Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Sehat Untuk Jantung yang Bisa Kamu Coba

Memilih makanan sehat untuk jantung adalah hal yang penting untuk dilakukan, terutama bagi kamu yang sudah memasuki rentang usia 30-40 tahun. Padatnya jadwal pekerjaan sehari-hari, belum lagi harus membagi waktu antara kantor dan keluarga, terkadang membuat kita mengabaikan faktor kesehatan jantung, yang tanpa kita sadari terus bekerja tanpa henti demi mendukung aktivitas kita setiap harinya.

Belum lagi ditambah pola hidup yang tidak sehat, jam makan yang tidak teratur, terlalu sering makan makanan fast food, kopi, alkohol, rokok, semuanya adalah faktor yang apabila dibiarkan akan dapat membahayakan kondisi jantung.

Coba bayangkan apabila jantung yang setiap hari bekerja untuk memastikan kegiatan kita berjalan lancar tersebut melemah kondisinya karena asupan-asupan tidak sehat yang kita konsumsi. Tentunya akan fatal, dan bahkan dapat menyebabkan fungsi jantung berhenti sama sekali, atau dengan kata lain, kematian.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mulai memilih serta mengonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk jantung agar kita dapat terus menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik, dan terus dapat menghabiskan waktu dengan keluarga yang kita cintai.

Secara umum, jenis makanan sehat untuk jantung itu adalah makanan yang kaya akan kandungan fitonutrien, yang merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran..

Senyawa fitonutrien diyakini dapat melindungi tumbuhan dari serangan hama pengganggu, kuman, serta fungi alias jamur. Lalu untuk manusia, senyawa ini diyakini akan dapat membantu keseluruhan fungsi tubuh kita berjalan dengan baik.

Selain senyawa fitonutrien, beberapa zat lainnya yang baik untuk jantung adalah Omega-3, flavonoid, dan juga antioksidan.

Berikut ini, kami akan memberikan 10 makanan sehat untuk jantung yang bisa kamu coba:

1. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan fitonutrien, serat, dan air, sehingga akan membuat jantung kita tetap sehat, dan juga akan membuat kita akan cepat merasa kenyang, yang akan berguna untuk mengurangi konsumsi kalori yang berlebihan sehari-harinya.

Cobalah mulai memakan kacang merah hingga tiga cangkir dalam seminggu, guna memperbanyak senyawa fitonutrien yang diserap oleh tubuh sehingga menyehatkan jantung.

2. Beras Merah

Mengonsumsi beras merah setiap harinya akan mengurangi risiko kita terkena penyakit jantung. Hal ini karena kandungan serat, protein, vitamin B, mineral (zat besi, zinc, dan magnesium), dan antioksidan yang ada di dalam beras merah merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh jantung.

3. Bawang Putih

Bawang putih yang aman dikonsumsi sehari-hari dapat berperan sebagai pengganti garam di dalam menu makanan yang kita santap. Tingginya kadar garam yang kita konsumsi, akan semakin meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi (hipertensi), yang kemudian akan dapat memicu terjadinya stroke dan juga penyakit jantung.

4. Buah Strawberry

Buah stroberi ini juga sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena buah ini mengandung antioksidan serta kaya akan serat, sehingga diyakini akan mampu membantu dalam meminimalisir peluang terjadinya penyakit jantung tersebut.

5. Buah Anggur

Selain diyakini dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, buah Anggur juga diduga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan flavonoid dan serat yang ada di dalam Anggur akian dapat membantu dalam mencegah terjadinya kerusakan jantung.

6. Ikan Salmon

Kandungan Omega-3 yang terdapat di dalam ikan salmon, dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung seperti Arrhythmia dan juga hipertensi. Asosiasi Kesehatan Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengkonsumsi 2 ekor salmon setiap minggunya.

7. Ikan Tuna

Sama seperti ikan Salmon, kandungan Omega 3 yang ada di dalam ikan tuna akan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, terutama ikan tuna putih (White Tuna). Ikan tuna bisa dikonsumsi dalam bentuk steak dan sebaiknya jangan menggunakan minyak saat memasaknya supaya tetap sehat bagi jantung.

8. Buah Apel

Menkonsumsi 1-2 Apel juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung karena Apel mengandung fitonutrien dan epicatechin yang juga baik untuk jantung.

9. Teh Hijau

Meminum lima cangkir atau lebih teh hijau setiap harinya diperkirakan akan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Namun di satu sisi, mengonsumsi lebih dari lima cangkir teh hijau setiap hari akan dapat berdampak buruk bagi ginjal, karena akan dapay meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

10. Kacang dan Biji-bijian Utuh

Selain kacang merah dan beras merah yang sudah disebutkan di atas, jenis kacang lainnya serta biji-bijian utuh seperti gandum dan jagung, juga akan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Kacang mengandung fitonutrien seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sementara biji-bijian utuh seperti jagung atau gandum mengandung zat-zat yang berguna seperti pada beras merah.

Sebagai catatan, kita juga sebainya harus mengurangi konsumsi garam supaya menghindari kita dari terkena hipertensi yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Namun tentunya, mengonsumsi makanan-makanan di atas tidaklah cukup dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung apabila tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur, serta mengurangi atau menghindari rokok.

Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan jogging setiap pagi sebelum berangkat ke kantor atau bersepeda atau bahkan cukup dengan berjalan kaki mengitari area perumahan secara rutin setiap harinya sudah cukup untuk menguatkan dan meningkatkan ketahanan jantung.

Semoga 10 makanan sehat untuk jantung yang kami sebutkan di atas dapat membantu kehidupanmu semakin sehat, sehingga kamu bisa terus menjalani aktivitas dan dapat meluangkan waktu bersama istri dan anak tercinta.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
lifestyle.kompas.com/read/2018/06/04/230000120/mengenal-ragam-makanan-sehat-untuk-jantung
webmd.com/heart-disease/ss/slideshow-foods-to-save-your-heart
webmd.com/heart-disease/guide/exercise-healthy-heart#1

WhatsApp Asisten Maya saja