Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

4 Trik Diet Setelah Melahirkan yang Bisa Bunda Coba

Memiliki bentuk tubuh yang ideal pasca melahirkan adalah harapan semua ibu. Sebab saat memasuki masa mengandung, ibu diharuskan memenuhi kebutuhan nutrisinya dan hormon tertentu juga bekerja lebih ekstra sehingga membuat tubuh kamu menjadi gemukan. Setelah melahirkan pun kamu memutuskan untuk melakukan diet agar berat badan kembali normal.

Sayangnya, tidak banyak dari kaum wanita yang berhasil menurunkan berat badannya. Jika seorang ibu dalam kondisi demikian, terkadang rasa khawatir yang bisa menyebabkan stres akan menghantui pikiran. Tentu jika khawatir ini dibiarkan dan semakin berlebihan, maka kesehatan mental akan terganggu. Sebenarnya bagaimana trik diet yang baik dan dapat berhasil setelah melahirkan?

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk bunda yang baru habis melahirkan:

1. 3 Hours Diet

Ini adalah salah satu tips diet yang bisa kamu coba. Bagaimana cara kerjanya? Ternyata diet yang satu ini cukup mudah untuk kamu lakukan. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil setiap 3 jam sekali justru dipercaya mampu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Tips diet ini menyarankan kamu untuk makan setiap 3 jam, sehingga kamu perlu memperhatikan jenis makanan yang kamu pilih. Jangan mengonsumsi makanan yang banyak lemak, gula, atau kalori saja. Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi seimbang sehingga tubuh tetap bertenaga dan kamu mendapatkan bentuk tubuh yang diharapkan.

2. The Zone Diet

Jenis diet yang ini berbeda dengan diet yang telah dijelaskan sebelumnya. Diet ini menggunakan rasio 30 : 30 : 40 sebagai penyeimbang kebutuhan harianmu. Rasio tersebut meliputi lemak, protein, karbohidrat secara berurutan. Memiliki rasio seperti itu pada menu makan akan menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuhmu. Alhasil, lemak yang terbakar di dalam tubuh akan maksimal. Penentuan lemak, protein, dan karbohidrat yang akan masuk ke dalam tubuhkamu juga tidak boleh asal pilih. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan protein dengan memilih bahan makanan yang mengandung omega-3. Dengan memenuhi kebutuhan omega-3, kamu tidak hanya mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tetapi juga meningkatkan kemampuan otak terutama kecerdasan bayi yang kamu susui.

3. The Fresh Diet

Tips diet lainnya yaitu memilih, menggunakan dan mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat. Artinya, kamu harus mengurangi penggunaan minyak, gula, garam, atau penyedap lainnya saat mengolah bahan makanan. Menjaga kesegaran pada makanan adalah kunci berhasil menurunkan berat badan dengan diet jenis ini. Selain itu, waktu makan yang disarankan yaitu 6 kali dalam sehari atau dengan kata lain setiap 4 jam sekali kamu boleh memakan makanan sehat tersebut.

4. Eat Right For Blood Type

Tips diet lainnya yang patut kamu coba yaitu mengonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darahmu. Apa maksud dari diet tersebut? Setiap golongan darah seseorang memiliki kebutuhan jenis makanan dan asupan yang cukup unik satu sama lain. Sebab, terkadang kemampuan tubuh dengan golongan darah tertentu memiliki cara tersendiri dalam mengubah kandungan pada makanannya. Kamu bisa berkonsultasi dengan ahli gizi terdekat atau yang telah dipercaya.

Apapun tips diet yang kamu pilih, yang terpenting adalah seberapa konsisten kamu menjalankannya. Sangat dibutuhkan ketekunan dalam melakukan jenis diet apapun. Jangan lupa pula untuk selalu melakukan cek kesehatan agar tubuh terkontrol secara medis. Jangan enggan menanyakan saran kepada dokter untuk mendapatkan rekomendasi porsi atau daftar makanan yang sesuai dengan keadaan tubuhmu.

instal aplikasi prosehat

Referensi : babble.com/body-mind/best-diets-for-post-baby-body/

WhatsApp Asisten Maya saja