Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Gangguan Jiwa Paling Sering Dialami Kawula Muda

Pernahkah Sobat merasa sedih yang berkepanjangan, merasa tidak berguna, tidak semangat hidup lagi, merasa ada suara-suara tidak terlihat di sekitar atau merasa semua orang memperhatikan gerak gerik Sobat? Hati-hati, ya, bila Sobat mengalami hal tersebut dalam jangka waktu lama karena itu adalah beberapa gejala dari gangguan jiwa. Wah, masa iya?Seram sekali. Makanya, bila Sobat atau orang di sekitar ada yang mengalami hal tersebut perlu ditelusuri seberapa sering mengalami hal tersebut. Gangguan jiwa bukan perkara main-main karena pengobatannyapun biasanya cukup lama dan perlu pengawasan dari psikiater.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 di Indonesia menunjukkan bahwa angka kejadian gangguan mental emosional yang dengan gejala depresi dan kecemasan adalah sebesar 6% untuk usia 15 tahun ke atas atau sekitar 14 juta orang. Sedangkan, prevalensi gangguan jiwa berat, seperti skizofrenia adalah 1,7 per 1000 penduduk atau sekitar 400.000 orang. Cukup banyak ya ternyata.

conversation with a therapist

Gangguan jiwa ini merupakan kondisi seseorang yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pada gangguan jiwa berat dapat terjadi gangguan pada aktifitas sehari-hari seperti tidak mau makan, sulit tidur,atau tidak mau mandi. Gangguan jiwa ini bukan hanya berlangsung sementara loh, tapi dapat terjadi seterusnya sepanjang hidup. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bila Sobat atau orang di sekitar mengalami gejala yang mengarah pada gangguan jiwa dan berlangsung lama. Pertolongan kita amat berarti dalam kehidupan mereka, misal dengan konsultasi ke psikiater.

Gangguan jiwa dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah faktor somatogenik (berhubungan dengan saraf dan faktor saat di dalam kandungan), faktor psikogenik (interaksi abnormal anak-orang tua, peranan ayah, bersaing dengan saudara kandung, tingakt perkembangan emosi,dsb), serta faktor sosiogenik (kestabilan keluarga, pola asuh anak, ekonomi, tempat tinggal, pendidikan, fasilitas kesehatan, dsb). Jadi, kita dapat menelusuri penyebab dari gangguan jiwa.

Gangguan jiwa banyak sekali jenisnya, tetapi ada beberapa gangguan jiwa yang sering dialami oleh orang dewasa. Nah, berikut adalah beberapa gangguan jiwa tersebut. Yuk, kita cek:

Skizofrenia

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang sering terjadi dan melibatkan 23 juta orang di dunia. Gangguan ini ditandai dengan penyimpangan pada cara berpikir, persepsi, bahasa, emosi serta perilaku. Gejala yang sering dialami antara lain halusinasi (melihat, mendengar, merasakan sesuatu yang tidak ada), dan delusi (kepercayaan yang salah atau kecurigaan yang mendalam).

Gangguan bipolar

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental emosional yang ditandai dengan perubahan perasaan yang tiba-tiba (mood swing) dari sedih (depresi) menjadi sangat bahagia (manik) maupun sebaliknya. Seringkali orang dengan gangguan bipolar tidak menyadari bahwa ia mengalaminya, bahkan terkadang gangguan tersebut berpengaruh buruk terhadap hubungan keluarganya. Gangguan jiwa ini tidak dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga peran keluarga dan orang sekitar sangat penting agar gangguan ini dapat segera ditangani.

Gangguan depresi dan cemas

Gangguan depresi merupakan salah satu gangguan mental emosional yang diikuti dengan rasa sedih berkepanjangan, kehilangan minat, perasaan bersalah atau rendah diri, gangguan tidur atau makan, perasaan lelah berlebihan dan konsentrasi yang buruk. Gejala ini dialami sekurang-kurangnya selama 2 minggu.

Gangguan cemas merupakan gangguan yang juga sering terjadi di sekitar kita. Pernahkah kalian melihat orang yang terkena serangan panik?Nah, mereka biasanya mengalami gangguan kecemasan karena sebab tertentu. Gejala yang dapat dirasakan antara lain panik, perasaan takut berlebihan, gangguan tidur, rasa dingin dan berkeringat, sangat gelisah, dan jantung berdebar-debar. Nah, bila Sobat atau orang sekitar ada yang mengalami hal ini, jangan segan untuk segera mencari bantuan dan menolongnya, ya.

Post Traumtic Stress Disorders (PTSD)

PTSD merupakan gangguan jiwa yang dicetuskan oleh peristiwa yang sangat mengerikan dalam hidup seseorang dan mempengaruhinya dalam aktifitasnya setiap hari. PTSD banyak terjadi pada veteran perang, korban perkosaan, atau masyarakat yang pernah mengalami bencana alam seperti tsunami, banjir, gempa, angina topan,dsb. Mereka seringkali merasakan kejadian mengerikan itu kembali (flashback), mimpi buruk karena kejadian itu, dan menyebabkan stres bila mengingatnya.

Obsesive Compulsive Disorders (OCD)

OCD merupakan gangguan mental kronis dimana penderitanya tidak dapat mengontrol pikirannya (obsesif) atau perilakunya (kompulsif). Gangguan ini ditandai dengan takut terhadap bakteri dan lingkungan kotor, senang melihat sesuatu yang simetris atau urutan yang sempurna, pikiran agresif terhadap diri sendiri atau orang lain, mencuci tangan berulang-ulang, melakukan pemeriksaan berulang kali, dan berhitung berulang-ulang. Biasanya OCD sering disertai dengan perasaan cemas akan sesuatu buruk terjadi pada dirinya padahal tidak.

Nah, itulah beberapa gangguan jiwa yang sering terjadi. Bila Sobat atau orang sekitar mengalaminya, jangan tinggal diam, segera konsultasikan ke psikiater agar diperoleh penanganan yang tepat. Kualitas hidup orang dengan gangguan jiwa akan meningkat dengan penanganan dari dokter yang tepat. Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dan Salam Sehat!

Referensi:
1. Kementerian Kesehatan RI. Stop stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan gangguan jiwa. 2014. [Internet]. Availabel at: depkes.go.id/article/view/201410270011/stop-stigma-dan-diskriminasi-terhadap-orang-dengan-gangguan-jiwa-odgj.html
2. Putri AW, Wibhawa B, Gutama AS. Kesehatan mental masyarakat Indonesia (pengetahuan dan keterbukaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan mental. Prosiding KS: Riset dan PKM. 2010;2;2;147-300.
3. World Health Organization. Mental disorder. 2018. [Internat]. Available at: who.int/news-room/fact-sheets/detail/mental-disorders (05.10.18)
4. Mayo Clinic Staff. Bipolar disorder. [Internet]. Available at: mayoclinic.org/diseases-conditions/bipolar-disorder/symptoms-causes/syc-20355955 (05.10.18)
5. WebmD. All about anxiety disorder. 2018.[Internet]. Available at: webmd.com/anxiety-panic/guide/anxiety-disorders#1 (05.10.18)
6. Mayo Clinic Staff. Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). 2018.[ Internet]. Available at: mayoclinic.org/diseases-conditions/post-traumatic-stress-disorder/symptoms-causes/syc-20355967 (05.10.18)

Chat Asisten ProSehat aja