Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Siapa sih yang tidak kesal ketika hal ini terjadi? Bukan hanya kesal, bagi sebagian besar orang – khususnya kaum wanita; kenaikan berat badan merupakan mimpi buruk alias mereka tidak mengharapkan hal ini terjadi sama sekali. Kok bisa? Tentu saja karena kenaikan berat badan sendiri identik dengan badan kita yang semakin lebar ke samping alias kita bertambah gendut. Pastinya tidak ada yang mau mengalami hal satu ini bukan?

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini? Apakah ada cara yang bisa kita lakukan agar badan kita kembali singset seperti sedia kala? Atau bisakah kita mendapatkan proporsi tubuh yang ideal dalam waktu singkat? Sering kali kita ingin mendapatkan suatu hal dalam waktu singkat melalui jalan pintas yang justru dapat membahayakan kesehatan kita. Contohnya saja banyak di antara kita yang sering melakukan diet yang salah dan malah berujung sakit.

Selain cara diet yang salah, banyak wanita yang berusaha menurunkan bertanya dengan mengonsumsi beberapa obat diet – yang sejatinya hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Kenapa begitu? Obat diet yang beredar di pasaran sering kali belum mengantongi surat ijin BPOM alias belum terjamin keamanannya, dan apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat mengganggu bahkan membahayakan kinerja organ tubuh lainnya – terutama ginjal. Bukannya menjadi sehat, justru kesehatan kita menjadi terancam. Sungguh menyeramkan bukan?

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara sehat? Kabar baiknya, kita akan membahas mengenai tips menurunkan berat badan secara alami yang pastinya aman untuk dilakukan bahkan kita bisa melakukannya secara rutin. Wah, yang benar nih? Daripada semakin penasaran, yuk mending kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Berolahraga

Yup, tips yang satu ini merupakan salah satu cara terefektif untuk menurunkan berat badan secara alami. Selain menurunkan berat badan, rutin berolahraga sangatlah disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh kita setiap waktu. Jenis olahraga yang perlu kita lakukan pun tidak perlu jenis olahraga yang berat, asalkan kita rutin berolahraga setiap hari. Contohnya saja kita perlu berjalan selama 45 menit setiap harinya untuk membakar sebanyak 300 kalori pada tubuh kita bahkan berat badan kita bisa turun sebanyak 13 kilogram dalam setahun tanpa perlu merubah pola makan.

Olahraga lainnya yang bisa kita lakukan adalah dengan naik-turun tangga selama 10 menit setidaknya sekali dalam satu hari. Bukan hanya itu saja, kiita juga perlu berjalan setidaknya 5 menit setiap dua jam sekali sehingga kita tidak duduk terus menerus di mana hal ini meminimalisir keinginan kita untuk mengemil. Keuntungan lainnya yang kita dapatkan dari hal ini adalah menghindarkan kita dari sakit punggung.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Selain kita perlu memenuhi kebutuhan air kita dalam sehari, mengonsumsi banyak air putih juga dipercaya mampu menurunkan berat badan kita secara alami. Yup, mengonsumsi air putih sebanyak 0,5 liter dapat membakar 24 hingga 30 persen kalori dalam tubuh kita. Mengonsumsi air sebelum kita makan juga efektif untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh kita dan hal ini terbukti lebih efektif pada mereka yang sudah berusia paruh baya bahkan sudah memasuki usia lanjut usia

3. Mengurangi konsumsi minuman berkalori

Seperti yang kita bahas sebelumnya, untuk mengurangi berat badan secara alami sangatlah dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih dan sebaliknya kita perlu mengurangi atau bahkan tidak lagi mengonsumsi minuman berkalori. Memang apa sih yang dimaksud dengan minuman berkalori di sini? Tentu saja minuman yang banyak mengandung gula, seperti soft drink, jus buah, susu coklat, ataupun berbagai minuman berenergi. Mengonsumsi minuman berkalori terbukti meningkatkan risiko pada anak sebanyak 60 persen dan pastinya hal ini akan mengganggu kinerja ginjal pula.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

makanan sehat puasa

Kapan sih terakhir kali kalian mengonsumsi buah dan sayuran? Seberapa sering kalian mengonsumsi makanan sehat yang satu ini? Mengonsumsi buah dan sayuran merupakan paket komplit untuk tubuh kita, karena kebutuhan air, nutrisi, serta serat dapat terpenuhi dengan baik dengan mengonsumsi jenis makanan yang satu ini. Bukan suatu hal yang baru pula jika banyak penelitian yang menunjukkan jika orang yang lebih banyak mengonsumi buah dan sayuran terbukti memiliki proporsi tubuh yang ideal daripada mereka yang jarang mengonsumsinya. Sebaiknya kita juga tidak terburu-buru ketika makan karena tubuh kita memerlukan waktu untuk mencerna kalori dari makanan tersebut.

5. Mendapatkan jam tidur yang cukup

Meskipun kelihatannya sepele, mendapakan jam tidur yang cukup merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami. Wah, yang benar nih? Yup, sebuah penelitian menunjukkan jika mereka yang tidak memiliki jam tidur yang cukup jauh lebih berisiko mengalami obesitas daripada yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini jauh lebih berisiko terhadap anak-anak dan oleh sebab itu lah bukan suatu hal yang mengherankan jika saat ini kita banyak melihat anak kecil yang mengalami obesitas.

So, bagaimana? Pastinya sekarang sudah tahu kan apa saja yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami? Pastinya juga sudah tidak alasan lagi kan untuk malas beraktivitas karena kita bisa mendapatkan bentuk tubuh yang proposional? So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

Referensi:

• healthline.com/nutrition/30-ways-to-lose-weight-naturally#section22
• rd.com/health/diet-weight-loss/how-to-lose-weight/

Chat Asisten ProSehat aja