Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Cara Program Hamil Lewat Pola Makan dan Olahraga

Hamil adalah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh seorang ibu, baik yang usia pernikahannya baru beberapa bulan atau sudah mencapai puluhan tahun. Kehamilan pada seseorang berbeda-beda, di mana terdapat beberapa orang yang mudah untuk hamil dan beberapa orang lainnya mengalami kesulitan untuk bisa hamil. Memangnya apa sih yang membedakan susah tidaknya seseorang mengalami kehamilan? Faktor usia serta kesuburan wanita adalah faktor berperan penting pada kehamilan, tapi pastinya bukan hanya itu aja yang menentukan mudah tidaknya seseorang untuk hamil. Lalu hal apa saja yang sebenarnya mempengaruhi mudah tidaknya seseorang mengalami kehamilan?

Pernah menunda kehamilan adalah salah satu hal yang bisa menjadi faktor seseorang mengalami kesulitan untuk hamil di kemudian hari. Terdapat banyak faktor yang membuat pasangan untuk menunda kehamilan, dan berbagai alat bisa kita gunakan untuk menunda kehamilan ibu. Namun, perlu kita ketahui jika kondom ataupun spiral tidak berpengaruh besar pada kesuburan wanita. Hal ini cukup berbeda ketika kita menggunakan kontrasepsi hormonal jangka panjang untuk menunda kehamilan karena hal ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi wanita dan pastinya juga mempengaruhi kondisi kesuburannya.

berat badan saat hamil

Tahukah kalian jika pola hidup bisa mempengaruhi subur atau tidaknya seorang wanita? Tanpa disadari pola makan yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi kesuburan wanita, bahkan obesitas terbukti bisa menunda kehamilan. Pemicu susah hamil di sini bukan saja disebabkan oleh obesitas yang dialami oleh wanita, namun pria yang obesitas juga bisa menyebabkan pasangan susah untuk hamil. Pastinya kita tidak mau hal ini terjadi bukan?
Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kesuburan calon ibu? Jawabannya tentu saja adalah dengan memulai pola hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang dipercaya mempercepat kehamilan dan pastinya disertai dengan rutin berolahraga.

Kira-kira makanan dan olahraga apa saja ya yang bisa mempercepat kehamilan? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Tiram

Tiram adalah jenis makanan laut pertama yang dapat memicu kehamilan wanita alias membuat kita semakin subur. Kok bisa? Tentu saja karena tiram memiliki kandungan gizi yang tinggi dan tidak lupa kandugan zinc yang tinggi pula. Kandungan zinc ini lah yang berfungsi untuk memicu produksi sel telur dan pastinya meningkatkan kesuburan kita. Setelah hamil, kita disarankan untuk tidak mengonsumsi tiram secara berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan janin.

2. Makanan berlemak baik

Tidak dapat dipungkiri jika banyak wanita yang menghindari makanan berlemak karena dipercaya jenis makanan yang satu ini justru dapat membuat kita sulit hamil. Namun ternyata hal yang satu ini salah lho! Wah yang benar nih? Sebaliknya kita disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung lemak baik untuk mempercepat kehamilan kita. Lemak yang dimaksud di sini adalah lemak tidak jenuh ataupun lemak omega-3 dan kita bisa menemukannya pada berbagai jenis ikan ataupun alpukat dan buah-buahan lain.

3. Cerdas dalam memilih sumber karbohidrat

Seperti yang kita tahu, karbohidrat adalah salah satu zat yang perlu kita penuhi sehari-hari dan berfungsi sebagai sumber energi kita dalam beraktivitas. Namun, ketika kita menjalankan program hamil, kita perlu memilih sumber karbohidrat yang tepat sehingga bisa mempercepat kehamilan. Karbohidrat yang dimaksud di sini adalah jenis karbohidrat yang tinggi akan serat tapi kadar glikemiknya rendah dan contohnya adalah nasi merah ataupun roti gandum.

4. Tauge

Tauge adalah jenis makanan berikutnya yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga wanita untuk menyuburkan kandungannya. Tauge adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan asam folat dan berbagai vitamin lainnya yang dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Bukan hanya mempercepat kehamilan, mengonsumsi tauge juga berfungsi untuk menjaga janin tumbuh dengan baik.

5. Meditasi

Meditasi adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan karena berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan yang satu ini, baik dilakukan dalam jangka waktu lama ataupun sebentar dalam sehari. Namun, siapa sangka jika meditasi juga bisa melancarkan program hamil kita? Meditasi akan membantu kita untuk rileks dan mengurangi stres kita yang pastinya membuat tubuh kita tetap fit dan kita bisa beraktivitas dengan aktif. Selaln itu, meditasi juga akan memperlancar aliran darah pada daerah sekitar organ reproduksi.

6. Berenang

Berenang adalah jenis olahraga berikutnya yang sering dilakukan para kaum wanita dalam program hamilnya. Berenang beberapa putaran, secara berkelompok, ataupun jogging dalam kolam renang adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mempercepat kehamilan kita. Ada baiknya jika kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga yang satu ini untuk meminimalisir segala risiko yang mungkin terjadi.

7. Senam kegel

Senam kegel adalah jenis olahraga berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mempercepat masa kehamilan dan pastinya aman untuk dilakukan. Melakukan senam kegel secara rutin sangatlah efektif untuk merilekskan otot perut dan membuat otot panggul menjadi lebih elastis dan hal ini berfungsi untuk memperlancar proses persalinan di kemudian hari.

8. Bersepeda

Jenis olahraga terakhir yang berfungsi untuk mempercepat kehamilan adalah bersepeda. Olahraga yang satu ini bukanlah olahraga yang asing bagi kita yang suka melakukan olahraga ringan. Bersepeda sangatlah efektif untuk menguatkan jantung kita dan membakar lemak serta kalori sehingga kita memiliki berat badan yang ideal ketika hamil. Bukan hanya itu saja, bersepeda juga akan membantu meregangkan otot kaki dan paha serta meningkatkan sirkulasi darah dan pastinya meningkatkan kesuburan wanita.

Itu tadi adalah beberapa makanan dan olahraga yang bisa kita coba untuk mempercepat kehamilan. Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara untuk mempercepat kehamilan dengan berbagai cara yang menarik dan pastinya sehat? So, tunggu apalagi untuk memulai pola hidup yang lebih sehat dan mendapatkan buah hati dalam waktu yang singkat?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja