Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

10 Hal Penting dari Resolusi Tahun Baru

Sudah sampai di penghujung tahun 2015, hal apa saja yang sudah Anda capai? Bagaimana dengan resolusi tahun ini, apakah sudah tercapai semua? Belum juga? Bagaimana dengan resolusi Anda untuk lebih aware dengan kesehatan Anda dan keluarga? Mengapa banyak orang lebih fokus kepada resolusi Tahun Baru yang sebenarnya adalah tujuan akhir? Lalu bagaimana dengan proses menuju tujuan tersebut?

prosehat resolusi tahun baru

Mendengar kata resolusi, yang terbayang di pikiran Anda pasti get in shape, berat badan berkurang 10 kilogram, menikahi si dia dengan pesta pernikahan yang mewah, jalan-jalan ke luar negeri, jelajahi benua Eropa bersama keluarga, kuliah s2 di Inggris dan masih banyak lagi. Namun banyak orang melupakan proses yang harus ditempuh menuju tujuan tersebut. Seperti resolusi untuk menjadi lebih langsing dan sehat di tahun 2016, apa yang akan Anda lakukan untuk mewujudkan resolusi tersebut?

10 lifestyle resolutions ini merupakan breakdown dari 1 resolusi besar yang Anda buat untuk tahun yang baru:

1. Get More Water
Yup! Mungkin hal ini terlihat mudah, tapi air mineral jauh lebih baik dibandingkan dengan minuman berkarbonasi (that’s for sure). Terkadang hal ini malah luput dari kebiasaan banyak orang dengan resolusi tubuh langsing yang ingin dicapainya. Jika 8 liter air mineral terdengar membingungkan, bagaimana dengan 15 gelas air minum setiap harinya? Jauh lebih mudah kan? Buat kebiasaan ini menjadi resolusi perminggu yang bisa langsung Anda rasakan hasilnya.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Memicu Kolesterol

2. Walk More
Berjalan kaki memang bukan budaya orang Indonesia ya. Tapi tidak ada salahnya untuk memilih berjalan untuk mencapai kantor yang berjarak hanya 2 m, daripada harus calling tukang ojek online. Usahakan exercise ringan yang Anda lakukan setiap harinya sudah termasuk berjalan hingga 5000 langkah. Bayangkan dalam 2 minggu ke depan hasil yang akan Anda rasakan. Tubuh lebih bugar dan senantiasa sehat.

3. Lebih Aktif Bergerak
Ingin turun ke lobby untuk makan siang? Jangan gunakan lift ketika tangga gedung kantor Anda masih dapat digunakan. Terutama untuk pekerja sedentary yang seharian duduk di depan komputer, buat tubuh Anda bergerak lebih aktif lagi.

4. Eat Less More Often
Untuk menembus resolusi tahun baru, jika Anda masih nyaman dengan kebiasaan makan besar dan banyak dalam setiap harinya, jangan bermimpi resolusi tersebut akan terwujud. Makan dengan porsi sedikit namun lebih dari 3x dalam sehari terbukti lebih baik daripada makan 1x sehari dalam porsi yang banyak.

Baca Juga: Tips Mencegah Serangan Jantung

5. Less Junk Food
Mudahnya adalah tidak memberhentikan konsumsi makanan junk food sama sekali, tapi lebih ke seberapa sering Anda makan makanan tersebut. Lebih bijaksana lagi untuk menjaga kesehatan. Karena jika bukan sekarang, kapan lagi rasa peduli terhadap kondisi kesehatan Anda muncul? Mau tunggu sampai sakit atau didiagnosa penyakit kronis? Pencegahan tentunya lebih baik dari mengobati. Gaya hidup dengan makan sedikit junk food pastinya akan berbuah manis di masa depan.

6. Olahraga 7 Kali dalam 1 Minggu?
Apakah perlu? Jangan pergi ke gym karena trend memiliki personal trainer dan menghabiskan berjam-jam di gym sedang happening akhir-akhir ini. Hit the gym only when you feel you are ready to commit. Lakukan exercise secara bertahap dan set goal yang ingin dicapai dengan perlahan namun pasti. Yang terpenting adalah membentuk kebiasaan baru dalam rangka mewujudkan resolusi tahun baru Anda.

7. No Carbs? Really?
Banyak ahli gizi mengatakan bahwa sangat sulit untuk tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat. Bukan hanya itu, memangkas jatah perut Anda untuk makanan berkarbohidrat ternyata tidak sehat, lho. Karbohidrat kompleks lah yang harus Anda konsumsi, seperti beras merah, roti gandum, barley, oat, millet, couscous, buckwheat dan quinoa. Banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dari karbohidrat kompleks ini. Beras merah dapat mengatasi gangguan pencernaan dan mengurangi risiko kanker lambung dan usus. Padi-padian kaya akan serat larut dan tidak larut yang dapat mencegah konstipasi atau sembelit, mengikat kolesterol berbahaya dan membuangnya. Sedangkan zat tepung yang terkandung dalam padi-padian diserap tubuh secara perlahan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah. Yakin mau pangkas jatah makan karbohidrat Anda tahun ini?

Baca Juga: Persahabatan Diabetes dan Jantung

8. Buat Resolusi Kecil
Resolusi terbesar Anda untuk tahun 2016 ini adalah mencapai tubuh ideal yang lebih sehat. Namun jangan lupakan juga kebiasaan-kebiasaan buruk Anda yang menghalangi terwujudnya resolusi tersebut, seperti kebiasaan ngemil gorengan, makan sambil nonton TV, makan terburu-buru, makan junk food, dan masih banyak lagi. Buat resolusi kecil yang akan berdampak besar dan signifikan seperti bawa bekal untuk makan siang dari rumah, makan buah ketika lapar, stop makan gorengan, dan lain-lain.

9. Diet Super Low-Calorie?
Menghitung jumlah kalori dari setiap makanan yang kita makan mungkin masih terdengar wajar. Hal ini berbeda ketika Anda diet makanan rendah kalori dalam level super. Maksudnya adalah asupan kalori per hari Anda tidak boleh lebih dari 500 kcal. Hal tersebut salah dan malah dapat mengakibatkan hal yang fatal bagi kesehatan Anda. Baiknya tetap penuhi asupan kalori yang disarankan oleh dokter gizi Anda.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android Bantu Diet

10. Jangan Mulai di Tanggal 1 Januari
Untuk membuat tubuh Anda beradaptasi dengan mudah, pastikan resolusi Anda berikut dengan resolusi kecil sudah mulai dijalankan 1 minggu sebelum pergantian tahun. Hal ini akan membantu tubuh Anda beradaptasi dengan lancar tanpa harus mengalami shocked akibat perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehat yang Anda jalani.

Selamat menjalankan lifestyle resolutions di atas, dan selamat tahun baru 2016!

prosehat resolusi tahun baru

Referensi:

Chat Asisten ProSehat aja