Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Pencegah Kanker Serviks yang Perlu Dicoba

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang menjadi momok untuk banyak orang – karena jenis kanker yang satu ini menjadi faktor penyebab kematian terbesar wanita di seluruh dunia. Lalu, siapa yang bisa mengalami kanker serviks? Jawabannya adalah semua wanita memiliki peluang yang sama, alias penyakit yang satu ini tidak memandang bulu penderitanya. Meskipun begitu, perlu kita tahu jika kanker serviks ini cenderung menyerang wanita yang aktif secara seksual. Di Indonesia setidaknya terjadi kasus 40 kanker serviks setiap harinya dan 25 persen di antaranya tidak tertolong – alias berujung pada kematian.

Lalu, apa yang menandakan kita terserang kanker serviks? Yup, sebagai wanita yang peduli akan kesehatan kita harus tahu apa saja yang menjadi gejala dari suatu penyakit sehingga kita bisa segere memberikan penanganan terhadap penyakit yang kita alami. Segera memberikan penanganan yang tepat adalah langkah yang tepat untuk meminimalisir penyakit bertambah parah atau jutsru dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Namun, sebenarnya apa sih yang menyebabkan timbulnya kanker serviks? Penyebab utama kanker serviks sendiri adalah human papiloma virus (HPV) di mana virus yang satu ini digolongkan menjadi jenis virus ganas karena mudah untuk menular dari satu orang ke orang lainnya.

Bagaimana penyebaran virus HPV ke orang lain? Apakah melalui udara? Atau melalui cairan? Virus HPV sangat mudah ditularkan melalui cairan tubuh dan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Hal ini juga berarti jika mereka yang sering bergonta-ganti pasangan juga lebih berisiko mengalami kanker serviks di kemudian hari. Bukan saja hanya melalui aktivitas seksual, kebersihan kamar mandi yang kurang terjaga juga meningkatkan risiko terserang virus HPV di kemudian hari. Cukup menyeramkan bukan?

Gejala Kanker Serviks

Setelah memahami apa yang menjadi penyebab kanker serviks, maka saatnya kita membahas lebih lanjut mengenai gejala apa saja yang biasanya muncul ketika kanker serviks datang menghantui hidup kita. Sayangnya, berbagai gejala kanker serviks biasanya muncul setelah beberapa saat alias biasanya disadari setelah kanker serviks memasuki tahap parah. Salah satu gejala utama dari kanker serviks adalah terjadinya pendarahan.

Gejala yang satu ini biasanya terjadi ketika kita selesai berhubungan seks atau bahkan bisa terjadi ketika belum memasuki masa menstruasi. Pendarahan juga bisa terjadi ketika kita sudah mengalami menopouse. Selain itu, keluarnya cairan dari vagina yang tidak normal dapat menjadi salah satu tanda kanker serviks. Namun sbenarnya, kanker serviks stadium awal seringkali tidak menunjukkan gejala apapun.

Makanan Pencegah Kanker Serviks

Wah bagaimana? Pastinya terbayang kan apa jadinya jika kanker serviks menyerang kita atau orang yang kita sayang? Pastinya kita tidak mau hal ini terjadi bukan? Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Jawabannya tentu saja dengan memulai pola hidup yang sehat dan kita bisa memulai hal ini dengan mengubah pola makan kita menjadi lebih sehat daripada sebelumnya. Yup, kabar baiknya terdapat beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk mencegah datangnya kanker serviks yang dapat datang kapan saja. Nah daripada semakin penasaran, yuk mending kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis minuman yang saat ini disukai bahkan diburu oleh masyarakat karena banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya. Teh hijau juga sangat efektif untuk mencegah kanker serviks karena memiliki kandungan katekin yang tinggi di mana zat ini melindungi sel dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh hijau juga mampu menekan jumlah urokinase, di mana enzim ini dapat menyebabkan penyebaran sel kanker – terlebih pada penderita kanker serviks.

2. Wortel

Makanan pencegah kanker serviks selanjutnya berasal dari keluarga sayuran, lebih tepatnya kita perlu rutin mengonsumsi wortel. Yup, wortel memiliki kandungan falcarinol yang tinggi di mana zat yang satu ini sangatlah efektif untuk menghambat perkembangan kanker – bahkan juga efektif untuk meminimalisir tumbuhnya penyakit kanker pada tubuh kita. Kita juga bisa mengonsumsi wortel secara mentah ataupun dengan direbus terlebih dahulu yang bisa disesuaikan dengan selera.

