Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Pola Makanan Cegah Obesitas

Obesitas memang sangat erat kaitannya dengan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Jika Anda setiap harinya terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung kalori serta glukosa, dan juga sering sekali membeli makanan sembarangan, tidak memperhatikan kandungan dari makanan tersebut, cara pengolahannya serta bahan makanan yang digunakan, maka jangan kaget bila suatu saat nanti tiba – tiba saja kadar gula darah Anda naik.

Bila Anda menjaga pola makan, Anda akan mencegah dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes karena diabetes ini adalah penyakit yang tidak dapat disepelekan. Ia dapat berdampak pada penyakit jantung jika dibiarkan begitu saja.

Berikut ini 6 pola makan untuk mencegah obesitas :

Makan sedikit tapi sering

Bila Anda menerapkan pola makan sedikit tapi sering, tubuh akan lebih mudah dalam mencerna makanan yang masuk. Tentunya hal tersebut akan berdampak positif bagi pencernaan kita karena tidak ada lagi lemak yang menumpuk. Jadi, lebih baik makan dalam porsi kecil tapi sering ya, daripada makan jarang tapi sekali nya makan tidak terkira banyaknya.

Baca Juga: 4 Jenis Pemanis Buatan Untuk Penderita Diabetes

Biasakan sarapan

cewek usia 20an, makan sehat

Jangan pernah melewatkan sarapan pada pagi harinya karena dengan sarapan otak dan juga organ tubuh bisa menjadi lebih maksimal dan juga fokus dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Selain itu, dengan membiasakan diri untuk sarapan juga membuat Anda tidak terlalu banyak saat makan siang nanti karena kelaparan.

Menerapkan diet sehat (pola makan sehat)

Bila Anda menerapkan diet sehat atau pola makan sehat, tentunya tubuh akan lebih sehat karena makanan yang masuk ke dalam tubuh berasal dari makanan yang sehat yang sangat dibutuhkan dan menyehatkan tubuh.  Jika membiasakan diri menerapkan pola makan atau diet sehat juga membuat tubuh terhindar dari penumpukan lemak dan juga kolesterol. Jangan lupa untuk pola makan sehat juga harus berdasarkan gizi seimbang, yang memperbanyak konsumsi sayur dan juga buah – buahan.

Konsumsi protein rendah lemak

Protein memang sangat vital sekali fungsinya bagi tubuh, salah satunya yaitu untuk memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak. Namun, untuk mencegah obesitas, ada baiknya bagi Anda untuk mengonsumsi protein yang bersumber dari daging putih, seperti yang terdapat pada daging ayam, dan juga ikan. Selain dari protein hewani, atau protein yang berasal dari hewan, protein nabati juga sangat penting untuk dikonsumsi, seperti yang terdapat pada kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Memperhatikan asupan gula dan kalori harian

Kalori dan juga gula yang terkandung dalam makanan dan juga minuman yang kita makan, jika dikonsumsi berlebihan akan sangat berpengaruh pada kadar gula darah kita. Naiknya kadar gula dalam darah, salah satu penyebab utamanya adalah karena terlalu banyak jumlah kalori dan juga gula yang masuk. Oleh karena itu, untuk menerapkan pola makan untuk mencegah obesitas, sangat penting untuk memperhatikan setiap jumlah kalori dan juga gula yang masuk agar tidak berlebihan. Contoh kandungan kalori dan gula pada minuman dan makanan yang sebisa mungkin dihindari, yaitu yang terdapat pada fast food, cookies serta minuman manis.

Baca Juga: 5 Menu Harian Stabilkan Gula Darah

Hindari minuman beralkohol dan juga rokok

Minuman beralkohol memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi dan juga kandungan lainnya yang sangat merugikan kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol. Selain minuman beralkohol juga disarankan untuk menghindari rokok, karena rokok dengan kandungan zat – zat yang ada di dalamnya serta nikotin, mampu merusak organ – organ tubuh termasuk pancreas sebagai penghasil insulin.

Demikian 6 pola makanan untuk mencegah obesitas. Namun, tidak hanya pola makan saja yang perlu diperhatikan. Kita juga harus rutin dalam berolahraga, kelola stress, aktifitas fisik serta rutin cek kesehatan ke dokter. Semoga bermanfaat!

instal aplikasi prosehat

Referensi :

  1. Sekarsari B. Aturan Makan yang terbukti mencegah diabetes. 2018. [Internet]. Available at: 1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/aturan-makan-ini-terbukti-mencegah-diabetes.html (1.12.18)
  2. Khoiri A. Pola makan tepat untuk cegah risiko diabetes. 2016. [Internet]. Available at: cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160420162349-255-125308/pola-makan-tepat-untuk-cegah-risiko-diabetes (1.12.18)

 

WhatsApp Asisten Maya saja