Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

5 Manfaat Olahraga untuk Kaum Milineal

Media sosial memang banyak membawa dampak bagi kehidupan manusia di era ini. Tak hanya dampak negatif, namun banyak juga dampak positif yang diberikan oleh media sosial. Bagi muda mudi milineal, belum lengkap rasanya jika belum mem-posting kegiatan mereka sehari-hari, termasuk kegiatan berolahraga seperti lari, bersepeda, zumba, muay-thai, nge-gym, dan lain-lain. Awalnya mungkin para muda-mudi ini berolahraga untuk terlihat keren dan kekinian, namun seiring berjalannya waktu banyak manfaat dari olahraga yang mereka rasakan, sehingga timbulah rasa butuh terhadap olahraga.

Menurut ilmu fisiologi, olahraga adalah serangkaian gerak raga yang dilakukan secara teratur dan terencana oleh seorang individu untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya, dimana kemampuan fungsional disini salah satunya termasuk kesehatan, baik kesehatan raga maupun kesehatan mental. Olahraga dan kesehatan memang dua hal yang selalu berjalan beriringan. Dengan rutin berolahraga maka tubuh juga akan selalu merasa sehat dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Dengan rutin berolahraga terjadi peningkatan elastisitas pembuluh darah dan pengefisienan kerja jantung. Selain itu, metabolisme juga terjadi lebih cepat sehingga bahan-bahan sisa metabolisme juga dapat dibuang lebih cepat. Olahraga juga membuat otot-otot tubuh kita menjadi lentur namun tetap kencang. Dan dengan berolahraga juga tubuh akan mengeluarkan beberapa hormon yang baik untuk kita, salah satunya adalah hormon antistres.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga yang sangat baik untuk tubuh:

 

  • MENURUNKAN RISIKO STRES

 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dengan berolahraga tubuh mengeluarkan hormon yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah endorphin. Endorphin adalah salah satu hormon yang membuat diri kita selalu merasa bahagia. Berbagai macam tekanan hidup, baik dari pekerjaan atau dari hal lainnya pasti sering membuat kita merasa stres, namun dengan kemunculan endhorphin ini, kita akan menjadi lebih positif dalam menghadapi berbagai  tekanan yang ada, sehingga stres akan pergi jauh dari sekitar kita.

 

  • MENINGKATKAN INTELEKTUALITAS

 

Peningkatan elastisitas pembuluh darah ini berdampak pada kelancaran aliran darah, termasuk aliran darah ke otak. Dengan kelancaran aliran darah ini, sel otak mendapatkan nutrisi yang sangat cukup, sehingga otak mampu bekerja dengan sangat maksimal. Otak yang bekerja dengan sangat maksimal dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta kognitif kita.

 

  • MEMBUAT AWET MUDA

 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dengan berolahraga otot menjadi lentur dan tetap kencang. Dengan komposisi otot yang seperti ini, badan kita akan terlihat tetap kencang seperti saat masih gadis dulu. Selain itu, otot-otot didaerah wajah yang kecil-kecil juga akan tetap kencang, dan menyamarkan garis garis keriput yang mulai muncul seiring berjalannya usia.

 

  • MENINGKATKAN PERCAYA DIRI

 

Dengan berolahraga, sudah pasti kita akan memiliki berat badan yang ideal. Dengan badan yang tetap ideal, dan otot-otot yang tetap kencang, serta perasaan positif yang muncul, kita akan merasa lebih percaya diri. Selain itu dengan berat badan yang ideal kita bisa bebas menggunakan baju sesuai selera tanpa harus takut terlihat gendut, hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan kepercayaan diri.

 

  • MENURUNKAN RISIKO PENYAKIT

 

Dengan rutin berolahraga sejak muda, kita akan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pada saat tua nanti. Selain itu dengan berolahraga juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan paru juga kejadian stroke.

Yuk, Sahabat mulai semangat berolahraga! Jangan lupa, Anda juga bisa mengakses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat. Info lebih lanjut, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

Sumber:

  1. Giriwijoyo & Didik . 2012. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Menpora RI. (2014). Rencana Strategis Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2010 ┬▒ 2014. Jakarta: Kemenpora RI.
  3. Sumartiningsih, Tipologi dan Prestasi Atlet (Ditinjau dari Atlet Jawa TImur pada PON XVII). Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Vol.1. Semarang. 2013.
  4. Kusnan. (2013). Olahraga dalam Membangun Kualitas Sumber Daya yang Sehat dan Bugar.
  5. Metabolisme Energi Tubuh & Olahraga. Sports Sciene Brief. Vol.1. Jakarta.2013.

 

WhatsApp Asisten Maya saja