Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Tips Mencegah Serangan Jantung

Angka kematian penderita jantung koroner di Indonesia membengkak hingga 7,6 juta orang per tahun. (republika.co.id, 26/9-2013) Penyakit ini banyak menyerang lansia dan orang-orang yang obesitas. Banyak dari mereka tidak bertahan hidup. Beberapa bahkan tidak berhasil diselamatkan sebelum ke rumah sakit. Kabar baiknya adalah bahwa serangan jantung bisa dihindari. Berikut adalah langkah-langkah dan kebiasaan-kebiasaan yang akan membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda, memperkuat jantung dan mengurangi risiko serangan jantung Anda.

Ketahui Risiko

Kunjungi dokter Anda dan bicara dengannya tentang risiko pribadi Anda untuk penyakit jantung. Hal ini bisa dilakukan segera setelah Anda mengetahui indikator/angka-angka kualitas jantung Anda. Meskipun Anda tidak dapat mengubah beberapa faktor – seperti usia, jenis kelamin dan keturunan – yang meningkatkan risiko serangan jantung, Anda masih dapat mengurangi faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap risiko serangan jantung Anda.

Faktor risiko yang masih dapat Anda kontrol meliputi: konsumsi rokok, tekanan darah, kadar kolesterol, gaya hidup, berat badan dan kadar gula darah. Dokter Anda dapat menilai kesehatan Anda dan riwayat pribadi serta memberikan saran tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi risiko serangan jantung.

Ketahui Hasil Tes Kesehatan

Melacak tekanan darah, kolesterol dan kadar gula darah Anda serta berat badan Anda serta menempatkan setiap tes laboratorium atau laporan dari dokter di folder dapat membantu pola hidup Anda yang lebih sehat. Pantau angka-angka tersebut dan perhatikan bagaimana mereka berubah dari waktu ke waktu. Misalnya, tekanan darah atau berat badan beringsut lebih tinggi, Anda dapat mengambil tindakan untuk menurunkan tekanan darah atau menurunkan berat badan sebelum menjadi masalah yang signifikan.

Mulai Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat, hidup lebih aktif dengan diet seimbang yang mencakup banyak buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak atau unggas. Mulai berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu.

Minum Obat Teratur (Yang Diresepkan Dokter)

Jika anda sudah terdiagnosa penyakit jantung, Anda harus bekerja sama dengan dokter Anda untuk mengontrol kondisi kronis – seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes – yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung Anda dan mematuhi jam-jam anda harus minum obat.

Berkomitmen Kuat

Jangan biarkan tekad Anda goyah. Mengurangi risiko serangan jantung adalah sesuatu yang harus Anda lakukan untuk sisa hidup Anda. Pada kenyataannya, bahkan orang-orang yang saat ini tidak memiliki faktor risiko mungkin ingin hidup sehat sekarang karena risiko serangan jantung mereka akan naik dengan bertambahnya usia mereka.

Chat Asisten ProSehat aja