Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk di Malam Hari

Mengantuk adalah hal yang wajar pada setiap orang. Mengantuk merupakan satu pertanda tubuh kita butuh istirahat atau tubuh kita sudah lelah. Mengantuk di malam hari sudah menjadi hal yang wajar. Namun, jika mengantuk pada saat kita harus begadang menulis tugas, menyelesaikan proyek atau dikejar deadline oleh bos atau atasan pasti akan mengganggu Sobat. Mengantuk akan menjadi momok menakutkan dalam diri Sobat. Berbagai cara dapat dilakukan agar tidak mengantuk lagi. Mengantuk saat begadang memang membutuhkan tenaga ekstra untuk menghindarinya. 5 cara ini akan membantu Sobat menghilangkan rasa kantuk di malam hari.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Dapat Cegah Akibat Buruk Akibat Begadang

5 Cara Menghilangkan Kantuk di Malam Hari

1. Makanan mengandung protein

Makanan mengandung protein sangat diperlukan untuk mempertahankan energi. Makanan berprotein contohnya keju, roti, daging, semua yang terbuat dari susu akan membuat Sobat akan tetap segar. Jika Sobat makan makanan yang mengandung gula, energi yang dihasilkan hanya sesaat saja, jadi jauhilah minum manis dan makanan yang mengandung gula. Cobalah untuk menghindari makan berat saat Sobat begadang, hindari juga minuman yang berbau alkohol.

2. Hindari minuman yang mengandung kafein

Kebanyakan orang akan minum kopi jika ingin begadang dan menghilangkan rasa kantuk pada waktu malam hari. Tapi sebisa mungkin Sobat harus menghindari kafein karena akan menyebabkan kelelahan pada esok harinya. Sebaiknya Sobat minum dua gelas air es saja untuk menghilangkan rasa kantuk. Sobat dapat minum es setiap 30 menit sekali karena air es tidak hanya membantu Sobat menyegarkan badan tapi juga memicu untuk tetap fokus. Jika tidak Sobat bisa minum teh herbal tanpa kafein yang akan membuat Sobat segar kembali.

3. Bergerak atau Jalan- Jalan

Sahabat dapat bergerak untuk meregangkan otot untuk menghilangkan kantuk dan berjalan- jalan 5-10 menit. Waktu tersebut cukup untuk membuat Sobat fresh kembali. Jangan malas untuk bergerak, bangun dari tempat duduk lalu berjalan-jalanlah sebentar.

4. Posisi Tegak dan rileks

Ketahuilah dengan posisi tegak dan rileks Sobat tidak akan merasa bosan dengan pekerjaan yang sedang dihadapi. Posisi tersebut bisa Sobat gunakan untuk menghilangkan rasa kantuk pada malam hari. Bukan hanya itu saja, Sobat juga bisa menghirup oksigen lebih banyak agar otak tidak tertekan dengan pekerjaan yang sehari-hari dihadapi.

Baca Juga: Duh, Sering Susah Tidur Malam Hari Nih!

5. Cuci Muka

Jika Sobat ingin menghilangkan rasa kantuk, cuci mukalah saat rasa kantuk itu sudah mulai menghampirimu. Percayalah, Sobat akan terlihat fresh dan tidak mengantuk lagi. Cuci muka merupakan hal yang biasa dilakukan para sopir untuk menghilangkan rasa kantuk dan Sobat perlu mencobanya karena merupakan salah satu cara yang ampuh agar kita terbebas dari rasa kantuk tersebut.

Mengapa Sobat sulit sekali bergadang pada malam hari?

Banyak faktor yang mempengaruhi Sobat sulit bergadang pada malam hari, seperti:
• Kurang berolahraga. Kurangnya berolahraga juga bisa mengakibatkan Sobat terlalu sering mengantuk karena badan Sobat hanya mengonsumsi makanan saja tanpa membuangnya lewat keringat.
• Sobat tidak pernah tidur siang. Seseorang yang tidak pernah tidur siang dengan alasan tertentu juga tidak bisa bergadang hingga larut malam karena kondisi tubuh yang capek juga akan mempengaruhi itu semua
• Kekurangan darah merah atau anemia
Kekurangan darah merah sering mengakibatkan rasa mengantuk. Jadi, makanlah makanan yang bisa meningkatkan darah merah Sobat.

Baca Juga: 7 Tips Sehabis Begadang Biar Tidak Sakit

Semoga artikel ini bisa menambah manfaat dan wawasan yang Sobat ingin dapatkan. Selamat membaca dan terima kasih. Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai cara menghilangkan kantuk beserta produk-produk kesehatan yang berkaitan, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

 

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com