Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Tips Mengajarkan Si Kecil Puasa Pertama

Mengajarkan Si Kecil Puasa – Puasa salah satu hal yang wajib dijalankan setiap umat muslim yang telah melewati masa kedewasaan. Puasa dapat diajarkan pada anak sejak dini sebelum memasuki usia akil baliq. Bagaimanakah mempersiapkan anak untuk berpuasa? Sebelum melanjutkannya, yuk kita ketahui terlebih dahulu manfaat dari berpuasa.

Puasa merupakan kegiatan untuk  menahan lapar dan haus (tidak memasukkan sesuatu kedalam mulut) selama sehari sejak waktu imsak hingga adzan Magrib. Waktu berpuasa di Indonesia berlangsung 10 hingga 12 jam bergantung pada daerah tempat tinggal. Beberapa penelitian telah dilakukan bahwa puasa adalah salah satu cara memelihara tubuh kita agar tetap sehat. Saat kita berpuasa, metabolisme tubuh cenderung melambat, tetapi hasilnya akan lebih efisien.

Puasa terbukti menurunkan tingkat stress secara oksidatif (ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dan kemampuan tubuh untuk menetralkan atau mendetoksifikasi efek berbahaya melalui netralisasi antioksidan), meningkatkan sistem imun, mencegah penuaan dini dan sarana untuk anak-anak dalam mengendalikan diri serta meningkatkan kedisiplinan.

Ada beberapa cara untuk mengajarkan si kecil puasa untuk pertama kalinya. Perhatikan kesiapan anak untuk menjalankan puasa dari pada menuntut si kecil dapat berpuasa sebulan penuh. Berikut tips yang bisa digunakan saat mengajarkan si kecil puasa:

  1. Ceritakan Makna Puasa  dan Pengalaman Kepada Si Kecil

Sebelum si kecil memulai puasa pertamanya, berceritalah kepadanya tentang makna puasa terlebih dahulu. Si Kecil hendaknya mendengarkan secara singkat mengenai apa itu puasa, kenapa wajib dilakukan hingga apa saja yang membatalkan puasa.

Sampaikan pesan dengan cerita yang menarik dan dapat dipadukan dengan pengalaman Bunda atau Ayah saat masih kecil, seperti bangun sahur, sholat tarawih bersama teman-teman dan nikmatnya berbuka puasa.

Baca Juga: 7 Makanan Memicu Kolesterol

  1. Ajak Si Kecil Mencoba Berpuasa

Setelah menjelaskan apa itu puasa, maka ajaklah si kecil mencoba berpuasa. Di puasa pertamanya, berikan pilihan kepadanya apakah ingin berpuasa penuh atau setengah hari?atau kalau perlu, mulailah percobaan puasa setengah hari. Mari kita berikan contoh, Si kecil makan saat jam 6 pagi dan coba untuk menahan haus dan lapar hingga jam 9 atau 12 siang. Setelah ia berhasil, maka Bunda dapat meningkatkan secara perlahan hingga waktu adzan magrib berkumandang.

Baca Juga: 7 Tips Balita Tetap Tenang Saat Terbang

  1. Ciptakan Suasa Berpuasa yang Menyenangkan

Agar si kecil merasa puasa hal yang menyenangkan, maka ciptakanlah suasana berpuasa yang menyenangkan seperti bercerita tentang para nabi, menyiapkan makanan sahur dan berbuka sesuai kesukaan mereka. Lakukanlah puasa dengan rasa gembira dan penuh syukur agar si kecil dapat menikmati sahur dan berbuka yang menyenangkan.

Baca Juga: 10 Tips Usir Strees Pada Anak Saat Road Trip

  1. Beri Apresiasi Saat Si Kecil Berhasil Berpuasa

Setelah si kecil berhasil menyelesaikan puasanya maka beri mereka apresiasi atas kesabaran dan usaha mereka. Berilah apresiasi dengan cara yang positif, seperti menggunakan kata-kata penyemangat. Jangan pernah menjajikan hadiah kepada si kecil. Ia akan bersemangat puasa kalau ada hadiah untuknya. Bukannya melakukan puasa karena hatinya. Jadi jangan dibiasakan ya Bunda.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Tahap Tumbuh Kembang Anak

  1. Alihkan Perhatian Si Kecil Saat Rewel

Rewel menjadi kendala bagi orang tua saat mengenalkan dan melatih si kecil berpuasa. Rewel yang ia rasakan mungkin karena rasa haus dan lapar. Atasi hal ini dengan mengajak si kecil bermain dengan mainannya atau tidur siang agar ia lupa dengan rasa haus dan laparnya.

Baca Juga: Tips Atasi Dehidrasi Pada Anak Saat Liburan

  1. Siapkan Makanan yang Tepat untuk Si Kecil

Agar Si kecil lebih semangat menjalankan puasa, maka siapkanlah makanan-makanan yang tepat untuk si kecil. Bahan makanan yang wajib untuk menu si kecil yaitu makanan yang mengandung daging dan sayuran serta  buah-buahan untuk menyegarkan selama berpuasa seharian penuh. Tentu makanan sehat menjadi prioritas untuk si kecil.

Selain itu siapkan juga cemilan untuk si kecil seperti  kue, susu kemasan dan madu. Semua produk tersebut bisa Bunda dapatkan di ProSehat. ProSehat aplikasi kesehatan indonesia yang dapat memenuhi kesehatan Bunda dan keluarga. Selain produk kesehatan, dapatkan layanan vaksinasi si kecil dengan menghubungi Maya Asisten Kesehatan ProSehat melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800. Jangan lupa juga untuk install aplikasi prosehat atau akses website www.prosehat.com

Referensi:

  • IDAI. “Mempersiapkan Anak Berpuasa”. Diakses pada 4 Mei 2018Bottom of Form
  • Mandal, Ananya. “What is Oxidative Stress?”. Diakses pada 4 Mei 2018
  • Krisdianto,Dwi. “Melatih Anak Berpuasa? Inilah 6 Tips untuk Ayah Ibu”. Diakses pada 4 Mei 2018

 

WhatsApp Asisten Maya saja