Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800

10 Makanan Ampuh Atasi Efek Begadang

Begadang adalah salah satu kegiatan yang tidak dianjurkan mengingat begadang sendiri adalah satu kegiatan yang dilakukan pada malam hari atau biasanya pada larut malam. Ketika kita begadang, sama saja akan mengurangi jam tidur kita dan seperti yang kita tahu kurangnya jam tidur akan berdampak pada tubuh kita. Bukan saja hanya kantuk yang berlebih dari biasanya, badan biasanya akan mudah lemas dan lebih cepat lelah daripada ketika kita tidak begadang.

Kenapa sih orang begadang? Ketika diajukan pertanyaan yang satu ini, banyak orang mengaku jika alasan utama mereka begadang adalah susah tidur alias mereka mengalami insomnia. Bukan hanya insomnia, alasan pekerjaan belum selesai juga sering kali membuat seseorang rela begadang. Namun, sebenarnya seberapa buruk sih efek begadang untuk tubuh kita? Orang yang terlalu sering begadang sangatlah tidak dianjurkan karena malam hari adalah saat di mana tubuh kita perlu beristirahat dengan sempurna. Ketika kita begadang, sama saja kita memaksa organ tubuh untuk terus bekerja di mana seharusnya organ tersebut sudah beristirahat.

Tentu saja kita tidak ingin kinerja tubuh terganggu setelah kita begadang? Apakah ada yang bisa kita lakukan supaya kita bisa tetap bekerja dengan optimal meskipun setelah begadang? Kabar baiknya, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi setelah begadang sehingga tidak terlalu mempengaruhi kinerja tubuh kita keesokan harinya. Wah yang benar nih? Kira-kira makanan apa saja ya yang ampuh untuk mengatasi efek begadang – atau bahkan mampu untuk mengatasi insomnia kita?

Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

1. Telur

Telur adalah jenis makanan pertama yang ampuh untuk mengatasi efek begadang sehingga kita tidak mudah lelah ketika beraktivitas di pagi hari. Kok bisa begitu? Jawabannya tentu saja karena telur memiliki kandungan EPA dan DHA yang tinggi pada putih telur. Kedua zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dengan cara menjaga tekanan darah tetap stabil.

2. Gandum

Jenis makanan berikutnya yang bisa kita konsumsi adalah makanan yang mengandung gandum, seperti roti gandum ataupun oatmeal. Makanan yang terbuat dari gandum adalah makanan yang tinggi akan serat juga kaya akan kandungan karbohidrat sehingga kita akan mendapatkan tambahan energi yang banyak dengan mengonsumsi jenis makanan ini. Selain memberikan kita tambahan energi, karbohidrat pada gandum juga berfungsi untuk mencegah peningkatkan kadar glukosa dalam darah.

3. Mangga

Mangga adalah salah satu jenis buah yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi rasa kantuk berlebihan. Kok bisa? Ketika kita mengantuk, keinginan untuk mengonsumsi makanan manis semakin besar dan sering kali orang memilih untuk mengonsumsi permen ataupun jenis makanan lainnya. Namun, apakah kalian tahu jika kita bisa mengatasi rasa kantuk dengan menggunakan pemanis alami, dan salah satunya berasal dari buah? Mangga memiliki rasa manis yang dapat mengatasi rasa kandung serta dapat meningkatkan energi sehingga kita tidak lemas ketika beraktivitas.

4. Apel

Jenis makanan berikutya juga berasal dari buah, yaitu apel. Seperti yang kita tahu, setelah kita begadang maka badan akan cenderung rentan terhadap gangguan endokrin dan hal ini bisa menyebabkan sembelit bahkan obesitas sewaktu-waktu. Namun, kita tidak perlu lagi mencemaskan hal ini ketika kita sudah mengonsumsi apel. Kok bisa? Jawabannya tentu saja karena tingginya berbagai kandungan vitamin dan asam malat pada apel yang mampu menghancurkan lemak dalam tubuh sehingga mencegah obesitas.

5. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang efektif untuk mengatasi efek begadang karena berbagai kandungannya yang berfungsi untuk membersihkan zat-zat berbahaya dalam tubuh – terlebih membersihkan bagian usus. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi jeruk juga sangat efektif untuk mengingkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga badan tidak lemas setelah begadang.

6. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan bukan saja hanya efektif untuk mengatatasi eek begadang tapi juga membuat kita lebih cepat mengantuk di malam hari. Tentu saja tidak semua kacang-kacangan memiliki fungsi yang satu ini memiliki fungsi yang sama, sehingga kita sebaiknya memilih kacang yang kaya akan kandungan magnesium serta tripofan. Contohnya saja kita bisa mengonsumsi kacang almond, brasil, ataupun kenari.

7. Susu

Bukan hanya makanan, terdapat beberapa jenis minuman yang mampu mengatasi efek begadang dan salah satunya adalah susu. Kenapa begitu? Tentu saja karena susu mengandung banyak trypthotan dan asam amino yang membantu otak untuk lebih rileks.

8. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang dikenal karena berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dan salah satunya adalah untuk mengatasi efek begadang. Tingginya kandungan magnesium pada pisang meredakan otot yang menegang sebelumnya dan tentu saja membuat badan menjadi lebih rileks. Selain itu kandungan gula dalam pisang juga akan menjadi sumber energi untuk tubuh sehingga kita tidak akan lemas walaupun setelah begadang.

9. Ikan

Ikan adalah jenis makanan berikutnya yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi efek begadang dan dengan catatan ikan yang dimaksud di sini adalah ikan dengan kandungan minyak yang tinggi. Kandungan lemak tak jenuh pada ikan di sini membantu kita tetap berkonsentrasi serta menjaga mood kita tetap stabil walaupj kita merasa lelah. Beberapa contoh ikan dengan kandungan minuak yang tinggi adalah ikan sarden, tuna, ataupun salmon.

10. Anggur

Jenis makanan terakhir yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi efek begadang masih beradal dari buah-buahan, lebih tepatnya kita perlu mengonsumsi anggur. Anggur merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan dan mampu mengatasi rasa lelah yang berlebih bagi mereka yang sering begadang. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan asam amino yang tinggi dan hal ini berfungsi untuk meminimalisir timbulnya berbagai masalah pencernaan.

Nah itu tadi adalah beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi efek setelah begadang. Pastinya kita tidak bingung lagi kan bagaimana untuk mengatasi rasa lelah dan kantuk setelah begadang? Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah untuk tidak terlalu sering begadang karena dapat mempengaruhi kondisi tubuh kita. So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat daripada sebelumnya?

instal aplikasi prosehat

WhatsApp Asisten Maya saja