3. Brokoli

Makanan pencegah kanker serviks berikutnya masih datang dari sayuran, yaitu brokoli. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang sering dicari karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari brokoli. Mengonsumsi brokoli secara rutin terbukti mampu menghilangkan racun karsinogenik, mencegah perkembangan tumor jinak hingga menjadi tumor ganas dan pastinya mencegah terjadinya penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya. Sebaiknya kita juga mengonsumsi brokoli secara mentah atau hanya dikukus sebentar karema apabila kita memasaknya terlalu lama justru zat sulforaphane-nya akan hilang di mana zat yang satu ini berfungsi untuk mencegah kanker serviks.

4. Kubis

Kubis adalah jenis sayuran berikutnya yang bisa kita konsumsi untuk mencegah datangnya kanker serviks. Kok bisa? Rahasianya tentu saja ada pada kandungan kubis, di mana kubis mengandung lupeol, sinigrin, I3C, sulforapahe, serta DIM yang berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh kita. Sebaiknya kita juga mengonsumsi kubis dalam keadaan mentah sehingga kita tidak kehilangan kandungan bermanfaat di dalamnya.

5. Cokelat

Siapa sih yang tidak suka makanan yang satu ini? Namun, siapa sangka jika cokelat bisa kita gunakan untuk mencegah datangnya kanker serviks pada wanita? Yup, pastinya bukan rahasia lagi jika cokelat mmeiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan hal ini berarti cokelat kaya akan anti-oksidan. Anti-oksidan ini lah yang berfungsi untuk mencegah datangnya kanker serviks pada wanita – lebih tepatnya anti oksidan akan menghanurkan radikal bebas.

6. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dan juga sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit secara alami. Kunyit sangatlah efektif untuk menghancurkan zat kanker dan tentu saja tanpa merusak sel sehat dalam tubuh. Kunyit juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi dan hal ini mencegah pembentukan nitrosamine serta menghambat produksi alflatoksin di mana kedua hal ini terkait dengan pembentukan sel kanker dalam tubuh.

7. Salmon

Makanan pencegah kanker berikutnya berasal dari salmon, di mana salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dan hal ini sangatlah efektif untuk melindungi tubuh kita dari kanker. Selain itu, salmon juga memiliki kandungan astaxanthin yang tinggi di mana zat ini sangat efektif untuk menghancurkan radikal bebas. Bila ingin mencegah kanker, kita disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon maksimal dua kali dalam seminggu.

8. Raspberry

Raspberry adalah jenis buah selanjutnya yang efektif untuk mencegah datangnya kanker serkvis pada seseorang dan jenis buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi mengingat kandungan kalorinya yang sangat rendah. Mengonsumsi raspberry secara rutin terbukti dapat membunuh sel kanker dan hal ini berarti meminimalisir datangnya kanker serviks di kemudian hari.

9. Jeruk bali

Bukan rahasia lagi jika jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan hal ini bermanfaat untuk mencegah terbentuknya senyawa nitrogen penyebab kanker. Mengonsumsi jeruk bali secara rutin sangatlah efektif untuk meminimalsir datangnya berbagai penyakit kanker pada seseorang, seperti kanker perut, usus besar, payudara, kandung kemih, serta kanker serviks

10. Kacang-kacangan

Jenis makanan terakhir yang bisa kita konsumsi untuk mencegah kanker serviks berasal dari kacang-kacangan. Tingginya kandungan vitamin E pada kacang-kacangan sangatlah efektif untuk meminimaisir datangnya berbagai penyakit kanker pada tubuh, dan tidak ketinggalan meminimalisir timbulnya kanker serviks. Berbagai kacang-kacangan yang dimaksud di sini antara lain adalah kacang tanah, kacang almond, selai kacang, atau juga biji bunga matahari.

Nah, bagaimana? Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara mencegah datangnya kanker serviks? Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah untuk menjalani pola hidup yang sehat supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit – dan salah satunya kanker serviks. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja