Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

7 Lokasi Snorkeling Sekitar Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Libur lebaran sebentar lagi, sudahkah Sahabat mempunyai rencana liburan kemana? Kalau belum, tidak ada salahnya mencoba snorkeling bagi Sahabat yang tidak memiliki kampung halaman. Liburan Sahabat akan terasa lebih menyenangkan karena dapat berenang bersama ikan-ikan di laut dan melihat terumbu karang yang indah.

Sahabat tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati keindahan bawah laut karena terdapat 7 lokasi snorkeling sekitar Jakarta yang wajib dikunjungi. Apa saja kah? Cek selengkapnya disini

1. Pulau Sepa

Lokasi Snorkeling pertama yaitu Pulau Sepa yang memiliki julukan The Paradise for Diver Jakarta. Pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Sahabat dapat melihat terumbu-terumbu karang yang cantik dan ikan-ikan laut yang berenang bebas karena jernihnya air laut di Pulau Sepa.

2. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun menjadi tempat yang cocok untuk snorkeling bagi para pemula. Karena pulau satu ini memiliki perairan yang jernih, dangkal dan terbebas dari bulu babi. Ingin berkemah disini? Bisa kok sahabat. Namun, saat Sahabat dan keluarga memutuskan berkemah di Pulau Semak Daun, pasikan untuk menjaga kebersihan agar tidak merusak lingkungan sekitar.

Selain keindahan bawah laut yang indah, Pulau Semak Daun merupakan kawasan penangkaran penyu sisik. Perjalanan menuju Pulau Semak Daun akan memakan waktu selama tiga jam dari pelabuhan Muara Angke dengan menggunakan kapal.

3. Pulau Tidung

Masih di sekitar Pulau Seribu, Pulau Tidung menjadi pulau yang terkenal dengan wisata baharinya. Terdapat biota laut yang sangat indah yang bisa Sahabat temui saat snorkeling di pulau ini. Tidak membawa alat snorkeling? Tidak masalah, karena di pulau ini terdapat penyewaan peralatan snorkeling beserta pemandunya.

Butuh waktu tiga jam untuk sampai ke Pulau Tidung dari Pelabuhan Muara Angke. Selain snorkeling, Sahabat dapat menanam mangrove untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Pulau Tidung.

4. Pulau Bidadari

Sahabat ingin melakukan banyak kegiatan selain snorkeling? Pulau Bidadari adalah salah satu pilihannya. Sahabat dapat melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti memancing, diving hingga bersepeda. Di pulau ini juga, Sahabat dapat menginap dengan mudah karena di Pulau Tidung banyak sekali resort dan beberapa penginapan lainnya.

Sayangnya air laut di pulau ini tidak sebening pulau lainnya. Namun, biota lautnya tetap indah untuk dilihat.

5. Pulau Pari

Pulau Pari menjadi salah satu tempat yang dijuluki dengan Pantai Perawan. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terlebih lagi saat matahari terbenam. Ahabat dapat sampai ke pulau ini selama 1-1,5 jam dari Dermaga Marina Ancol. Pulau Pari tidak diragukan lagi sangat cocok dijadikan spot snorkeling Sahabat dan keluarga.

Pulau Pari memiliki hutan bakau yang asri, terumbu-terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan, sehingga pulau ini dijadikan kawasan Pusat Penelitian Kelautan LIPI.

6. Pulau Tunda

Salah satu spot tempat menyelam sedikit bergeser dari kota Jakarta. Ada pulau Tunda yang bisa Sahabat masukkan ke dalam list sebagai spot snorkeling selanjutnya. Pulau ini belum banyak terjamah oleh wisatawan. Terletak di sebelah utara Teluk Banten dengan kondisi pantainya yang cukup bersih dan air laut yang jernih.

Saat Sahabat memutuskan mengunjungi Pulau Tunda maka membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai ke pulau ini. Sahabat harus berkendara sampai pintu Tol Serang Timur, dibandingkan saat snorkeling di Kepulauan Seribu. Kemudian dilanjutkan ke Karang Hantu dan meneruskan perjalanan ke Pulau Tunda menggunakan perahu kayu. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 3 jam loh.

7. Pulau Sangiang

Masih sekitar Banten, terdapat juga pulau yang sangat indah. Pulau ini diisebut sebagai Hidden Gem nya Banten karena tempat ini belum banyak dikunjungi oleh orang-orang. Pulau Sangiang menjadi spot yang bagus untuk pecinta snorkeling. Pulau ini hanya memakan waktu sekitar 1 jam dari Pelabuhan Paku Anyer atau dari Pelabuhan Bakauheni.

Beberapa spot yang keren ada di Pulau ini. Saat menuju spot tersebut, Sahabat harus menyewa kapal dan pemandu wisata agar tidak tersesat. Koral-koral yang berada di Pulau Sangiang sangat lah indah dengan berbagai bentuk dan warna. Selain itu Sahabat bisa bermain bersama ikan-ikan yang lucu. Namun perlu diperhatikan, saat siang hari ombak di sekitar Pulau Sangiang makin besar dan Sahabat harus berhati-hati.

Pastikan Sahabat terlindungi dari berbagai penyakit salah satunya Flu. Lindungi segera dengan Vaksinasi Flu hanya di ProSehat. Selain vaksinasi, sahabat bisa mendapatkan berbagai produk kesehatan untuk Sahabat dan keluarga. Sahabat bisa akses secara langsung di www.prosehat.com atau instal aplikasi ProSehat di Google Play atau App Store.

Sahabat juga bisa tanya langsung ke Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800. Jangan sampai liburan ke pantai jadi gagal hanya karena flu. Ingat Sehat Ingat ProSehat.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
Theresia, Elga. “Jangan Pangling! Ini 9 Spot Snorkeling Menawan di Sekitaran Jakarta”.
Arini, Merna “5 Spot Snorkeling Dekat Jakarta Dengan Pemandangan Bawah Laut Keren”.
Rahayu, Siwi. “5 Aktivitas Seru di Kepulauan Seribu”.

WhatsApp Asisten Maya saja