Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Obat Herbal Obesitas yang Layak Dicoba

Obesitas masih menjadi momok di banyak negara, termasuk Indonesia. Data terakhir menunjukkan bahwa Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara berpenduduk gemuk terbanyak. Wow!

Obesitas disebabkan terutama oleh peningkatan konsumsi makanan berkalori tinggi. Selain itu, faktor-faktor seperti pola hidup yang tidak aktif, stres, genetis (memiliki bakat gemuk), dan meningkatnya daya beli masyarakat juga menjadi pemicu konsumsi makanan secara berlebihan yang mengakibatkan tingginya angka kegemukan. Salah satu cara untuk mengatasi obesitas adalah melakukan diet sehat dan mengubah pola hidup. Namun, selain itu, ada beberapa obat herbal obesitas yang bisa Anda coba.

Obesitas Bila…

Nah, sebelumnya, cari tahu dulu apakah Anda termasuk obesitas? Langkah sederhana, coba lihat perut Anda, apakah membuncit? Entah karena kebetulan atau tidak, tapi kebanyakan pria setelah menikah, berat badan-nya perlahan-lahan akan naik. Jika tidak diseimbangkan dengan pola hidup sehat, lama-lama perut pun akan melebar dan membuncit, hehe.. Nah, normalnya, lingkar pinggang berada di ukuran 90 cm. Jika lebih dari itu, bisa jadi pertanda Anda berada di tahap kelebihan berat badan yang nantinya bisa berujung pada obesitas.

Untuk pengukuran yang akurat, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), dikatakan obesitas apabila seseorang memiliki Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) di angka 30 atau lebih. Di bawah angka tersebut, masih dianggap sebagai kelebihan berat badan biasa. Namun, tetap saja, risikonya bisa mengarah pada masalah kesehatan yang serius.

Adapun rumus untuk menghitung BMI adalah: Berat Badan (kg) / [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]. Contoh, berat badan Anda 95 kg dengan tinggi badan 175 cm (1,75 m). Maka, BMI = 95 / (1.75 x 1.75) = 95/3.06 = 31 (obesitas). Namun, angka BMI untuk obesitas di Indonesia dan negara Asia lain lebih rendah dari itu. Menurut Departemen Kesehatan RI, seseorang dikategorikan obesitas bila BMI berada di angka 27 atau lebih.

Tanaman Obat Herbal

Jangan sepelekan obesitas. Pria yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, risiko memiliki polip kolorektal yang akhirnya bisa menjadi kanker, dan penyakit lain.

Selain itu, obesitas terutama adanya penumpukan lemak di daerah perut, bisa berpengaruh pada fungsi seksual pria. Sebab, kemampuan tubuh untuk memasok darah ke bagian penis terganggu sehingga menyebabkan produksi hormon testosteron menurun. Bahkan, dalam beberapa kasus impotensi, ditemukan ada kaitannya dengan obesitas ini.

Nah, Sobat, tunggu apalagi. Yuk, pangkas lemak yang menumpuk di tubuh. Seperti yang disebutkan, ada 10 obat herbal obesitas yang bisa Anda coba sebagai terapi menurunkan berat badan, murah dan bermanfaat.

Berikut 10 obat herbal obesitas yang perlu dicoba:

1. Jeruk Nipis

Ambil buah jeruk nipis. Peras, ambil sarinya lalu campurkan dengan air hangat dan segera diminum. Selain kaya dengan vitamin C dan antioksidan, jeruk nipis mengandung senyawa kimia seperti limonen, linalin asetat dan asam sitrat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Jeruk nipis bisa dimasukkan dalam menu program diet sehat Anda.

2. Teh Hijau

Dibandingkan jenis teh lainnya, teh hijau mengandung Epigalo Katekin Galat (EGCG) yang memberi banyak antioksidan. Kadar EGCG yang tinggi dapat meningkatkan laju kecepatan metabolisme pada tubuh dan menurunkan kolesterol sehingga efektif menghancurkan obesitas. Teh hijau termasuk ke dalam obat herbal dan tidak memiliki efek samping. Seduhlah dan minum teh hijau secara teratur pada pagi dan malam hari.

3. Temu Lawak

Tak hanya berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti radang lambung, liver, ginjal, hepatitis, temu lawak juga bisa dijadikan obat penurun berat badan. Kandungan dalam temu lawak yang bernama latin Curcumin xanthorriza ini dapat membantu menghancurkan lemak dalam tubuh. Selain itu, temu lawak juga kaya akan karbohidrat sehingga membuat perut terasa lebih kenyang. Nafsu makan menjadi lebih terkendali sehingga porsi nasi yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang. Caranya, ambil beberapa rimpang temu lawak, bersihkan dengan air lalu parut. Rebus dengan 1-2 gelas air hingga mendidih. Saring airnya, tambahkan madu secukupnya, aduk rata dan siap untuk diminum.

4. Daun Jati Belanda

Daun jati belanda atau Guazuma ulmifoli berkhasiat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Sebab, tumbuhan ini mengandung senyawa aktif tanin yang mampu menyerap karbohidrat atau lemak dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, daun jati Belanda juga mengandung serat yang mampu menghambat penyerapan lemak, gula dan kolesterol serta melancarkan proses metabolisme tubuh.

Siapkan 7 helai daun jati Belanda. Boleh ditambahkan 7 lembar daun tempuyung. Cuci bersih lalu rebus ke dalam 110 ml air selama 15 menit dengan api kecil hingga mendidih. Bisa pula diseduh dalam air panas. Minum selagi hangat 1 x sehari dan diulang selama 30 hari atau sepanjang Anda butuhkan.

5. Buah Delima

Delima atau Punica granatum kaya akan antioksidan, polifenol dan asam linolenat terkonjugasi yang bermanfaat membakar lemak dan meningkatkan metabolisme. Selain bagus untuk menurunkan berat badan, buah delima juga sangat baik untuk kulit. Anda bisa memakan buah delima langsung atau dibuat jus tanpa gula. Minum jus delima juga membantu menekan nafsu makan.

6. Bunga Rosella

Tanaman bunga rosella (Hisbiscus sabdariffa) yang berasal dari benua Afrika ini aslinya digunakan sebagai bunga hias. Namun, kandungan nutrisi seperti vitamin C yang sangat tinggi, vitamin A, 18 jenis asam amino, protein, kalsium, membuat rosella kini diolah menjadi makanan atau minuman kesehatan. Salah satunya adalah berfungsi sebagai obat herbal untuk menurunkan berat badan. Beberapa nutrisi dalam bunga rosella bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, meluruhkan lemak dan melangsingkan tubuh. Anda bisa mengolah bunga rosella menjadi teh dengan cara menyeduhnya ke dalam air panas. Atau, bisa pula dijadikan salad dengan memakai kelopak bunga rosella yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain.

7. Kulit Buah Manggis

Tak hanya buahnya, kulit buah manggis (Garcinia mangostana L) juga bisa dikonsumsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta meningkatkan aktivitas enzim lipoprotein lipase untuk memecah LDL (low density lipoprotein) menjadi asam lemak dan gliserol. Akibatnya, kadar LDL menurun dan kadar HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik meningkat. Kulit manggis juga berkhasiat untuk membantu menghancurkan lemak dalam tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kulit buah manggis, ya.

8. Lobak

Tanaman lobak yang punya nama latin Raphanus raphanistrum subsp. sativus adalah jenis umbi-umbian. Bentuknya panjang seperti wortel, namun isi dan kulitnya berwarna putih, bukan oranye. Lobak juga kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Adanya kadar gula darah yang stabil menurunkan risiko terjadinya penumpukan kolesterol dan kejadian obesitas.

Anda bisa mengolah lobak menjadi berbagai makanan lezat, seperti salad, sashimi, sup, ataupun dimasak dengan cara ditumis. Lobak putih ini di Korea sangat sering dijadikan sebagai salah satu bahan sayuran dalam membuat kimchi,yaitu sayuran yang difermentasi dengan tambahan saus cabai dan garam.

Penelitian dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research pada orang obesitas menyebutkan bahwa konsumsi kimchi mampu menunjukkan peningkatan aktivitas metabolik. Konsumsi kimchi secara rutin bisa menurunkan risiko obesitas. Selain diolah menjadi makanan, lobak juga bisa Anda olah sebagai minuman dengan dijadikan jus.

9. Licorice

Licorice atau akar manis juga bisa dijadikan obat herbal dalam mengatasi obesitas. Penelitian menemukan bahwa minyak flavonoid dari licorice sangat membantu dalam mengurangi lemak tubuh secara total. Orang yang mengonsumsi 900 mg minyak flavonoid secara rutin selama 8 minggu, berat tubuhnya secara signifikan turun. Tak hanya itu, licorice juga bisa membuang kandungan trigliserida yang berlebih dalam darah dan jantung sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tak heran kalau licorice dianjurkan oleh para ahli gizi untuk dikonsumsi saat menjalani program diet.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera memang banyak sekali manfaatnya. Tak hanya bagus untuk kesehatan kulit dan rambut, mengonsumsi lidah buaya ternyata juga membantu dalam menurunkan berat badan. Lidah buaya mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan untuk memerangi radikal bebas dan merupakan sumber protein yang baik untuk perkembangan otot. Mengonsumsi lidah buaya secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berimbas pada penurunan berat badan. Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen diet, atau minuman jus.

