Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan tanpa mengenal usia. Banyak orang yang sering mengeluh karena merasakan sakit kepala yang dirasakan tiba-tiba. Biasanya tekanan tinggi saat bekerja dan masalah pribadi di keluarga membuat seseorang terkena sakit kepala. Namun, ternyata sakit kepala juga dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini adalah 7 Makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala:

1. Sosis dan Nugget

Makanan yang terbuat dari daging seperti sosis nugget, pepperoni, dan kornet ternyata mengandung bahan pengawet yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Daging olahan adalah makanan yang sangat nikmat dan sangat mudah didapatkan di pasaran. Ternyata daging olahan yang telah dicampuri bahan pengawet bisa menyebabkan sakit kepala.

2. Kafein

Kebiasaan orang-orang yang selalu meminum kopi di pagi hari dan meminum kopi beserta roko ternyata memiliki dampak jelek bagi kesehatan. Kandungan yang ada dalam kopi depercaya dapat membuat mata menjadi segar dan membuat semangat. Namun, efek negatif dari kafein yang terkandung dalam kopi adalah bisa menyebabkan sakit di bagian kepala terutama migrain.

3. Cabai

Saat memakan sesuatu rasanya tidak lengkap kalo tidak ditemani dengan sambal sebagai penyedia rasa pedas. Tujuan seseorang mengonsumsi cabai adalah untuk membangkitkan semangat dan sebagai pembangkit selera makan. Banyak sekali manfaat lain dari cabai salah satunya adalah sebagai penyedap rasa makanan. Namun, mengonsumsi cabai dengan jumlah banyak ternyata sangat berbahaya dan dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala. Orang yang memakan cabai tanpa aturan pasti akan terkena sakit kepala.

4. Kecap

Kecap sering dijadikan penyedap rasa oleh ibu-ibu rumah tangga dalam memasak makanan untuk sehari-hari. Kecap adalah penyedap rasa yang terbuat dari kedelai hitam yang dihasilkan dari proses permentasi dalam pembuatan. Biasanya makanan atau penyedap rasa yang berasal dari proses fermentasi akan memicu timbulnya Tyramine, yaitu salah satu zat yang dapat memicu sakit kepala dan migrain.

5. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah salah satu makanan olahan yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Kandungan bahan pengawet dalam sarden sangatlah berbahaya bagi tubuh. Kandungan zat nitrat dan nitrit yang ada dalam Ikan Sarden ternyata dapat memicu sakit kepala. Makanlah Sarden dengan sesuai porsinya dan janganlah makan dengan porsi yang berlebihan karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

6. Keju

Keju merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Namun, Kandungan asam amino yang terkandung dalam keju dapat menyebabkan sakit kepala bila dikonsumsi secara banyak dan berlebihan. Semakin lama kejunya maka semakin berbahaya juga bagi kesehatan, jadi saat mengkonsumsi keju pastikan cari keju yang terbaru dan jauh dari masa kadaluarsa demi menjaga keamanan bagi kesehatan tubuh.

7. Pisang

Buah pisang adalah buah yang sangatlah populer di Indonesia karena selain enak pisang juga sangat mudah didapapatkan. Pisang memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Harga pisang sangatlah murah dan sangat pas di kantong warga masyarakat dan tak heran pisang sangat digemari berbagai kalangan. Ternyata pisang juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan, karena bila dikonsumsi secara berlebihan pisang dapat menyebabkan sakit kepala.

Itulah 7 makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala bila dikonsumsi secara berlebihan. Jadi bijaklah saat mengonsumsi sesuatu dan jangan mengonsumsi sesuatu dengan porsi berlebihan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik untuk mencari tau makanan-makanan yang dapat menyebabkan saki kepala.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
lifestyle.kompas.com/read/2011/08/08/08442841/8.Makanan.Pereda.Sakit.Kepala

WhatsApp Asisten Maya saja