Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Manfaat Vaksin HPV untuk Anak di Tingkat Sekolah Dasar

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Vaksinasi HPV untuk Anak Perempuan adalah Hal yang Sangat Penting

Pemberian vaksin HPV untuk anak memiliki banyak sekali manfaat. Terutama sebagai pencegahan dini kanker serviks pada anak perempuan. Selain mencegah kanker serviks, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari vaksin yang identik dengan pencegahan penyakit seksual menular ini.

Saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa vaksinasi HPV (Human Papillomavirus) belum diperlukan pada anak-anak. Alasan yang biasa dikemukakan adalah bahwa pada usia tersebut anak belum aktif melakukan hubungan seksual. Sahabat Sehat, apakah betul vaksin HPV belum diperlukan untuk anak ? Mari simak penjelasan berikut.

Infeksi HPV Pada Tubuh

Virus Human Papiloma dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Tercatat rata-rata orang yang aktif berhubungan seksual pernah terinfeksi HPV dalam hidupnya meski tidak menyadari bahwa sedang terinfeksi HPV. 

Ada sekitar 40 tipe HPV yang dapat menginfeksi organ intim pria dan wanita, kebanyakan tipe HPV tidak menimbulkan gejala dan dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa tipe HPV lainnya dapat menimbulkan kanker serviks, kanker anus, kanker rongga mulut serta kutil kelamin.

Namun penularan virus Human Papiloma tidak selalu melalui hubungan seksual. Risiko penularan virus ini bisa terjadi melalui luka di kulit, maupun tertular melalui interaksi dengan penderita.

Dianjurkan Ikatan Dokter Anak Indonesia

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin HPV sebaiknya diberikan sebelum seseorang aktif berhubungan seksual. Akan terlambat jika vaksin HPV diberikan saat seseorang sudah melakukan hubungan seksual, karena bisa telah terpapar virus HPV. Oleh sebab itu, vaksin HPV turut dianjurkan untuk diberikan pada anak.

Banyak mitos yang mengatakan banyak efek samping pemberian vaksin HPV. Misalnya jika diberikan pada anak-anak dapat menimbulkan kemandulan dan menopause dini. Berdasarkan studi, hal tersebut justru tidak benar. Vaksin HPV berdasarkan berbagai studi sangat aman dan efektif serta memberikan banyak manfaat pada anak.

Ada setidaknya 5 manfaat besar pemberian vaksin HPV sejak usia sekolah dasar. Manfaat tersebut antara lain:

  1. Mencegah kanker serviks sejak dini pada anak perempuan
  2. Mencegah risiko terkena kanker rahim
  3. Mengurangi risiko anak terkena kutil
  4. Jika terjangkit Human Papiloma, anak akan lebih cepat sembuh
  5. Ketika dewasa, anak akan lebih tahan terhadap risiko-risiko penyakit kelamin

Memang ada risiko efek samping pada penyuntikan vaksin HPV untuk anak. Namun efek samping yang dihasilkan umumnya bersifat ringan seperti pusing sementara, mual, sakit kepala, nyeri, kemerahan, dan bengkak di area suntikan. Efek samping akan hilang dalam beberapa jam.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa dampak positif dari vaksin HPV masih jauh lebih tinggi dibandingkan kemungkinan risiko yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu, tidak perlu ada yang dikhawatirkan mengenai efek samping vaksin ini.

Waktu Ideal Pemberian Vaksin HPV untuk Anak

Secara umum di dunia, vaksin HPV direkomendasikan bagi anak perempuan dan laki-laki mulai dari usia 11 atau 12 tahun. Pada dasarnya diberikan sebelum melakukan kontak seksual dan resiko terpapar HPV rendah.

Di Indonesia, pemberian vaksin HPV diberikan mulai pada usia 10-13 tahun sebanyak 2 dosis. Pada anak berusia 16-18 tahun atau remaja akhir, diberikan vaksin HPV sebanyak 3 dosis.

Jenis Vaksin HPV untuk Anak di Indonesia

Di Indonesia tersedia 2 jenis vaksin HPV yaitu vaksin bivalen yang mengandung 2 tipe virus HPV (tipe 16 dan 18) untuk mencegah kanker leher rahim, serta vaksin tetravalen yang mengandung 4 tipe virus HPV (6,11,16, dan 18) untuk mencegah kanker leher rahim serta kutil kelamin.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai pentingnya vaksin HPV untuk anak dilihat dari sisi manfaatnya bagi kesehatan si kecil. Bagi Sahabat Sehat yang berminat melakukan vaksinasi HPV bagi diri sendiri atau bagi anaknya, segera manfaatkan layanan vaksinasi kerumah dari Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

  1. Centers for Disease Control and Prevention. HPV Vaccine Information For Young Women [internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention; 2016 [cited 24 May 2021].
  2. Mayo Clinic. HPV vaccine: Who needs it, how it works [internet]. USA : Mayo Clinic; 2020 [cited 24 May 2021].
  3. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Sekilas tentang Vaksin HPV [internet]. Indonesia : Ikatan Dokter Anak Indonesia; 2017 [cited 24 May 2021].

Chat Asisten ProSehat aja