Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Trik Hemat Mudik Ala Backpacker

Mudik menjadi momen yang ditunggu-tunggu saat ramadhan. Bertemu dengan keluarga di kampung halaman menjadi hal yang tak terlupakan. Tapi Sahabat harus siap-siap nih,karena mudik akan mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Yuk, kita coba trik hemat mudik ala Backpacker agar keuangan kita tetap terkendali saat hari araya tiba. Apa saja trik-triknya?

1. Buatlah Rencana Anggaran

Hal yang pertama yang harus Sahabat lakukan yaitu membuat rencana anggaran. Meskipun Sahabat mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), tapi jangan sampai uang tersebut habis sia-sia. Sahabat harus lebih pintar membagi keuangan untuk tabungan, membayar tagihan, kebutuhan selama lebaran dan jangan sampai melewatkan membayar zakat.

Baca Juga: 7 Lokasi Snorkeling di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Beli Tiket Jauh Hari

Bila Sahabat memutuskan mudik menggunakan transportasi umum, beli lah tiket jauh hari. Cara ini yang biasa digunakan pada backpacker untuk menikmati liburannnya. Saat Sahabat memutuskan untuk mudik menggunakanan pesawat maka lebih baik membeli 30-35 sebelum lebaran.

Umumnya harga tiket yang ditawarkan masih dalam harga normal terutama pada penerbangan domestik. Hal ini juga berlaku saat membeli tiket kereta api jauh hari sekitar 90 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Sahabat tidak perlu takut kehabisan uang dan kursi untuk kembali ke kampung halaman.

Baca Juga: 10 Makanan Pencegah Kanker Serviks

3. Transportasi Selama di Kampung Halaman

Saat lebaran, kita pasti akan mengunjungi rumah sanak saudara atau sahabat yang berada di kota yang sama.Biasanya niat itu akan terganjal karena Sahabat tidak memiliki kendaraan di kampung halaman. Jangan khawatir, manfaatkan kendaraan umum disana atau Sahabat dapat menyewa sepeda motor atau mobil selama lebaran. Meskipun harga sewanya akan lebih mahal tetapi akan membuat waktu Sahabat untuk bersilaturahmi lebih efisien.

4. Bawa Uang Tunai

Saat akan berpergian, ada baiknya membawa uang tunai dibandingkan menggunakan kartu debit atau kredit. Hal tersebut akan menyebabkan Sahabat lebih mudah mengontrol pengeluaran selama perjalanan. Menggunakan kartu debit atau kartu kredit akan menggoda kita untuk berbelanja di luar kebutuhan kita.

5. Wisata Kuliner

Pulang kampung rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas daerah. Jangan sampai uang Sahabat habis begitu saja karena tidak tahan membeli semua makanan disana. Selain uang, pola makan kita menjadi berantakan karena makanan tersebut.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Jakarta

Batasilah pengeluaran Sahabat selama perjalananan dengan menghemat makan dan minum. Carilah makanan yang memiliki daftar harga yang pas dikantong atau mengatur makanan menjadi dua kali sehari saat menjelang siang dan malam.

6. Penginapan Selama Mudik

Bagi sahabat yang tidak memiliki kampung halaman tetap bisa menikmati liburan yang berkesan. Sahabat dapat menginap di hotel karena bisa menemukan kegiatan baru atau merasakan fasilitas hotel yang lengkap dengan harga yang terjangkau.

Pilihlah juga hotel yang berdekatan dengan pusat kota dan akses transportasi yang mudah. Pastikan memilih hotel yang aman dan bersih untuk Sahabat dan keluarga. Melihat review hotel dari pengunjung lainnya bisa dijadikan bahan pertimbangan Sahabat sebelum memesan hotel.

Agar lebaran Sahabat dan keluarga lebih nyaman, pastikan menjaga kondisi kendaraan dan tubuh Sahabat. Jangan lupa untuk membawa produk kesehatan untuk Sahabat dan keluarga selama perjalanan. Produk kesehatan bisa Sahabat dapatkan di ProSehat. Selain produk kesehatan, Sahabat bisa mendapatkan layanan vaksinasi ke rumah.

Ingin lebih tahu mengenai layanan vaksinasi ke rumah? Segera hubungi Maya Asisten Kesehatan ProSehat melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 atau akses website www.prosehat.com. Jangan lupa install aplikasi ProSehat melalui Google Play atau App Store. Selamat Mudik Sahabat Sehat.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
Kompas. Ika, Aprillia. “Kiat Jitu Mengelola THR dengan Baik”
Okezone. Firdaus, Fahmi. “Mudik Hemat Bujet? Backpackeran Saja”.
Traveloka. “Kiat Survive Backpacking dari 8 Travel Expert Indonesia”.
Traveloka. “5 Alasan Menginap di Hotel Bikin Sisa Libur Lebaran Kamu Semakin Berkesan”.

WhatsApp Asisten Maya saja