Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Khas Jakarta, Dijamin Bikin Jatuh Cinta

Indonesia memiliki beragam suku dari Sabang sampai Merauke dan memiliki berbagai macam budaya. Salah satunya adalah kebudayaan Betawi. Tahukah Sahabat selain seni dan budaya, Betawi memiliki kuliner yang menggiurkan? Buat Sahabat yang tinggal di Jakarta jangan sampai melewatkan 10 Makanan Khas Jakarta yang bakalan bikin kamu ketagihan dan jatuh cinta. Apa saja? Cek selengkapnya dibawah ini.

1. Kerak Telor

Kerak Telor

Kerak telor menjadi makanan legendaris dari Jakarta. Kerak telor dibuat dari bahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang telah disangrai, kelapa sangrai dan bawang goreng sebagai sentuhan terakhirnya. Makanan ini memiliki rasa manis dan gurih dan menjadi makanan yang paling banyak dicari.

Selain rasa, cara memasaknya juga menjadi keunikan tersendiri. Telur dimasak hingga setengah matang, lalu wajan dibalik menghadap panas arang anglo. Biarkan hingga matang menjadi kerak. Biasanya, kerak telor baru banyak ditemui pada saat ulang tahun Jakarta.

2. Nasi Uduk

nasi uduk betawi

Nasi uduk menjadi menu sarapan di pagi hari bagi sebagian penduduk Jakarta. Makanan satu ini menggunakan nasi yang dicampur dengan santan sehingga terasa gurih dan ditambah dengan lauk pauk pendukung lainnya seperti bihun goreng, semur tempe dan tahu, oreg tempe dan sentuhan sambal goreng yang menambah kenikmatan.

3. Soto Betawi

Ingin merasakan makanan berkuah?Soto Betawi menjadi makanan yang pas untuk santapan Sahabat. Makanan khas Betawi satu ini merupakan perpaduan soto santan dengan isian daging dan jeroan sapi, kentang goreng, emping dan tomat. Bila Sahabat kurang menyukai jeroan sapi, maka dapat menggantinya dengan daging ayam. Jangan lupa menambahkan jeruk nipis untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya.

4. Lontong Sayur

lontong sayur betawi

Lontong sayur merupakan menu wajib saat Idul Fitri.Meskipun begitu, makanan satu ini sudah dapat kita temui di hari-hari biasa. Lontong disiram dengan kuah santan dan dihidangkan bersama opor ayam dan semur daging dan tidak lupa ditambah dengan kerupuk yang menjadi pelengkap pada makanan khas Betawi satu ini.

5. Gabus Pucung

Gabus pucung masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Jakarta. Bahan utama kuliner khas betawi ini menggunakan ikan gabus dan memiliki kuah hitam pekat yang berasal dari kluwek. Penyajiannya yaitu ikan gabus digoreng terlebih dahulu hingga garing. Selanjutnya, disiram dengan kuah pucung dan taburan daun bawang dan bawang goreng.

6. Gado Gado Betawi

gado-gado betawi

Gado-gado memiliki makna yaitu campur aduk dalam bahasa Betawi. Makanan ini menggunakan berbagai jenis sayur rebus seperti kangkung, kacang panjang, kentang rebus, tahu dan tempe goreng. Bumbu kacang yang nikmat menjadikan hidangan ini digemari banyak orang. Gado-gado dapat disantap dengan nasi putih atau lontong.

7. Asinan Betawi

Asinan Betawi hampir sama dengan gado-gado. Namun yang membedakan yaitu dari bahan-bahan yang digunakan yang masih mentah seperti sayuran sawi, kol, tauge, tahu putih, selada ditambah dengan taburan kacang tanah goreng. Kuah asinan sangat khas, yaitu perpaduan bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai. Tidak lupa kerupuk mie besar berwarna kuning menjadi pelengkap.

8. Kue Cucur

kue cucur

Ingin merasakan kue khas Jakarta? Kue cucur adalah salah satu kue tradisional yang mudah kita jumpai di toko kue ataupun pasar tradisional. Kue cucur sering kali digunakan sebagai pengantar bingkisan saat upacara pernikahan, acara potong rambut bayi atau aqiqah dan lain sebagainya. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut dibagian tengahnya tetapi renyah dibagian pinggrinya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue cucur yaitu dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dengan cara digoreng.

9. Roti Buaya

Roti buaya adalah makanan khas Betawi sebagai pengantar pernikahan. Roti buaya memiliki makna sebagai bentuk ungkapan kesetiaan kedua pasangan dan kemapanan ekonomi. Umumnya roti buaya memiliki panjang sekitar 50 cm menjadi syarat wajib yang dibawa oleh mempelai pria untuk diberikan kepada mempelai wanita.

10. Semur Jengkol

Beberapa orang mungkin tidak menyukai jengkol karena terkenal dengan bau dan rasa sedikit pahit. Walaupun seperti itu, semur jengkol merupakan hidangan khas Betawi. Bila Sahabat benar mengolahnya, jengkol bisa menjadi sangat lezat bahkan bau khasnya dapat hilang. Umumnya semur jengkol disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat.

Itulah 10 makanan khas Jakarta yang patut Sahabat coba. Namun sebelum makan, pastikan kebersihan dari makanan yang Sahabat akan santap. Jangan sampai sahabat jatuh sakit terlebih jika terserang Tifus. Maka dari itu lindungi diri Sahabat dengan Vaksinasi tifus atau Thypoid (https://www.prosehat.com/produk/jasa/vaksinasi-thypoid) hanya di ProSehat.

Akses www.prosehat.com atau install apikasi ProSehat untuk dapatkan juga berbagai produk makanan sehat untuk Sahabat dan keluarga. Info lebih lanjut mengenai hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga.

instal aplikasi prosehat

Referensi:
Faustine, Megan. “Bukan Orang Jakarta Kalau Belum Makan 9 Makanan Khas Ini”.
Tokopedia. “32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba”.
Aflakhah, Mutia S. “Inilah Filosofi Buaya dalam Adat Pernikahan Betawi”.

WhatsApp Asisten Maya saja