Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

8 Asupan Bergizi dan Sehat untuk Wanita Hamil Muda

Walaupun hampir setiap hari merasa mual pada trimester pertama, ibu hamil juga harus tetap semangat mengatur gizi makanan sehari-hari. Konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk ibu hamil muda 1-3 bulan sangatlah penting karena janin baru mulai tumbuh, sehingga memerlukan berbagai vitamin dan mineral supaya dapat berkembang dengan baik.

Ibu hamil sangat memerlukan asupan makanan yang 2 kali lebih bergizi dibandingkan biasanya karena asupan yang masuk akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin. Akan tetapi, jangan juga terjebak dengan mitos bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lebih banyak karena sedang ‘berbadan dua’. Jika kita makan berlebihan, kelebihan kalori yang masuk akan mengakibatkan kegemukan. Ibu hamil yang gemuk belum tentu sehat dan melahirkan bayi gemuk yang sehat juga.

Pada trimester pertama ini, selain memerlukan asupan protein, lemak dan karbohidrat, seorang ibu hamil juga memerlukan vitamin dan mineral. Zat-zat ini sangat dibutuhkan untuk melancarkan metabolisme alias proses perubahan makanan menjadi zat-zat yang bisa digunakan oleh tubuh.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai 8 makanan sehat dan bergizi yang bisa kita jadikan acuan untuk mengatur menu makanan untuk ibu yang sedang hamil muda beserta calon bayi nya pada trimester pertama. Nutrisi di trimester pertama sangat penting karena periode waktu tersebut adalah masa yang kritis dimana pembentukan sistem saraf, jantung, otak dan organ-organ reproduksi janin mulai terjadi. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, calon ibu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi seperti contoh berikut:

1. Multivitamin

Pada saat janin masih berumur 4 minggu, dimana bentuknya masih berupa embrio dan besarnya kira-kira seperti selasih, disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi multivitamin yang mengandung minimal 400 mcg asam folat. Asam folat memiliki fungsi untuk mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit spina bifida, alias penyakit tulang belakang yang tidak tertutup sempurna. pada bayi.

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin seperti vitamin C yang berguna dalam membentuk kolagen (senyawa protein pada tulang) interseluler dan kulit. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C pada ibu hamil berfungsi agar ibu memiliki daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Selanjutnya, mengonsumsi Vitamin D juga memiliki peran besar dalam memperbaiki metabolisme kalsium dan fosfor dalam tubuh karena vitamin D tersebut memiliki kemampuan untuk memperbaiki penyerapan kalsium pada sistem pencernaan dan juga dapat mengendalikan pengeluaran dan keseimbangan mineral dalam darah.
Kemudian, mengonsumsi Vitamin B12 akan membantu dalam menjaga sel tubuh agar dapat berfungsi normal, terutama sel-sel saluran pencernaan, sistem urat saraf dan sumsum tulang belakang.

2. Telur

Telur menjadi salah satu makanan yang cocok untuk ibu hamil karena memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan. Telur juga mengandung zat yang dinamakan kolin, yang baik untuk perkembangan otak dan kesehatan tubuh. Asupan kolin yang rendah akan meningkatkan risiko cacat tabung saraf alias turunnya fungsi otak pada janin.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang kaya akan kandungan omega 3-nya. Kandungan Omega-3 tersebut sangatlah penting untuk perkembangan janin supaya tetap sehat. Ibu-ibu hamil sebaiknya mengonsumsi ikan salmon setiap minggunya.

4. Daging

Daging menjadi sumber protein yang berkualitas tinggi. Di antaranya adalah daging sapi dan juga ayam. Daging sapi mengandung zat besi, kolin, vitamin B lainnya, yang semuanya dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi selama masa kehamilan. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan zat besi karena volume darah mereka meningkat, terutama pada saat trimester ketiga.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau pada dasarnya sangatlah bermanfaat bagi semua orang. Kalau bagi ibu hamil , sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kale sangatlah penting untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam sayuran-sayuran tersebut antara lain adalah serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

6. Ubi

Warna oranye pada Ubi berasal dari kandungan karotenoid, pada saat dikonsumsi, pigmen tersebut kemudian dikonversi menjadi vitamin A yang sangat baik untuh tubuh, terutama bagi ibu hamil. Vitamin A dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin, serta membantu proses pembentukan jaringan dan juga organ-organ pada janin. Selain itu, vitamin A juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi yang terjadi pada saat proses melahirkan berlangsung.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein, zat besi, asam folat, kalium, magnesium, dan asam lemak esensial. Semuanya sangat penting bagi tubuh, terutama pada saat sedang hamil.

8. Produk susu

Saat sedang dalam masa kehamilan, ibu hamil memerlukan tambahan protein dan kalsium untuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan janinnya. Oleh karena itu, sangatlah tepat bagi ibu hamil untuk mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt karena kandungan kalsium yang ada pada yogurt akan lebih banyak dibandingkan produk susu lainnya.

Nah demikianlah 8 Asupan Bergizi dan Sehat untuk Wanita Hamil Muda yang baik bagi perkembangan janin. Jangan lupa untuk selalu makan dengan teratur, dan hindari makanan yang mengandung bahan pengawet serta berkalori tinggi.

Semoga mom dan calon bayinya selalu sehat ya.

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja