Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Menu Diet Sehat yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih memang cukup menganggu penampilan Anda. Hal ini dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Selain itu, berat badan yang berlebihan atau obesitas juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit tertentu, seperti, diabetes bahkan jantung. Oleh karena itu, memang sangat penting sekali untuk menjaga berat badan kita agar tidak berlebihan.

Anda harus selalu menjaga pola makan sehat Anda dan juga berolahraga secara rutin setiap harinya agar berat badan tetap ideal. Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki berat badan yang berlebih, maka Anda harus menerapkan pola makan sehat atau  gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, menjauhkan diri dari rokok dan juga minuman beralkohol. Makanan yang kita konsumsi sangat berperan penting sekali dalam menaikkan atau menurunkan timbangan Anda.

Berikut ini beberapa menu diet sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan :

  1. Smoothies dan aneka buah – buahan

Smoothies ini adalah beberapa jenis buah – buahan yang dihaluskan bersamaan dengan yogurt. Tentunya kandungan nutrisi nya sudah tidak diragukan lagi. Buah – buahan yang biasa digunakan dalam membuat smoothies ini biasanya, pisang, stroberi, alpukat, dan kiwi, yang memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan zat gizi lainnya yang sangat banyak. Kandungan vitamin C dan juga serat pada buah – buahan, sangat berperan penting dalam menurunkan berat badan, ditambah lagi dengan campuran yogurt di dalamnya. Yogurt dipercaya dapat menyehatkan usus sehingga pencernaan pun lancar dan tidak ada lagi lemak – lemak yang menumpuk. Anda dapat menjadikan smoothies ini sebagai menu sarapan harian Anda, selain menyehatkan juga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Baca Juga: 7 Menu Diet Karbo Untuk Membantu Dietmu

  1. Salad buah dan sayur

Salad, baik itu salad buah atau sayur, dapat menjadi menu pilihan Anda selanjutnya dalam menurunkan berat badan. Salad buah atau sayur dengan diberi tambahan minyak zaitun atau dapat pula dengan menggunakan yogurt. Buah atau sayur serta tambahan minyak zaitun atau yogurt di atas nya, sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Hal ini akan membuat pencernaan menjadi lancar dan berat badan pun akan turun. Anda dapat menjadikan salad buah atau sayur ini sebagai cemilan sehat atau bisa juga sebagai sarapan Anda.

  1. Omelete

Omelete ini selain nikmat juga kandungannya kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh juga mampu membantu mengurangi berat badan berlebih. Kandungan di dalamnya yang kaya akan protein serta serat sangat baik dalam mempertahankan berat badan ideal Anda dan juga menurunkan berat badan yang berlebih. Anda dapat membuat omelete ini dengan campuran daging ayam yang disuwir, ditambah dengan irisan sawi hijau, tomat dan juga brokoli. Sarapan Anda pun menjadi semakin nikmat dan juga sehat.

  1. Oatmeal

Bagi Anda yang memang sedang berencana menurunkan berat badan Anda, dianjurkan untuk mengganti karbohidrat Anda dengan karbohidrat kompleks seperti yang terkandung dalam oatmeal ini. Pasalnya, karbohidrat kompleks ini mengandung serat tinggi dan glukosa yang rendah, yang tentunya sangat baik ditambahkan dalam menu sehat Anda dan juga menu untuk menurunkan berat badan Anda. Sebuah penelitian dari California menunjukkan, bahwa orang – orang yang sarapan dengan oatmeal setiap harinya, terbukti memiliki Indeks Massa Tubuh lebih rendah. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mengganti sarapan Anda dengan karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada oatmeal.

  1. Nasi merah

Bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, Anda tetap dapat mengonsumsi nasi setiap harinya. Namun, tentu saja akan menjadi lebih baik jika nasi putih Anda diganti dengan nasi merah. Kandungan serat nya yang tinggi dan juga glukosa yang rendah, tentunya sangat baik untuk kesehatan dan juga sangat membantu dalam menurunkan berat badan berlebih Anda.

  1. Apel

Kandungan vitamin dan juga serat yang terdapat pada buah apel sangat baik jika dikonsumsi rutin. Selain baik untuk kesehatan, juga sangat mendukung usaha menurunkan berat badan Anda. Kemudian, kandungan kalori dan juga glukosanya rendah, sehingga dapat dijadikan sebagai menu cemilan sehat Anda yang tentunya tidak membuat gemuk, bahkan membantu menurunkan berat badan Anda. Mulai sekarang, ganti cemilan keripik Anda dengan buah apel yuk!

  1. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan kandungan lemak yang rendah. Sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Jadi, meskipun Anda sedang melakukan program penurunan berat badan, Anda tidak perlu takut akan kekurangan nutrisi.

Baca Juga: 7 Menu Resep Rendah Kalori

  1. Pepes ikan

Ikan merupakan pilihan menu yang tepat bagi Anda yang sedang menginginkan penurunan berat badan, pasalnya ikan ini kandungan lemak nya rendah, tapi kandungan nutrisi penting lainnya cukup tinggi, seperti protein, omega 3 dan yang lainnya. Sehingga sangat baik sekali bukan? Pepes ikan dapat dijadikan menu diet sehat, baik itu untuk menurunkan berat badan maupun untuk kesehatan tubuh.

  1. Ayam kukus

Ayam merupakan menu sehat yang dapat ditambahkan pada menu harian Anda. Hal ini karena daging ayam juga memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan. Anda dapat mengolahnya menjadi ayam kukus untuk menu sehat Anda.

  1. Kacang – kacangan

Pilihan menu camilan Anda berikutnya yang sehat dan juga membantu dalam menurunkan berat badan Anda yaitu kacang – kacangan. Jangan lupa untuk mengganti cemilan keripik dan coklat Anda dengan cemilan sehat seperti kacang – kacangan ini.

Itu dia beberapa menu diet sehat yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Selamat mencoba!

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja