Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Menu Diet Karbo yang Sehat dan Tepat untuk Mengurangi Berat Badan

Siapa sih wanita yang tak mau punya badan langsing? Rasanya, semua mengidamkannya. Tapi, kenyataan kadang tak semanis harapan. Setelah menikah dan memiliki anak, banyak wanita mengeluhkan kenaikan berat badan yang tak bisa kembali seperti semula, seperti saat masih lajang dulu. Apakah Sahabat termasuk salah satunya?

Nah, untuk menurunkan berat badan, banyak wanita akhirnya melakukan diet. Diet karbohidrat (diet karbo), merupakan salah satu yang populer. Seperti apa sih diet karbo yang benar? Seperti apa contoh menu diet karbo yang sehat dan tepat untuk mengurangi berat badan? Nah, Sahabat ProSehat, simak yuk ulasannya!

Walau disebut diet karbo, bukan berarti Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, loh! Jangan salah. Lebih tepatnya adalah diet rendah karbohidrat, yakni membatasi dan menyeleksi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Lakukan Diet Karbo dengan Benar

Bagaimanapun, karbohidrat adalah sumber energi terpenting bagi tubuh agar kita bisa melakukan aktivitas harian dengan lancar. Selama ini, karbohidrat secara sepihak sering dituding sebagai penyebab terbesar terkait masalah kenaikan berat badan. Padahal, nih, makanan siap saji (junk food) maupun makanan dengan kadar gula tinggi adalah salah satu pemicu kegemukan.

Namun, memang benar, dengan membatasi jumlah asupan karbohidrat ke dalam tubuh, kita bisa menurunkan berat badan secara efektif. Apalagi, berdasarkan penelitian, diet karbo yang dilakukan secara benar dan tepat dapat memperkecil risiko penyakit jantung.

Tapi, selama ini, banyak pelaku diet karbo yang salah paham. Mereka menghindari makan karbohidrat agar berat badan cepat turun. Ujung-ujungnya, banyak yang merasa lemas, tidak bertenaga, napas dan keringat mengeluarkan bau yang tak sedap, sakit kepala, serta mudah mengantuk. Sebenarnya, itu adalah tanda-tanda tubuh kekurangan karbohidrat.

Jadi, walau melakukan diet karbo, jangan hilangkan karbohidrat dari menu harian Sobat! Lagi pula, sumber karbohidrat bukan hanya nasi saja, banyak makanan lain yang juga mengandung karbohidrat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan.

Intinya, tak semua makanan yang mengandung karbohidrat adalah musuh pelaku diet. Jadi, untuk melakukan diet karbo yang benar, bukan menghilangkan karbohidrat dari menu, tapi memasukkan karbohidrat baik yang rendah kalori dan tinggi serat. Misalnya, kacang-kacangan.

Makanan golongan ini kaya nutrisi lengkap yang bagus untuk tubuh kita seperti jenis serat yang dibutuhkan oleh jantung, karbohidrat kompleks, antioksidan, protein, vitamin dan juga mineral. Studi juga mencatat, orang yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki berat badan relatif lebih rendah daripada mereka yang menghindari kacang-kacangan loh!

Panduan Diet Karbo

Sebelum kita membahas menu diet karbo yang sehat dan tepat untuk mengurangi berat badan, ada baiknya kita pahami dulu hal satu ini. Bahwa, pilihan menu makanan yang Sobat buat, tergantung pada beberapa hal. Misalnya, seberapa sehat tubuh Sobat, seberapa banyak Sobat berolahraga (melakukan aktivitas fisik) dan seberapa besar berat badan yang ingin disingkirkan dari tubuh Anda.

Sebagai panduan dalam membuat menu, ini ada 2 rumus dasar bagi Anda yang ingin melakukan diet rendah karbohidrat, yaitu:

1. Jenis Makanan yang Diperbolehkan

Bahan makanan yang bisa dimakan antara lain: daging (daging ayam tanpa kulit, daging sapi, domba) ikan (ikan air tawar maupun laut), telur (sebaiknya pilih telur Omega 3), sayur (bayam, brokoli, wortel, kembang kol, dan sebagainya), kacang-kacangan (almond, kenari, biji bunga), biji-bijian non gluten, buah-buahan yang mengandung banyak serat (misalnya pisang, buah berry, pir), susu tinggi lemak dan olahannya seperti keju dan mentega (namun batasi konsumsi per hari), minyak sehat (minyak kelapa, zaitun, almond, minyak ikan), serta makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oatmeal, buckwheat (soba), dan umbi-umbian.

2. Makanan yang Dihindari

Sebaiknya, ketika melakukan diet karbo, hindari 6 kelompok bahan makanan ini, yaitu:

– Gula Tinggi
Singkirkan makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi dari menu harian Anda. It’s a big NO, NO! Misalnya, minuman ringan bersoda, jus buah (pakai gula), sirup, permen, puding, es krim, yogurt rasa buah, atau aneka kue manis.

– Biji-bijian Olahan (regined grains), seperti gandum, beras (nasi), roti, sereal dan pasta.

– Lemak Trans (lemak tak jenuh)
Biasanya makanan yang mengandung lemak trans lezat dan gurih, tetapi buruk bagi kesehatan apalagi kalau kita sedang diet. Umumnya bisa ditemui pada makanan cepat saji, gorengan, makanan kemasan, dan lain sebagainya.

– Produk Rendah Lemak
Jangan terjebak! Banyak produk makanan atau minuman seperti susu, teh, sereal, atau biskuit yang meng-klaim rendah lemak dan bagus untuk diet, tapi sebenarnya menambah kandungan gula di dalamnya.

– Makanan Olahan
Apapun jenis makanan hasil olahan pabrik, sebaiknya jangan dimakan dulu kalau sedang diet karbo. Ini termasuk makanan beku, camilan (snack) gurih yang kaya garam, dan sebagainya.

– Sayuran Bertepung
Tahukah Sahabat, ternyata ada jenis sayur yang mengandung tepung. Sayuran ini mempunyai indeks glikemik yang lebih tinggi sehingga dapat menaikkan kadar gula darah jika dikonsumsi terlalu sering. Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Harvard’s T.H. Chan School of Public Health, sayuran bertepung justru bisa meningkatkan berat badan. Dalam diet karbo, sayuran bertepung seperti kentang, jagung, dan kacang polong sebaiknya jauhkan dalam daftar!

Menu Diet Karbo Dalam Seminggu

Nah, sekarang Sahabat sudah tahu kan bahan makanan yang dianjurkan dan dipantangkan dalam melakukan diet karbo? Berikut ini 7 menu diet karbo yang sehat dan tepat untuk mengurangi berat badan. Contoh ini adalah menu sederhana dalam seminggu, yang mengandung kurang dari 50 gram karbohidrat per hari. (Catatan: sayur sebaiknya direbus/kukus, dan makanan diolah (tumis/goreng) dengan minyak kelapa/zaitun). Namun, bagi Sobat yang aktif dan tidak terlalu ingin menurunkan berat badan dalam jumlah banyak, Sobat dapat makan sedikit lebih banyak dari porsi karbohidrat yang dianjurkan.

1. Menu Senin
Sarapan: Omelet telur (goreng dengan minyak kelapa atau mentega), dan sayur rebus/kukus
Makan siang: Grass-fed yogurt (yoghurt yang dihasilkan dari sapi yang diberi pakan rumput), blueberry dan segenggam kacang almond
Makan malam: Burger keju (tanpa roti) disajikan dengan sayuran dan saus salsa

2. Menu Selasa
Sarapan: Bacon dan telur
Makan siang: Burger dan sayuran dari satu hari sebelumnya
Makan malam: Ikan salmon dan sayuran

3. Menu Rabu
Sarapan: Telur (goreng dengan minyak kelapa atau mentega), dan sayur rebus/kukus
Makan siang: Salad udang yang ditumis dengan minyak zaitun
Makan malam: Ayam panggang dengan sayur rebus/kukus

4. Menu Kamis
Sarapan: Omelet telur (goreng dengan minyak kelapa atau mentega), dan sayur rebus/kukus Makan siang: Minuman smoothie dengan santan, buah beri, almond dan bubuk protein
Makan malam: Steak dan sayuran rebus/kus atau sup sayur

5. Menu Jumat
Sarapan: Bacon dan telur (boleh ganti dengan oatmeal)
Makan siang: Salad ayam yang diberi minyak zaitun
Makan malam: Daging sapi/domba dan sayuran rebus/kukus

6. Menu Sabtu
Sarapan: Telur rebus dan sayuran
Makan siang: Grass-fed yogurt dengan buah beri, kelapa serut, dan segenggam kacang kenari
Makan malam: Bakso kuah dilengkapi dengan sayuran

7. Menu Minggu
Sarapan: Bacon dan telur rebus
Makan siang: Smoothie bersantan, buah beri dan bubuk protein cokelat
Makan malam: Ayam panggang (pilih yang sayap) dan bayam segar/mentah

Banyak Minum Air Putih

Perlu diingat, agar diet karbo yang Sobat lakukan sukses, perbanyak minum air putih. Disiplinlah dalam mengatur pola makan yang sehat sesuai porsi (jangan berlebih), lengkapi dengan olahraga (tak perlu berat, misalnya jalan kaki, naik turun tangga, dan sebagainya), jangan begadang dan pastikan Sobat cukup tidur. Hal yang paling penting adalah tetap semangat dan tidak mudah putus asa! Jika Sobat telaten melakukan cara-cara di atas, berat badan dipastikan akan turun dan semoga bisa mencapai berat yang Sobat inginkan.

Nah, itulah 7 menu diet karbo yang sehat dan tepat untuk mengurangi berat badan. Sahabat jangan lupa mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat untuk mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Info lebih lanjut bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

instal aplikasi prosehat

Referensi:

1. A Low-Carb Diet Meal Plan and Menu That Can Save Your Life [Internet]. Healthline. 2018 [cited 15 August 2018]. Available from: healthline.com/nutrition/low-carb-diet-meal-plan-and-menu
2. Media K. 8 Jenis Karbohidrat Sehat dan Aman bagi Berat Badan – Kompas.com [Internet]. KOMPAS.com. 2018 [cited 15 August 2018]. Available from: lifestyle.kompas.com/read/2015/07/27/174500423/8.Jenis.Karbohidrat.Sehat.dan.Aman.bagi.Berat.Badan
3. Setyanti C. Sayuran Paling ‘Berbahaya’ untuk Manusia Menurut Penelitian [Internet]. gaya hidup. 2018 [cited 15 August 2018]. Available from: cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170904142013-262-239303/sayuran-paling-berbahaya-untuk-manusia-menurut-penelitian
4. Wajib Makan, 5 Karbohidrat yang Justru Bisa Menurunkan Berat Badan! [Internet]. vemale.com. 2018 [cited 15 August 2018]. Available from: vemale.com/kesehatan/111352-wajib-makan-5-karbohidrat-yang-justru-bisa-menurunkan-berat-badan.html

WhatsApp Asisten Maya saja