Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

7 Tips Sehabis Begadang Biar Tidak Sakit

Begadang merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama para pria. Entah itu urusan pribadi, urusan kantor maupun sekedar bercanda ria dengan teman-teman. Semua pasti tau, bahwa begadang merupakan hal yang tidak sehat. Penelitian di korea mengatakan bahwa begadang bisa berisiko terjangkit gula darah tinggi yang terkadang bisa disertai penyakit lainnya. Beda dengan orang yang tidak begadang, mereka lebih sehat.

Orang yang begadang lebih mudah terkena penyakit diabetes tingkat 2 dan biasanya terkena sindrom metabolik yang merupakan meningkatnya tekanan darah tinggi serta kadar kolestrol yang abnormal. Memang susah menghindari kebiasaan begadang biasanya karena tugas menumpuk harus di serahkan besok. Tapi, jangan sampai anda melupakan, bagaimana cara agar kita tidak sakit setelah begadang. Ulasan berikut akan menjelaskan beberapa tips biar tidak sakit setelah begadang.

Tips Agar Tidak Sakit Setelah Begadang

1. Konsumsilah makanan yang mengandung B12

Mengonsumsi makanan yang mengandung B12 adalah hal yang sangat disarankan agar tidak sakit setelah begadang. Vitamin B12 adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh manusia. Pada saat anda begadang sampai pagi, yang digunakan tubuh anda adalah vitamin B12 yang sangat banyak, dan itu sangat berakibat pada badan yang teraa lemas. Dampak yang lain adalah menurunnya suasana hati dan hilang mood. Makanan yang mengandung B12 adalah sayur dan daging sapi, agar tenaga anda pulih seperti sedia kala. Makanlah sayuran hijau, karena banyak megandung Vitamin B12 yang mencuupi kebutuhan anda.

2. Hindari konsumsi Gula dan Karbohidrat

Makanan yang manis dan mempunyai kadar gula yang tinggi atau makanan yang mengandung karbohidrat justru akan membuat kadar gula dalam tubuh bisa menurun drastis akibat mengonsumsi gula dan karbohidrat. Hal itu akan membuat anda lemas dan energi terbuang. Jadi, jangan membiasakan makan makanan yang mengandung gula/karbohidrat setelah anda begadang semalaman. Lebih baik mengonsumsi sayuran dan protein.

3. Konsumsilah Lemak Baik dan Protein

Konsumsilah protein hewani yang baik untuk tubuh setelah begadang atau lemak baik yang ada dalam makanan atau minuman. Hindarilah memakan makanan yang mengandung lemak jahat atau asam lemak yang bisa membawa penyakit.

4. Konsumsilah Gingseng

Kenapa harus mengkonsumsi gingseng, karena tubuh dalam keadaan stress dan tekanan darah yang meningkat menyebabkan perubahan mood/ hormon tubuh. Maka dari itu, kita disarankan untuk mengonsumsi olahan gingseng, untuk mencegah hal tersebut

Apa Yang Harus Anda Lakukan Agar Tetap Fit, Setelah Begadang?

1. Duduklah Di Tempat yang Memiliki Cahaya

Cahaya terang sangat berpengaruh dalam kewaspadaan, termasuk setelah anda begadang semalaman. Sebagian orang sering mematikan lampu saat mereka ingin tidur setelah begadang. Tapi sebagian orang tidak pernah melakukan hal itu, malah menyalakan lampu atau menunggu cahaya matahari masuk ke dalam kamar agar membuat kamu berada pada titik on. Padahal, jika anda mematikan lampu, itu justru akan membuat tubuh anda semakin lelah. Meskipun tujuan anda agar bisa terlelap. Sebaiknya anda duduk diam pada ruangan yang bercahaya atau terkena sinar matahari

2. Tidur Sebentar Setelah Begadang

Tidurlah sebentar setelah anda begadang, David Dinges, Ph. D mengatakan bahwa tidur selama 10 menit tetap ada manfaat yang besar. Kinerja otak anda akan cepat bergerak menuju gelombang tidur yang sangat lambat. Tapi jika anda tidur lama atau kurang lebih 40-45 menit tubuh anda kan terasa lemas, kepala pusing dan pening ketika bangun tidur. Metode ini dikenal dengan nama inersia tidur. Penyimpanan akan terjadi lebih rendah dari biasanya yaitu 34 % karena tidur lebih lama dari waktu yang telah ditentukan, maka tidurlah sebentar saja selama 10 menit.

3. Menggerakan Tubuh

Gerakkan tubuh anda setelah begadang semalaman. Begadangmerupakan hal yang tidak sehat. Maka yang anda harus lakukan setelah begadang adalah olahraga/ menggerakkan badan. Hal tersebut bertujuan agar darah mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Olahraga membuat otot dan otak anda akan bekerja dengan baik. Anda juga harus menyempatkan berbicara dengan orang lain agar aktivitas otak anda tetap terjaga atau meningkatkan kinerja otak meskipun tidak seperti biasanya.

4. Mandi Air Dingin

Udara yang hangat membuat anda semakin nyaman untuk terus tidur, dan itu salah satunya yang menyebabkan kantuk. Hal yang bisa anda lakukan untuk mengusir rasa mengantuk tersebut, anda bisa mandi air dingin dan mencuci muka dengan air yang dingin karena syaraf anda akan aktif kembali jika anda mandi air dingin, sehingga rasa mengantuk itu akan berkurang dengan sendirinya.

5. Konsumsilah Kafein

Banyak sekali orang mengonsumsi kopi pada pagi hari, untuk menambah semangat pagi. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein memang membaat tubuh kita lebih fit, minum kopi dapat membuat mata tetap melek dan terjaga sekitar 3 hingga 4 jam. Mengonsumsi kafein bisa membuat tubuh kita terjaga. Anda bisa mengonsumsi setiap beberapa jam sekali dengan dosis harian yang sudah dianjurkan oleh beberapa dokter. Anda harus membatasi kafein yang masuk dalam tubuh kurang lebih sekitar 100-200 Mg setiap hari atau satu hingga 2 cangkir saja per hari.

Sebenarnya begadang yang tidak penting atau tidak perlu sebaiknya di hindari. Bukan hanya itu, begadang juga bisa menurunkan kinerja otak dan tubuh. Bisa menjadi penyait seperti diabetes dan penyakit lainnya. Konsumsilah makanan yang sehat dan pola hidup yang sehat. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi tubuh anda.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja