Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Makanan untuk Mencegah dan Mengatasi Migren

Sobat pernah merasakan ‘derita’ pusing sebelah alias migren? Duh, pasti sangat menggangu sekali ya. Tahukah Sobat, migren berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata yaitu hemi dan cranium. Hemi berarti setengah dan cranium berarti kepala, jadi secara harfiah dapat disimpulkan bahwa migren merupakan nyeri kepala yang umumnya bersifat sebelah atau unilateral. Migren biasanya berlangsung selama 4 – 72 jam, dengan karakteristik nyeri yang berdenyut. Saat terjadi migren semua pekerjaan yang tengah kita kerjakan dapat terbengkalai, tapi jangan khawatir ada 7 makanan yang dapat mengatasi migren.

Migren merupakan salah satu jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan masyarakat. Lebih dari 28 juta orang didunia menderita migren, dan 70% diantaranya adalah wanita. Migren dapat terjadi pada semua usia tetapi biasanya muncul pada usia 10 – 40 tahun, dan angka kejadiannya terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Risiko terjadinya migren semakin tinggi pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan migren.

Penyebab terjadinya migren belum diketahui dengan pasti, tapididuga migren terjadi karena adanya vasokonstriksi di otak (kondisi dimana pembuluh darah mengalami penyempitan) sehingga otak kekurangan asupan nutrisi dan oksigen, lalu pada akhirnya mulai menstimulasi saraf-saraf nyeri disekitarnya. Meski penyebabnya belum begitu jelas, tapiada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya migren antara lain: riwayat migren dalam keluarga, perubahan hormon estrogen dan progesteron pada wanita, stres, faktor fisik, pola tidur, rangsangan cahaya atau bau, alkohol, rokok dan berbagai jenis makanan.

Pada wanita, migren terjadi karena peningkatan hormon estrogen dalam siklus menstruasi. Peningkatan kadar estrogen ini menyebabkan saraf-saraf nyeri disekitar kepala ikut tersensitisasi sehingga menyebabkan terjadinya nyeri berdenyut pada sebagian kepala atau yang sering disebut dengan migren. Perubahan emosi karena fluktuasi hormonal juga menjadi salah satu penyebab migren. Emosi atau ketegangan akan memberikan respons vasokonstriksi pada pembuluh darah kepala, hal inilah yang menyebabkan terjadi migren.

Dikatakan sebelumnya makanan pun memiliki andil dalam terjadinya migren, ada beberapa makanan yang dapat mencetuskan migren,tapi adapula 7 makanan yang dapat mengatasi migren. Makanan yang mengandung tyramine, phenylethylamine, histamine, dan caffeine dapat menyebabkan migren.

Keju adalah salah satu makanan yang mengandung tyramine, tyramine dapat mengahambat metabolisme di otak dan akhirnya menyebabkan migren.

Cokelat mengandung phenylethylamine, phenylethylamine dapat menyebabkan sakit kepala dengan mengeluarkan norepinephrine, suatu hormon yang dapat menyebakan penyempitanpembuluh darah (vasokonstriksi).

Caffein yang terkandung pada kopi, teh, dan berbagai jenis minuman bersoda dapat menyebabkan penyempitanpada pembuluh darah, yang akhirnya menyebabkan migren.

Wine dan bir mengandung histamine yang dapat mencetuskan terjadinya sakit kepala. Selain berbagai zat yang telah diungkapkan diatas, makanan berlemak dan yang mengandung MSG (Monosodium Glutamate)dengan kadar tinggi juga dapat menyebabkan migren.

Sementara air, magnesium, vitamin B2, asam lemak omega 3, dan triptofan adalah nutrisi-nutrisi yang harus dipenuhi untuk mencegah dan mengatasi migren. Tubuh membutuhkan air minimal 2 liter per hari agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, air juga memiliki peranan penting untuk membersihkan racun yang terdapat didalam tubuh. Jika asupan air kurang, maka racun-racun didalam tubuh akan sulit dikeluarkan, akibatnya migren akan lebih mudah untuk menyerang. Magnesium diperlukan untuk mencegah terjadinya penyumbatan didalam pembuluh darah, yang dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi tidak lancar.

Seperti kita ketahui bahwa migren disebabkan karena kurangnya aliran darah ke otak, sehingga magnesium menjadi mineral yang cukup penting untuk mencegah migren. Salah satu akibat yang disebabkan oleh migren adalah kelelahan fisik, vitamin B2 atau riboflavin dikenal sebagai vitamin penghasil energi sehingga dapat mengurangi kelelahan yang ditimbulkan akibat migren. Selain itu, vitamin B2 juga memiliki efek pereda nyeri, sehingga sangat berguna untuk mengatasi migren. Asam lemak omega 3 merupakan jenis asam lemak yang menguntungkan bagi tubuh, dimana asam lemak omega 3 ini sangat baik untuk nutrisi otak. Zat yang terakhir dibutuhkan untuk mencegah dan mengatasi migren adalah triptofan. Triptofan diperlukan untuk melepaskan hormon serotonin, hormon serotonin dapat membantu penderita migren merasa lebih baik.

Berikut adalah 7 makanan yang mengandung zat untuk mencegah dan mengatasi migren:

  1. KACANG ALMOND

Kacang almond adalah suatu kacang terbaik yang dapat berguna untuk mengatasi migren. Kacang almond mengandung omega 3, magnesium, dan triptofan yang cukup tinggi, dimana zat-zat tersebut berguna untuk mengatasi migren.

  1. PISANG

Pisang adalah salah satu buah yang tinggi kadar potasium dan magnesiumnya. Konsumsilah minimal 1 buah pisang setiap hari untuk mencegah migren.

  1. WORTEL

Selain tinggi kandungan beta karotennya, wortel juga memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi.Konsumsilah segelas jus wortel atau semangkuk sup wortel untuk mengatasi migren.

  1. BAYAM

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang banyak memiliki khasiat, selain mumpuni dalam meningkatkan hemoglobin pada penderita anemia, ternyata bayam juga dapat mengatasi migren karena mengandung magnesium dan vitamin B2.

  1. BROKOLI

Brokoli juga merupakansalah satu sayuran hijau yang ampuh untuk mengatasi migren, brokoli mengandung vitamin B2 yang baik untuk penderita migren.

  1. TUNA

Tuna adalah salah satu ikan laut yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Mengonsumsi tuna mampu mengurangi rasa sakit akibat migren.

  1. SALMON

Sama halnya dengan tuna, salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi, sehingga berkhasiat untuk penderita migren.

Itulah 7 makanan yang dianjurkan dikonsumsi jika Sobat sering mengalami migren. Nah, bila Sobat memerlukan informasi kesehatan lainnya, coba akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat. Keterangan lebih detail silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga! Salam sehat!

instal aplikasi prosehat

Sumber:

  1. Mac Gregor, A. 2014. Memahami Migren dan Sakit Kepala Lain. Alih bahasa oleh Kartono Mohamad. Jakarta: Gaya Favorit Press
  2. Headache Classification Subcommitee of the International Headache Society. The International Headache Classification Disorder: 2nd Edition. Cephalgia 2014
  3. Suharjanti, Isti. Strategi Pengobatan Akut Migrain. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. 2013
  4. Liporace, Joyce, “Neurology, United Kingdom: Elsevier Mosby, 2006.
  5. Hashizume M. Psychosomatic approach for chronic migraine. Rinsho Shinkeigaku. 2013
  6. Rapoport AM. Acute and prophylactic treatments for migraine: present and future. Neurol Sci 2014

WhatsApp Asisten Maya saja