Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

6 KONDISI YANG MENINGKATKAN RISIKO KANKER SERVIKS

Kanker serviks adalah penyakit yang telah banyak merenggut nyawa para wanita. Menurut perkiraan Departemen Kesehatan RI, jumlah wanita penderita baru kanker serviks berkisar 90-100 kasus per 100.000 penduduk dan setiap tahun terjadi 40 ribu kasus kanker serviks. Penyakit ini menduduki peringkat no 2 kasus kanker terbanyak di Indonesia.

Penyebab utama kanker serviks adalah akibat infeksi Human papillomavirus (HPV) terutama sub tipe 16 dan 18. Kanker serviks dapat menyerang semua wanita dari berbagai usia.

Berikut beberapa kondisi yang meningkatkan faktor risiko kanker serviks:

  1. Hubungan seksual di usia  muda
  2. Berganti-ganti pasangan seksual
  3. Penyakit menular seksual
  4. Merokok
  5. Melahirkan lebih dari tiga kali
  6. Pemakaian pil KB

Kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala pada masa awal. Gejala kanker serviks yang muncul umumnya adalah rasa sakit saat berhubungan, keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina, dan perdarahan. Perdarahan dapat terjadi setelah berhubungan, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause.

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan deteksi dini         bisa dengan metode Papsmear, Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Inspeksi Visual Lugoliodin (VILI), dan Test DNA HPV. Selagi anda masih sehat akan sangat baik jika melakukan pencegahan, dengan tidak berganti-ganti pasangan seksual, menghindari rokok, beralih ke pola hidup sehat.

Sebagai perlindungan utama lakukanlah vaksinasi terhadap virus HPV. Dengan pemberian vaksin ini tubuh akan membentuk daya tahan terhadap virus sehingga mengurangi kejadian penyakit kelamin yang diakibatkan oleh HPV. Dua jenis vaksin yang beredar dipasaran adalah vaksin bivalent (mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker) dan quadrivalent (mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin).

Jika ingin lebih praktis, tak perlu bingung untuk melakukan vaksin, hanya dengan mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

Referensi:

  1. CDC – What Are the Symptoms of Cervical Cancer? [Internet]. Cdc.gov. 2018 [cited 25 January 2018]. Available from: cdc.gov
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [Internet]. Depkes.go.id. 2017 [cited 25 January 2018]. Available from: depkes.go.id
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [Internet]. PANDUAN PENATALAKSANAAN KANKER SERVIKS HPV. [cited 12 February 2018]. Available from: kanker.kemkes.go.id

 

Chat Asisten ProSehat aja