Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

4 Resep Menu Sarapan Praktis yang Bisa Dicontek

Sarapan adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan bahkan berguna sebagai sumber tenaga kita sepanjang hari. Oleh karena itulah banyak orang tua yang mengingatkan anaknya untuk tidak melewatkan hal yang satu ini agar mereka bisa beraktivitas dengan optimal dalam sehari. Lalu, apakah ada manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi sarapan setiap hari?

Tentu saja ada! Bukan hanya berfungsi sebagai sumber energi, mengonsumsi sarapan juga baik untuk mereka yang sedang menjalani program diet. Lho kok bisa? Sarapan berfungsi untuk menekan rasa lapar dan hal ini berarti kita akan mengurangi nafsu makan kita bahkan mengurangi intensitas menyemil kita sepanjang hari. Sarapan juga berfungsi untuk menjaga bahkan menguatkan metabolisme tubuh kita sehingga ampuh untuk melindungi badan kita dari terserang berbagai penyakit. Satu lagi manfaat yang tidak boleh kita lupakan dengan mengonsumsi sarapan adalah meningkatkan kerja otak dan hal ini berarti membuat kita mampu untuk fokus sepanjang hari; bahkan meningkatkan performa kita di sekolah ataupun lingkungan kerja.

Lalu, sebenarnya bagaimana sih porsi sarapan yang baik? Pertanyaan yang satu ini sering kali ditanyakan mengingat waktu yang tersedia untuk mengonsumsi sarapan sangatlah terbatas. Apakah ada tips dan trik yang bisa kita lakukan untuk membuat sarapan bergizi? Tentu saja ada! Bahan makanan apa saja ya yang bisa kita olah menjadi sarapan bermanfaat untuk semua anggota keluarga?

Daripada semakin penasaran, berikut resep makanan pratis yang bisa kamu contek:

1. Omelet tomat

Omelet adalah salah satu jenis makanan yang menjadi favorit untuk sarapan karena membuat makanan yang satu ini sangatlah mudah dan praktis alias tidak memerlukan waktu lama untuk menghidangkannya. Kita bisa mencampurkan tomat pada omelet ini sehingga sarapan kita semakin bergizi. Membuat omelet tomat ini sangatlah mudah, di mana bahan-bahan yang kita butuhkan adalah 2 buah tomat yang sudah dipotong kecil-kecil, 3 butir telur yang dikocok lepas, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, serta gula dan garam secukupnya.

Pertama-tama kita perlu menumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi lalu menambahkan tomat beserta garam dan gula yang akan kita aduk hingga rata. Setelahnya kita bisa memasukkan telur kocok dan diaduk hingga rata lalu bisa kita sajikan dan kita nikmati bersama keluarga tersayang.

2. Chocochip Oats

Siapa sih di antara kita yang suka mengonsumsi oatmeal? Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang saat ini cukup dicari oleh masyarakat karena banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan yang satu ini. Tahukah kalian jika kita bisa mengolah oatmeal menjadi sarapan menyehatkan dan pastinya sangatlah praktis untuk dilakukan. Bahan yang kita butuhkan untuk membuat chocochip oats ini adalah 250 gram brown sugar, 100 gram butter, 1 butir telur ayam, 175 gram tepung terigu protein rendah, 150 gram oat, 100 gram chococips, 1 sendok teh baking powder, vanila esktrak serta garam secukupnya.

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengocok butter dan brown sugar hingga rata yang setelahnya bisa kita tambahkan telur dan vanili lalu kembali kita kocok hingga rata. Setelah dirasa cukup rata, kita bisa menambahkan tepung dan baking powder yang perlu kita aduk hingga rata sebelum dimasukkan oat, chocochips, serta garam. Setelah semua adonan rata, kita perlu menata adonan pada loyang dengan bentuk bulat besar dan sebaiknya kita beri jarak antara satu adonan dengan adonan lainnya karena adonan akan mengembang. Adonan perlu kita panggang pada suhu 160 hingga 170 derajat celcius selama 10 atau 15 menit yang pastinya hingga cookies matang.

3. Smoothie yogurt dan buah berry

Siapa bilang jika kita harus makan makanan berat ketika sarapan? Apakah buah juga cukup untuk memenuhi kebutuhan sarapan kita? Tentu saja bisa! Buah adalah salah satu hal yang tidak boleh kita lupakan dalam keseharian kita karena buah memiliki banyak manfaat yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Kita bisa memadukan buah dengan yogurt, yaitu olahan susu yang kaya kalsium dan pastinya juga baik untuk kesehatan kita. Cara membuat smoothies yang satu ini pun sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan 8 buah berry, yogurt rendah lemak 300 ml, 1 buah pisang, serta 200 ml susu putih yang juga rendah lemak. Kita juga bisa menambahkan es batu sehingga smoothies ini semakin nikmat untuk dinikmati.

4. Roti isi telur keju

Roti adalah salah satu jenis makanan yang sering dihidangkan ketika sarapan karena cara mengolahnya yang praktis dan cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis makanan lainnya. Kali ini kita akan memadukan roti dengan keju yang pastinya akan disukai anak dan tidak lupa keju memiliki banyak manfaat untuk kita. Bahan yang kita butuhkan untuk membuat hidangan yang satu ini adalah 2 butir telur, 4 sendok makan keju parut, 2 sendok makan susu putih plain, ΒΌ sendok teh garam dan lada, 3 sendok teh mentega, serta 4 lembar roti kupas.

Terlebih dahulu kita perlu mengocok telur, susu, lada, dan garam dalam mangkok hingga lembut lalu kita bisa memasaknya pada teflon yang sudah diolesi mentega sebelumnya. Setelah telur ini berubah warna menjadi kuning, kita bisa menggunakannya sebagai isi pada roti tawar. Jangan lupa untuk memanggang roti dengan parutan keju di atasnya, dan kita perlu menunggu roti hingga berubah menjadi kecoklatan sebelum siap untuk dihidangkan.

Itu tadi adalah beberapa resep menu sarapan praktis yang bisa kita coba kapan saja. Pastinya sudah tidak bingung lagi kan untuk membuat sarapan apa yang cocok untuk keluarga? Jangan lupa untuk menyertakan buah dan sayuran agar badan tetap fit ya!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja