagi Sahabat untuk mengonsumsi sayur-sayuran hijau seperti sawi, brokoli, bayam, dan lainnya. Namun, perhatikan proses pengolahan yang Sahabat lakukan. Jangan memasak sayuran hingga terlalu matang, hal ini menyebabkan nutrisi yang baik bagi jantung dapat berkurang selama proses memasakan. Bayam dan brokoli memiliki kandungan asam folat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Kacang-kacangan

Jenis kacang seperti kacang almond, membantu untuk meminimalisasi terjadinya pembesaran pada otot-otot jantung. Kacang-kacangan ini menjadi salah satu makanan yang sangat baik agar dapat menjaga kerja jantung tetap stabil.

4. Makanan Yang Mengandung Omega-3

Beberapa jenis ikan seperti sarden, salmon, tuna, dan makarel menjadi jenis-jenis ikan yang memiliki kandungan yang kaya akan omega-3. Jika Sahabat bisa mengolahnya dengan benar, maka ikan dapat menjadi salah satu makanan terbaik bagi Sahabat penderita jantung bengkak. Untuk mengolah ikan-ikan ini, jangan terlalu banyak menggunakan santan atau minyak yang malah dapat berakibat buruk untuk kesehatan jantung.

5. Buah Berry Berry an

Senyawa antosianin yang ada di dalam blueberry merupakan senyawa yang sangat baik untuk menyehatkan organ jantung. Selain itu, acai berry dan strawbbery juga memiliki manfaat yang tak kalah baiknya untuk penderita jantung bengkak.

6. Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah-buahan lainnya yang sangat dianjurkan bagi Sahabat yang menderita jantung bengkak. Kandungan di dalam buah alpukat dapat membantu mengontrol ketegangan yang terjadi pada arteri serta kolestrol di dalam tubuh. Kandungan natrium dan kalium ini lah yang memiliki peran yang sangat besar untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Kedelai

Kandungan serat dan protein di dalam kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolestrol serta membantu untuk mengatasi penyakit jantung bengkak. Olahan-olahan berbahan dasar kedelai lainnya seperti temped an susu juga baik untuk Sahabat konsumsi agar jantung tetap sehat

8. Buah zaitun

Buah zaitun sudah dipercaya sejak lama memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk segala macam penyakit jantung. Apalagi jika Sahabat mengonsumsinya dalam bentuk minyak.

Nah itu tadi 8 makanan-makanan sehat yang bisa Sahabat masukkan ke dalam menu makanan sehari hari agar menjaga organ jantung tetap sehat dan terhindar dari resiko-resiko penyakit lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Sahabat.

 

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja