Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Olahan Makanan Ini

Kulit yang kering, bersisik, dan keriput adalah tAnda-tAnda umum dari penuaan yang sering terjadi pada siapapun seiring dengan bertambahnya usia. Apalagi dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis, dimana tak sepenuhnya dapat menjamin jika seseorang bisa memiliki kulit yang lembab dan halus. Kebanyakan orang mungkin akan menggunakan pelembab untuk memnimalisir kulit yang kering dan kasar.

Namun, selain menggunakan produk pelembab, ada cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Makanan-makanan ini bisa membantu kulit tampak lembut, lembab dan bercahaya.

Nah di bawah ini 8 cara mengatasi kulit kering dengan olahan makanandi bawah ini.

Air putih

Kunci utama untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Sebaiknya, rajinlah mengonsumsi air putih yang mana sangat penting untuk mendorong proses regenerasi sel-sel kulit yang baru serta mengunci kelembaban di dalam tubuh. Setidaknya minum air putih sebanyak 8 gelas sehari-harinya agar mencukup kebutuhan cairan tubuh harian. Selain air putih, sebenarnya Anda juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung kadar air yang cukup tinggi seperti apel, melon, semangka dan mentimun untuk dapat membantu asupan air yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan yang Praktis

Jeruk

Buah-buahan yang berasal dari keluarga sitrus seperti lemon, jeruk dan grapefruit memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C serta antioksidan yang dipercaya menjadi resep awet muda. Vitamin C ini dapat mendorong produksi kolagen dalam tubuh serta membuat kulit tampak glowing. Selain itu, vitamin C juga mengurangi bintik-bintik kecoklatan yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Menakjubkan bukan.

Ikan

Ikan-ikanan seperti ikan tuna dan ikan salmon mengandungan lemak-omega 3 yang cukup tinggi yang mana dapat membantu untuk menjaga kelembaban kulit serta memperkuat fungsi dari skin barrier. Perlu Anda ketahui jika kulit yang kering merupakan tanda jika tubuh kekurangan asupan omega-3. Sehingga jangan malas makan ikan, Anda bisa memasukkan jenis-jenis ikan diatas sebagai menu makanan sehari hari.

Buah Alpukat

Buah alpukat menjadi menu makanan wajib yang Anda masukkan ke dalam daftar menu makanan sehari hari jika Anda memiliki kondisi kulit yang kering. Kandungan asam oleat di dalamnya membantu menjaga kelembaban yang ada di lapisan epidermis kulit. Selain itu, kandungan asam oleat juga dapat membantu proses regenerasi sel kulit yang rusak dan menggantinya dengan yang baru serta membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Jika dikonsumsi secara rutin, alpukat dapat membantu memperbaiki kulit yang kering karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti antioksidan, folat, beta karoten, vitamin C, vitamin E, asam lemak omega-3 dan lainnya. untuk itu lah tambahkan buah lezat ini ke dalam menu makanan sehari hari dan Anda bisa melihat sendiri perubahan pada kulit yang bertambah kenyal dan lembab.

Baca Juga: 5 Resep Penuhi Kebutuhan Proteion Anda

Biji Rami

Mungkin masih banyak orang yang asing mendengar jenis biji-bijian ini di Indonesia. Biji rami merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari Inggris dan dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk kulit yang kering dan kasar. Hal ini karena kandungan asam lemak essensial yang ada di dalamnya yang membantu menjaga kelembaban kulit. Anda tak hanya bisa mengonsumsi biji rami secara langsung saja. Saat ini sudah banyak biji rami yang diolah menjadi minyak biji rami yang lebih mudah dan praktis untuk digunakan.

Kacang-Kacangan

Sudah menjadi rahasia umum jika kacang-kacangan memilki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalamnya dapat melindungi kulit dari bahaya akibat paparan sinar UV yang menyebabkan kulit menjadi kering. Salah satu kacang-kacangan yang direkomendasikan adalah kacang brazil. Hal ini dikarenakan kandungan selenium di dalamnya yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kacang almond juga direkomendasikan karena banyak mengandung vitamin E yang membantu mencegah permasalahan kulit kering.

Telur

Makanan lainnya yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering adalah telur. Satu butir telur mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh seperti Vitamin A, E, serta B5 (pantothenic acid). Pantothenate ini yang membantu untuk memproduksi keratinocytes, yang merupakan sel-sel pendukung fungsi kesehatan dan pelindung kulit. Di dalam telur juga mengandung sulfur dan vitamin D yang dapat mendukung proses pembentukan kolagen.pilihlah telur omega-3 yang sangat bernutrisi dan membantu membuat kulit tampak glowing.

Baca Juga: 8 Asupan Bergizi Untuk Wanita Hamil Muda

Mentimun

Mentimun merupakan salah satu satu sayuran yang dapat mengatasi kulit yang kering dan kusam. Bahkan mentimun juga sangat mudah didapat, sehingga Anda tak perlu kesulitan mencarinya. Bukan hanya karena kandungan airnya yang melimpah, tapi mentimun juga memiliki kandungan asam kafeat serta vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab. Manfaat mentimun sebagai kecantikan kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Ditambah lagi dengan kandungan mineral silica di dalamnya yang memperkuat jaringan ikat pada kulit. Sehingga masukkan mentimun ke dalam salah satu menu makanan sehari hari

Nah, itu tadi 8 cara mengatasi kulit kering dengan menggunakan olahan makanan-makanan diatas. Seiring pertambahan usia, tanda-tanda penuaan seperti kulit kering memang sering terlihat. Sehingga, rajin-rajinlah mengonsumsi makanan sehat yang mana dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit sehingga kulit tetap lembab, lembut, halus, dan bercahaya meskipun usia terus bertambah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja