Telp / SMS / WhatsApp : 0857-75-500-800

5 Cara Antisipasi Perubahan Cuaca Selama Umrah

Antisipasi Cuaca Selama Umrah – Kota Makkah memiliki cuaca yang terbilang ekstrem, tak heran kesehatan beberapa jemaah umrah maupun haji mudah menurun. Perubahan cuaca siang dan malam hari di Makkah sangat berbeda, di siang hari Makkah memiliki suhu sekitar 55 derajat celcius. Sedangkan di malam hari memiliki suhu hingga 20 derajat celcius.

Suhu yang panas ini kerap disertai angin serta debu yang beterbangan. Musim panas dimulai setiap bulan April hingga Agustus, sedangkan musim dingin berlangsung bulan oktober sampai Januari.

Beberapa tahun terakhir, hujan, angin kencang hingga salju terjadi di Makkah. Hingga di tahun 2015, Crane terjatuh akibat cuaca ekstrem. Tidak kurang juga yang jatuh sakit akibat cuaca ekstrem tersebut. Untuk ibadah tetap lancar tanpa sakit, yuk kita intip

5 Cara Antisipasi Perubahan Cuaca Selama Umrah berikut ini:

1. Konsumsi Makanan Sehat
Sebelum Sahabat mempersiapkan keberangkat ke tanah suci, maka atur asupan gizi harian. Tujuan dari ini yaitu untuk memastikan tubuh Sahabat tetap fit saat berangkat maupun pulang ke Indonesia.

Utamakan mengonsumsi makanan yang tepat, terutama untuk penderita diabetes yang harus mendapatkan diet makanan yang sesuai agar dapat menstabilkan gula darahnya. Jangan lupa untuk membiasakan diri minum air mineral saat di Tanah Suci agar terhindar dari dehidrasi.

2. Siapkan Fisik Dengan Berolahraga
Latihan Fisik menjadi hal utama agar tubuh tetap dalam kondisi prima dalam menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem, baik suhu panas maupun suhu dingin. Olahraga dapat membantu meningkatkan fisik jemaah dalam menjalankan segala macam ritual umrah seperti Tawaf dan juga Sa’i yang pastinya membutuhkan tenaga ekstra.

Lakukanlah olahraga ringan dengan cara berjalan jauh 2-3 kilometer per hari minimal 2 bulan sebelum keberangkatan Sahabat. Ada beberapa olahraga yang bisa Sahabat coba seperti berenang ataupun gym untuk persiapan ibadah ini.

3. Pakaian yang Sesuai
Selain pakaian ihram yang digunakan selama beribadah di Makkah. Sahabat juga perlu menyiapkan beberapa pakaian bila terjadi cuaca ekstem seperti jaket ataupun syal saat cuaca dingin dan beberapa pakaian yang sopan pada saat makkah bercuaca panas.

4. Obat-obatan
Jangan sampai melupakan obat-obatan yang Sahabat butuhkan, selalu konsultasikan kepada dokter mengenai perjalanan Umrah Sahabat. Selain itu, persiapkan beberapa pelembab dan Body lotion untuk bibir, wajah hingga kulit tubuh. Hal ini untuk mencegah kulit menjadi kering dan mudah mengelupas (bibir).

5. Antisipasi Dengan Vaksinasi
Sebelum melakukan perjalanan umrah, pemerintah Arab Saudi mewajibkan untuk para jemaah melakukan vaksinasi meningitis. Selain sebagai syarat permintaan visa, vaksinasi ini untuk mencegah penyebaran virus radang selaput otak yang dapat ditularkan. Terlebih lagi Makkah banyak dikunjungi jemaah dari seluruh dunia.

Meningitis salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang serius seperti kerusakan otak, hilangnya kemampuan pendengaran serta ketidakmampuan dalam beraktifitas terutama belajar. Salah satu pencegahannya dengan cara vaksinasi ini dapat mempertahankan antibodi Sahabat selama 3 tahun.
Vaksin Meningitis diberikan paling lambat 2 minggu sebelum keberangkatan umrah Sahabat. Informasi mengenai Umrah bisa Sahabat tanya ke Maya Asisten Kesehatan ProSehat. Hubungi Maya melalui Telp/ SMS / WA 0857-75-500-800 atau sahabat juga bisa langsung mengunjungi link berikut: https://www.prosehat.com/vaksinasiumroh

Sumber:
https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/raga-optimal-saat-umrah
https://www.tanyadok.com/penyakit/meningitis/penyebab/

Produk Terkait

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked