Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

4 Olahraga tepat hilangkan stres berat

olahraga-penghilang-stress

Olahraga merupakan kegiatan yang harus rutin dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tetapi, manfaat olahraga bukan hanya itu, karena beberapa olahraga ternyata bermanfaat menghilangkan stres yang mengendap di pikiran seseorang.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Berolahraga Saat Pandemi Corona

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres. Ketika Anda berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin, yang merupakan hormon yang melawan stres.

Studi menunjukkan bahwa olahraga sangat efektif dalam mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, dan untuk meningkatkan fungsi kognitif secara keseluruhan.

Ketika stres mempengaruhi otak, tubuh juga terpengaruh dengan hal ini. Sebaliknya ketika tubuh anda baik, maka pikiran anda juga akan baik. Seperti yang dikatakan diatas, olahraga dan aktifitas fisik memproduksi hormon endorphin,  zat kimia di otak yang bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami  dan juga meningkatkan kemampuan untuk tidur, yang pada akhirnya mengurangi stres. Berikut adalah jenis olahraga yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan stress anda.

Yoga

Yoga adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat. Dengan melakukan yoga, postur tubuh anda yang kurang tegap bisa menjadi normal kembali. Namun tidak dipungkiri lagi salah satu khasiat yoga yang paling terkenal adalah untuk mengurangi stres Anda.

Bersepeda

Selain menyehatkan, ternyata bersepeda juga mampu menghilangkan stres.  Dengan bersepeda secara tidak langsung kita dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan menikmati udara segar. Bersepeda juga dapat menstimulasi kerja zat kimia di dalam otak yang langsung berperan dalam mengendalikan mood. Bonus dari semua itu adalah kesehatan. Tentunya dengan kehadiran sepeda fixie juga sangat menunjang aktivitas bersepeda para penggemarnya.

Baca Juga: Tren Bersepeda di Masa Pandemi, Apa Saja Tipsnya?

Tai Chi

Dengan gerakan-gerakan tai chi yang lembut, olahraga ini tidak hanya tepat bagi mereka yang sudah lansia, tapi juga bagi mereka yang ingin menghilangkan stress.
Seperti latihan penyelarasan tubuh dan pikiran lainnya, tai chi mampu meredam stress. Selama tai chi, pikiran Anda akan terpusat pada gerakan dan pernafasan. kombinasi ini akan membantu Anda mencapai relaksasi.

Mixed Martial Art

Karate, Kungfu, Taekwondo atau olahraga pertahanan tubuh memberikan sejumlah manfaat bagi mereka yang memilih ini sebagai cara untuk menghilangkan stres. Ini sangat meningkatkan percaya diri, kewaspadaan, fokus, dan perhatian Anda. Anda bisa mengeluarkan emosi karena stres, dan Andapun akan merasa santai saat setelah berolahraga.

Adapun latihan lain yang mudah untuk dilakukan sehari hari adalah :

  • Jogging, berjalan, atau menari tiga sampai lima kali seminggu selama 30 menit.
  • Lebih baik Anda berolahraga rutin setiap hari selama 10-20 menit daripada anda menunggu akhir pekan untuk berolahraga selama 3 jam penuh. Banyak data ilmiah menunjukkan bahwa frekuensi lah yang paling penting.
  • Cari bentuk latihan yang menyenangkan. Orang ekstrovert biasanya berolahraga yang bersifat team seperti sepakbola, basket dan voli. Orang yang lebih introvert biasanya lebih memilih olahraga solo seperti lari, bersepeda.

Apabila Sobat memerlukan informasi lebih lanjut mengenai stres, silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

http://www.everydayhealth.com/exercise-photos/exercises-that-relieve-stress.aspx

http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/exercise-and-stress/art-20044469

https://www.adaa.org/living-with-anxiety/managing-anxiety/exercise-stress-and-anxiety

http://tryata.com/martial-arts-helps-reduce-stress/

Chat Asisten Maya
di Prosehat.com