Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

6 Persiapan Kesehatan untuk Pergi Liburan

Pergantian tahun tinggal beberapa hari lagi. Kira-kira mau liburan kemana nih? Dalam negeri atau luar negeri?. Apapun yang Anda pilih, jangan sampai liburan jadi gagal karena Anda mengabaikan kesehatan. Sebelum Anda pergi, yuk lakukan 5 persiapan kesehatan ini.

  1. Cek Faktor Risiko Negara Tujuan

planning risk

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya Anda mencari tahu tentang faktor risiko penyakit terbanyak di negara tujuan Anda. Menurut WHO, transportasi, destinasi, durasi, musim, akomodasi hingga pola makan selama di Negara tersebut dapat mempengaruhi kesehatan Kita.

Contoh mendasar yaitu mengetahui kebersihan hotel yang akan Anda gunakan. Apakah tempatnya bersih, sanitasi lancar dan kualitas air yang baik menjadi pertimbangan Anda sebelum berangkat. Walaupun Anda sudah membaca ulasan dari pelancong lainnya, tapi Anda harus tetap mempersiapkan beberapa barang seperti, seprei bersih atau air mineral jika dirasa tempat menginap Anda tidak bersih.

  1. Cek Penyakit Menular

Walaupun negara yang Anda datangi sangat indah, akan tetapi penyakit menular dapat terjadi dimanapun dan kapanpun. Umumnya penyebaran penyakit disebabkan dari makanan atau udara. Diare menjadi penyakit yang paling sering dialami para turis yang sedang berlibur.

Selain makanan dan udara, faktor hewan, seks, darah dan tanah dapat mempengaruhi penyebaran penyakit.

Baca Juga: Perhatikan Travelling Diseases di 4 Negara Asia yang Paling Banyak dikunjungi Turis.

  1. Memiliki Asuransi Traveling

Persiapan ini sebenarnya tidak diwajibkan, tapi diperlukan jika terjadi sesuatu. Asuransi traveling biasanya akan menanggung risiko penerbangan yang tertunda, pembatalan penerbangan, hilangnya bagasi, biaya medis selama perjalanan hingga kecelakaan saat perjalanan.

  1. Lakukan Vaksinasi untuk Pencegahan

Jika Anda sudah mengetahui penyakit-penyakit menular dari negara yang akan Anda kunjungi, maka sebaiknya lakukan vaksinasi untuk pencegahan penyakit menular. Seperti saat Anda berencana untuk Umroh, maka Anda diwajibkan melakukan vaksinasi meningitis.

Sedangkan untuk tujuan Afrika (Etiopia, Sudan dan Nigeria) atau Amerika Selatan. Anda diwajibkan untuk melakukan vaksinasi yellow fever sebelum berkunjung ke negara tersebut.

  1. Konsultasi Kesehatan 4 Minggu Sebelum Berlibur

Persiapan ini sangat penting dilakukan, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit kronis seperti kolesterol yang tinggi, asam urat yang tinggi hingga diabetes. Sebaiknya melakukan konsultasi kesehatan terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk berkonsultasi ke dokter setidaknya 4-6 minggu sebelum perjalananan.

Selain itu Ada loh beberapa negara yang menerapkan Visa Medical Check Up terlebih lagi jika Anda cukup lama di negara tersebut. Hal ini untuk mencegah risiko peyebaran penyakit menular dari suatu negara ke negara tujuan lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Bersama Anak ke Pegunungan

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, foto rontgen hingga tes tuberkulosis. Negara-negara tersebut antara lain Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru dan juga Amerika.

  1. Mempersiapkan Obat-obatan Selama Perjalanan

Mungkin Anda akan kerepotan dengan membawa obat-obatan selama perjalanan. Tapi jangan meremehkan hal itu, karena sakit tidak bisa diprediksi. Barang-barang yang perlu Anda bawa yaitu plester, antiseptik, perban, peniti, tetes mata, krim anti serangga,obat alergi, parasetamol, obat anti diare dan lain sebagainya.Nah,  Liburan Anda menjadi lebih tenang.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi. Sekarang nggak perlu repot loh, karena Anda bisa panggil dokter ke rumah. Caranya bagaimana? Mudah sekali, cukup install aplikasi ProSehat, pilih vaksinasi, tempat dan tanggalnya lalu dokter akan datang ke rumah Anda.

Selain vaksinasi, ProSehat juga menyediakan obat-obatan yang Anda perlukan selama perjalanan. Info lebih lanjut seputar produk kesehatan dan vaksinasi bisa hubungi segera Asisten Kesehatan Maya Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800. Ingat Sehat, ingat ProSehat. Selamat berlibur!

instal aplikasi prosehat

SUMBER:

WHO. “International travel and health”. who.int/ith/precautions/travel_related/en/. Diakses 19 Oktober 2018
Okezone.”Vaksin Wajib Sebelum Berwisata ke Luar Negeri”. lifestyle.okezone.com/read/2016/09/27/481/1499763/7-vaksin-wajib-sebelum-berwisata-ke-luar-negeri. Diakses 19 Oktober 2018
CDC. “See a Doctor Before You Travel”. wwwnc.cdc.gov/travel/page/see-doctor Diakses 19 Oktober 2018

 

WhatsApp Asisten Maya saja