Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Panduan Asupan Gizi Anak agar Tumbuh Optimal

Ingin agar anak Anda berprestasi di sekolah? Cobalah makanan berikut. “Makanan yang bernutrisi bagi otak” akan dapat membantu meningkatkan perkembangan otak anak, serta meningkatkan fungsi, memori, dan konsentrasi otak. Faktanya, otak merupakan organ yang sangat lapar – organ tubuh yang pertama kali akan mengabsorbsi nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. “Cobalah mengonsumsi junk food, dan otak akan menderita,” kata Bethanny Thayer, MS, RD, ahli nutrisi Detroit dan juru bicara American Dietetic Association (ADA). Anak yang sedang tumbuh dan berkembang akan membutuhkan berbagai jenis nutrisi. Inilah 10 asupan gizi berikut akan membantu anak untuk tubuh optimal,

Ikan Salmon

daging ikan salmon segar

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3, yaitu DHA dan EPA – keduanya berperan penting pada perkembangan dan fungsi otak. Faktanya, penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak DHA dan EPA akan memiliki pemikiran yang lebih tajam dan lebih baik dalam uji kemampuan mental. Sementara itu, tuna juga merupakan sumber omega 3, meskipun tidak sekaya salmon. Tuna juga merupakan sumber yang baik untuk protein. Selain itu, albacore “white” tuna memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi dibandingkan tuna dalam kaleng. Oleh karena itu, EPA menyarankan agar konsumsi albacore tuna tidak lebih dari 6 ons per minggu.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik, bahkan kuning telur seringkali kaya akan kolin, yang akan membantu perkembangan memori anak. Telur sangat baik untuk dikonsumsi dalam makanan sehari-hari anak agar anak lebih cerdas dan pintar.

Baca Juga: 8 Makanan Untuk Jantung Bengkak

Mentega kacang

Kacang dan mentega kacang merupakan sumber vitamin E yang baik, antioksidan poten, yang akan membantu melindungi membran saraf. Selain itu, kacang juga mengandung tiamin yang akan membantu sistem saraf dan otak yang memanfaatkan glukosa sebagai sumber energi. Bahkan, mentega kacang juga kaya akan asam lemak tidak jenuh yang memberikan energi dan protein bagi anak.

Biji-bijian

Otak membutuhkan suplai glukosa yang konstan. Serat dalam biji-bijian akan membantu meregulasi pelepasan glukosa di dalam tubuh. Biji-bijian juga mengandung vitamin B yang akan memberikan nutrisi pada sistem saraf orang sehat.

Daging sapi tanpa lemak (atau daging lain yang serupa)

Zat besi merupakan mineral penting yang akan membantu anak untuk tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik dari zat besi. Faktanya, hanya 1 ons per hari akan membantu tubuh mengabsorbsi zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung zink, yang akan membantu peningkatan memori.

Sereal gandum

Sereal adalah salah satu makanan yang terkenal di kalangan anak-anak dan sangat bernutrisi. Sereal adalah sumber energi terbaik yang berfungsi sebagai bahan bakar otak yang dibutuhkan anak pertama kali di pagi hari. Sereal banyak mengandung serat dan dapat menjaga otak anak pada pagi hari di sekolah. Sereal juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, kalium, dan zink yang baik dan akan membantu fungsi tubuh dan otak hingga optimal.

Buah Beri

Contoh buah beri adalah strawberry, cherry, blueberry, blackberry. Semakin intens warnanya, maka semakin banyak nutrisi yang terkandung di dalam beri. Beri meningkatkan kadar antioksidan, khususnya vitamin C, yang akan membantu mencegah terjadinya kanker. Studi menunjukkan bahwa akan terjadi peningkatan memori dengan ekstrak blueberry dan strawberry. Biji buah beri merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: 10 Makanan Pencegah Kanker Serviks

 

Susu, yoghurt, dan keju

Produk susu yang dikemas dengan protein dan vitamin B – berperan penting dalam perkembangan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yoghurt menyediakan protein dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh – sumber energi pilihan bagi otak. Penelitian membuktikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan 10 kali lebih banyak dari dosis vitamin D.

Direkomendasikan vitamin yang akan memberikan manfaat bagi sistem neuromuscular dan siklus hidup sel manusia. Susu merupakan sumber kalsium dan fosfor yang penting bagi perkembangna tulang dan otot. Susu kaya lemak sebaiknya diberikan bagi anak Anda. Meskipun anak Anda mengalami obesitas, dia akan membutuhkan energi ekstra untuk bertumbuh. Selain itu, keju juga mengandung protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang baik untuk perkembangan tulang.

Sayuran berwarna

Tomat, kentang manis, labu, wortel, bayam merupakan sumber sayuran yang kaya nutrisi dan memiliki berbagai variasi warna, serta dapat menjadi sumber pilihan antioksidan terbaik untuk menjaga sel otak tetap kuat dan sehat. Sayuran berwarna yang telah disebutkan mengandung nutrisi beta karoten dan karotenoid yang tinggi yang akan dikonversi menjadi vitamin A aktif di dalam tubuh. Vitamin A berperan untuk kulit dan penglihatan, serta perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh.

Baca Juga: 10 Jenis Buah dan Sayur yang Baik Untuk Nutrisi Otak Anak

Sayur Brokoli

Brokoli kaya akan nutrisi yang akan membantu optimisasi perkembangan mata dan membuang sel yang telah rusak dari dalam tubuh. Brokoli juga menyediakan banyak serat yang akan membantu pencernaan dan mencegah konstipasi sang anak.

Nah, itulah contoh dari asupan gizi anak agar tumbuh optimal yang perlu diberikan bagi sang buah hati Anda. Jangan lupa untuk selalu mengombinasikan berbagai jenis makanan setiap hari agar anak tidak merasa bosan dengan makanannya.

instal aplikasi prosehat

Daftar Pustaka

  • Ee J. 10 foods for the growing child. [Internet]. Available at: healthxchange.sg/children/food-nutrition/healthy-food-growing-children (10.12.18)
  • Davis JL. Top 10 brain food for children. [Internet]. Available at: webmd.com/parenting/features/brain-foods-for-children#1(10.12.18)

WhatsApp Asisten Maya saja