Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Makanan Pencegah Sakit Kepala yang Perlu Kamu Konsumsi

Sakit kepala merupakan gejala-gejala yang terjadi diakibatkan ketidakseimbangan antara fisik dan mental. Sebagian besar orang, mungkin akan mengonsumsi obat untuk meredakan nyeri yang diakibatkan sakit kepala. Namun, jika sakit kepala terus menerus sering Sobat alami, tentu saja akan sangat menganggu aktivitas sehari-harinya. Apabila Sobat menghindari konsumsi obat terus menerus, Sobat bisa mencoba mengkonsumsi 7 makanan pencegah sakit kepala ini yang pastinya lebih sehat dan aman dikonsumsi.

1. Buah Semangka

Fresh sliced watermelon wooden old background

Buah semangka merupakan salah satu makanan sehat yang direkomendasikan untuk mencegah sakit kepala. Salah satu hal yang bisa menyebabkan sakit kepala muncul adalah kondisi tubuh yang dehidrasi. Penting untuk mengonsumsi banyak air putih maupun makanan-makanan yang memiliki kandungan air yang banyak seperti semangka. Kemudian, semangka memiliki kandungan magnesium yang mana merupakan senyawa yang dapat membantu mencegah sakit kepala saat tubuh kehilangan banyak mineral.

2. Bayam

Bayam merupakan makanan yang dapat membangkitkan listrik di dalam tubuh, sehingga mengurangi tekanan darah yang mana seringkali menjadi penyebab sakit kepala kronis. Bayam mengandung air dan magnesium yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Namun, hindari memasak bayam terlalu matang karena dapat menyebabkan nutrisi di dalamnya berkurang. Magnesium di dalam bayam memiliki fungsi untuk meringankan migraine dan sakit kepala karena dapat mempengaruhi serotonin dan neurotransmitter yang berkaitan dengan sakit kepala.

3. Pisang

Pisang tidak hanya memiliki kandungan yang kaya akan potassium, tetapi juga magnesium yang mana dapat membantu meringankan migraine serta mencegah sakit kepala. Sejumlah penelitian menjelaskan jika terdapat kaitan antara kekurangan magnesium dengan sakit kepala atau migraine. Hampir separuh dari penderita migraine ternyata memiliki jumlah magnesium terionisasi yang lebih sedikit di dalam darah. Magnesium juga memiliki efek yang menenangkan sehingga dapat meredakan sakit kepala yang diakibatkan ketegangan syaraf.

4. Biji Wijen

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalam biji wijen dapat membantu menjaga kestabilan estrogen yang dapat menangkal migraine dan sakit kepala. Kandungan prekursos nitrat oksida, larginim dan senyawa alami lainnya dalam biji wijen akan membantu melindungi tubuh dari nyeri kepala yang diakibatkan karena ketegangan.

5. Kentang

Makanan lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar mencegah sakit kepala adalah kentang. Sebaiknya konsumsi kentang bersamaan dengan kulitnya. Pada kulit kentang, terdapat kandungan potassium yang cukup tinggi yang sangat baik agar dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan sakit kepala.

6. Buah Ceri

Sakit kepala bisa saja terjadi kapanpun dan tentu akan sangat menganggu aktivitas keseharian Sobat. Cobalah mengonsumsi buah ceri agar dapat mengurangi resiko munculnya sakit kepala. Senyawa di dalam buah ceri dapat mengubah oksida nitrat yang ada di dalam darah yang mana merupakan gas alami yang dapat meringkankan serta melindungi ketegangan sakit kepala.

7. Oatmeal Dan Nasi Merah

Karbohidrat tidak membutuhkan proses pengolahan tambahan dalam pembentuk glukosa, sehingga kadar gula di dalam darah dapat tetap stabil. Jika sampai tubuh mengalami kekurangan karbohidrat, maka kadar gula dapat turun. Hal ini lah yang kemudian menyebabkan sakit kepala dapat muncul. Sobat bisa mencoba mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan air yang tinggi sehingga dapat mencegah dan mengurangi rasa sakit kepala yang muncul. Salah satu sumber karbohidrat terbaik yang dapat Sobat konsumsi adalah oatmeal dan nasi merah.

Nah itu tadi 7 makanan yang bisa mencegah munculnya sakit kepala. Selain itu, jaga pola asupan makan Sobat dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya agar tubuh tidak mudah sakit. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Sobat.

instal aplikasi prosehat

Sumber:
lifestyle.kompas.com/read/2011/08/08/08442841/8.Makanan.Pereda.Sakit.Kepala

WhatsApp Asisten Maya saja