Makanan dan Minuman yang Dianjurkan

Itulah 10 obat herbal obesitas yang bisa Anda coba. Tanaman herbal di atas, selain bisa dikonsumsi langsung, kini juga banyak diolah menjadi suplemen untuk menurunkan berat badan. Selain obat herbal diabetes, Sobat juga perlu mengatur pola makan menjadi lebih sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda terapkan dalam rangka melawan obesitas:

  • Biasakan sarapan sehat yang mengandung biji-bijian seperti beras merah, barley, gandum yang membuat perut Anda cepat kenyang tapi dengan sedikit kalori. Bahan-bahan makanan ini juga dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Sangat pas untuk dijadikan menu diet sehat.
  • Saat makan, jangan terburu-buru. Nikmati kunyahan dan makanlah dengan lambat. Cara ini membantu otak untuk mengirim sinyal pada tubuh untuk tidak makan berlebihan dan membuat Anda cepat kenyang.
  • Batasi konsumsi gula atau makanan/minuman manis. Gantilah gula dengan air putih yang dicampur lemon, mint, atau stroberi beku untuk rasa yang menyenangkan atau infused water.
  • Perbanyak makan buah dan sayur yang tinggi serat
  • Jangan makan dengan porsi berlebihan
  • Lakukan olahraga secara teratur, misalnya renang, joging, bersepeda, jalan kaki, atau sekadar naik-turun tangga di rumah atau kantor.

Nah, sobat, demikian 10 obat herbal obesitas yang bisa Anda coba. Semoga berhasil dalam memerangi obesitas. Disiplin dan jangan menyerah, adalah kunci sukses untuk bebas dari kegemukan. Semoga berhasil!

Jangan lupa akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat untuk mendapatkan segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan, termasuk produk herbal untuk membantu menurunkan berat badan. Info lebih lanjut bisa menghubungi Asisten Kesehatan Maya melalui Telp/SMS /WhatsApp: 0811-18-16-800 sekarang juga!

instal aplikasi prosehat

Referensi:
1. Food 1, Loss 1, Food N, Articles: R, Weight? B, Kilos O et al. 10 Fat Burning Juices You Must Have for Quick Weight Loss [Internet]. NDTV Food. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: food.ndtv.com/health/10-juices-you-must-have-for-quick-weight-loss-1669424
2. Ini Alasannya Mengapa Teh Hijau Efektif Hancurkan Obesitas – Tribunnews.com [Internet]. Tribunnews.com. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: tribunnews.com/kesehatan/2014/02/10/ini-alasannya-mengapa-teh-hijau-efektif-hancurkan-obesitas
3. Cara Mengolah Daun Jati Belanda, Resep Membuat Ramuan Teh [Internet]. Jamuin. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: jamuin[dot]com/2017/11/cara-mengolah-daun-jati-belanda-resep.html
4. Riza U. 7 Khasiat Rosella Untuk Diet Sehat Alami dan Aman di Konsumsi – Diet0Sehat.co.id [Internet]. DietSehat.co.id. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: dietsehat(dot)co(dot)id/khasiat-rosella-untuk-diet
5. Irawan F, Irawan F. Jus Kulit Buah Manggis untuk Mengobati Kolesterol | Deherba.com [Internet]. Deherba.com. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: deherba.com/jus-kulit-buah-manggis-untuk-mengobati-kolesterol.html
6. Putih T. Ternyata Ini Manfaat Lobak Putih [Internet]. Prfmnews.com. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: prfmnews.com/berita.php?detail=ternyata-ini-manfaat-lobak-putih
7. Kusumaningrum F. 3 Pengobatan tradisional ini jadi musuh besar obesitas | merdeka.com [Internet]. merdeka.com. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: merdeka.com/sehat/3-pengobatan-tradisional-ini-jadi-musuh-besar-obesitas.html
8. Surgicare O. New study: Obese men more likely to have certain cancer risks — Prime Surgicare, Monmouth County, NJ [Internet]. Prime Surgicare. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: primesurgicare.com/obese-men-likely-to-have-certain-cancer-risks/
9. 12 Cara Mengatasi Obesitas Secara Alami [Internet]. Detox Pelangsing. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: detoxpelangsing.com/12-cara-mengatasi-obesitas-secara-alami/
10. klinik k, klinik k. kabar klinik: Cara Mengatasi Obesitas dengan Terapi Alami [Internet]. kabar klinik. 2018 [cited 20 August 2018]. Available from: kabarklinik.com/2018/01/cara-mengatasi-obesitas-secara-alami.html

WhatsApp Asisten Maya saja