Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Asupan Makanan yang Membantu Mengemukan Badan Anak

Bunda pasti khawatir terhadap tumbuh kembang anak. Apalagi jika menyangkut berat badan si kecil. Anda pasti khawatir jika buah hati mengalami penurunan berat badan. Sebelum ke langkah selanjutnya anda harus perlu ke dokter untuk menanyakan apa buah hati baik- baik saja atau kurang asupan gizi. Hal yang wajar jika orang tua khawatir tentang penurunan berat badan si kecil, anda harus selalu memenuhi asupan gizi dan makanan penunjang lainnya yang diperlukan tubuh si kecil.

Tidak semua makanan bisa menunjang berat badan si kecil karena pencernaannya tidak sama dengan orang dewasa. Anda perlu memperhatikan asupan tersebut. Anda juga pasti akan mencari tau, apa saja makanan yang bisa membuat si kecil gemuk seperti anak seusianya.

Jenis Makanan membantu Menggemukan Badan Anak

Menambah berat badan pada anak adalah hal yang sulit bagi anak yang memang kurang asupan gizi atau kurang mengonsumsi makanan yang sehat. Tapi, semua itu terkadang tidak lepas dari faktor keturunan orang tuanya yang memiliki tubuh kecil. Makanan yang menambah berat badan si kecil adalah:

1. Pentingnya Asupan Lemak

Asupan lemak dalam campuran menu makanan yang akan disajikan untuk si kecil merupakan cara yang mudah dan cepat untuk meningkatkan kalori yang dibutuhkan karena dalam satu gram lemak lebih banyak mengandung kalori dari pada beberapa gizi yang lainnya. Lemak yang paling baik untuk meningkatkan berat badan ada dalam mayonaise, mentega, olive oil, dan kanola karena dalam bahan tersebut mengandung 45- 120 kkal di setiap 1 sendok makannya. Anda bisa menggunakan bahan tersebut dicampur pada kue, memasak sayuran. Mulai dari sekarang gantilah makanan yang mengandung lemak tinggi untu menggemukan badan anak.

2. Beri Makanan yang Mempunyai Kalori Tinggi

Terkadang kita akan menghindari makanan yang berkalori tinggi untuk anak, tapi anda juga perlu tau bahwa anak mempunyai batasan kalori dan berapa kalori yang pas untuk anak di usianya. Jika anak anda berusia 2-3 tahun, si kecil membutuhkan kurang lebih 1000 kkal per hari, jika anak sudah menginjak umur 4-8 tahun mereka membutuhkan kurang lebih 1200-1400 kkal / hari. Rata-rata setiap orang membutuhkan 3500 kkal yang berguna untuk meningkatkan 5 ons dari berat badannya. Jadi, anda perlu menambahkan kalori dalam jumlah 500 kkal itu adalah total kalori untuk si kecil. Asupan kalori akan menambah berat badan si kecil setidknya 5 ons/ hari.

3. Makan Secara Teratur dan pada Jam yang Sama

Berilah anak anda makan pada jam yang sudah anda atur untuk anak anda. Bukan hanya itu saja, pastikan anak anda makan 3 kali sehari. Dan jangan lupa, berikan makanan selingan setiap 2 jam sekali. Jangan sampai anda lupa, berikan makanan yang mengandung karbohidrat serta vitamin untuk si kecil

4. Cukupi Asupan Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting bagi tubuh kita, karbohidrat juga berguna untuk menstabilkan imun tubuh/ berguna untuk kekebalan tubuh. Karbohidrat merupakan sumber gizi yang mempunyai banyak kalori. Kalori yang di miliki oleh karbohidrat sebanyak 4kkal/gram. Karbohidrat juga bisa membantu anak dalam proses menggemukkan badan. Berikan camilan untuk anak anda yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Makanan tersebut bisa anda temukan pada granola, buah-uahan kering, kismis atau yang mengandung kurang lebih 240 kkal. Anda bisa juga menambahkannya pada agar-agar, puding, jelly dan sejenisnya.

5. Minuman yang Mengandung Kalori

Berilah anak anda minuman yang mengandung kalori, itu bisa membuat berat badannya bertambah dengan adanya beberapa kalori yang terkandung dalam minuman yang dijual maupun buat sendiri. minuman yang mengandung kalori contohnya susu segar, jus buah segar, yogurt, dan beberapa smoothies lainnya. Yogurt memiiki kandungan kalori lebih dari 100 kal / porsi setara dengan 8 ons per 250 ml. selain mengandung banyak kalori, minumn ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh karena pada dasarnya semua produk minuman yang memiliki kandungan susu didalamnya mengandung protein sampai 8 gram / porsi. Anda bisa membelinya di apotek, supermarket atau minimarket

Makanan Untuk Menambah Berat Badan Anak

Semua makanan bisa menambah berat badan anak, tapi tidak semua kandungan yang ada di makanan bisa menambah berat badan anak anda. Lalu, makanan apa saja yang bisa menembah berat badan anak anda?

• Alpukat

Alpukat mempunyai peran penting untuk menambah berat badan anak anda. Alpukat juga sangat direkomendasikan karena alpukat memliki kandungan asam folat, magnesium dan asam lemak tak jenuh yang sangat berguna bagi tubuh dan sistem metabolisme tubuh. Alpukat adalah makanan pendamping asi yang biasanya di campur dengan ASI/ untuk MPASI

• Daging dan Telur

Telur dan daging sangat direkomendasikan untuk menambah berat badan pada anak. Telur dan daging dapat dikonsumsi oleh anak yang berumur mulai 6 bulan. Telur juga mengandung kalori yang tinggi untuk tubuh. Selain itu, telur memiliki kandungan omega 3 dan protein yang berguna untuk tumbuh kembang anak serta otak anak. Daging juga mengandung kalori dan protein, serta Vitamin B12 dan zat besi guna mencegah kurang darah atau anemia

• Pisang

Pisang juga sangat berguna untuk tumbuh kembang anak dan untuk menggemukan anak. anda bisa memberikan pisang untuk anak anda.

Berikan yang terbaik untuk anak, makanan sehat dan makanan pendamping lainnya yang sangat berguna untuk tumbuh kembangnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja