Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Siapkan 7 Jenis Makanan Ini untuk Tingkatkan Gizi Balita

Moms, sebagai orang tua kita pasti akan mengusahakan agar anak kita tumbuh sehat dan cerdas. Apa pun akan kita lakukan, mulai dari memberi stimulasi yang tepat hingga menyiapkan makanan terbaik yang bergizi optimal. Semua itu diberikan pada anak kita bahkan sejak ia masih di dalam kandungan.

Pemenuhan gizi pada anak harus dianggap sebagai kewajiban, terutama pada 5 tahun pertama. Moms, apa yang terjadi selama 5 tahun pertama itu adalah merupakan landasan yang sangat krusial untuk menentukan tahun demi tahun pertumbuhan dan perkembangan anak kita.

Tentunya Moms tahu jika pertumbuhan otak tercepat terjadi saat anak masih dalam kandungan, yaitu pada trimester ketiga hingga 5-6 bulan pertama setelah lahir. Pada tahap itu, pembelahan sel pada otak terjadi dengan sangat pesat. Kemudian seiring dengan bertambahnya usia, pembelahan sel akan melambat, dan seterusnya hanya akan terjadi pembesaran sel-sel otak saja.

Pada saat bayi lahir, berat otaknya memang baru mencapai ¼ berat otak dewasa, tapi jumlah selnya sudah mencapai 2/3 jumlah sel otak orang dewasa. Itu sebabnya, makanan untuk otak anak sudah mulai diperlukan jauh sebelum anak hadir di dunia ini.

Perkembangan otak yang baik akan membantu anak memiliki memori dan keterampilan yang baik pula. Namun, jika perkembangan otak anak yang kurang baik, maka seorang anak akan memiliki daya pikir yang lemah sehingga misalnya ia akan kesulitan dalam menghafal sesuatu.

Nutrisi dan gizi yang cukup pada anak dapat mengoptimalkan tumbuh kembang dan kemampuan otak anak. Walaupun kandungan nutrisi idealnya terkandung di dalam setiap makanan, tapi tahukah Moms jika terdapat beberapa makanan tertentu memiliki fungsi khusus yang anak kita butuhkan untuk pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangan otak?

Memenuhi kebutuhan gizi anak tentunya tidak bisa dilihat dari seberapa sering mereka makan dalam satu hari dan seberapa banyak porsi nasi dan lauk-pauknya untuk satu kali makan. Moms harus benar-benar memperhatikan makanan apa yang disajikan untuk si kecil.

7 jenis makanan di bawah ini tergolong sebagai superfood dan brainfood yang bergizi tinggi yang dapat Moms olah ke dalam menu makan harian buah hati kita tercinta.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki protein tinggi dan juga kaya akan lemak baik untuk menurunkan kolesterol jahat, si pemicu penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Lemak yang baik juga merupakan komponen utama yang membentuk sel-sel di dalam otak. Tapi, bukan berarti anak kita hanya membutuhkan lemak saja, tapi juga zat gizi mikro lainnya yang dibutuhkan untuk membuatnya tumbuh cerdas.

Buah Alpukat juga diperkaya oleh serat, yang dapat mencegah sembelit pada anak. Rajin makan alpukat juga dapat mengurangi risiko terkena kanker, karena buah ini juga diperkaya dengan vitamin E.

Cara menyajikan alpukat pada si kecil, Moms bisa mencoba dengan menumbuk alpukat hingga halus dan lumatkan bersama sedikit jus jeruk nipis dan yogurt untuk rasa yang lebih menyegarkan. Jika usia anak masih di bawah satu tahun, jangan dulu tambahkan gula atau madu untuk memaniskannya.

2. Berry-Berryan

Buah Berri merupakan makanan untuk kecerdasan otak. Buah ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kaya dengan vitamin C dan antioksidan lainnya. Buah Berri juga mengandung lemak omega-3 yang membantu meningkatkan fungsi otak. Carilah stroberi, ceri, blueberry, dan blackberry, dimana semakin gelap warna berry, semakin banyak nutrisi yang dimilikinya.

Selain itu, Buah Berri diperkaya dengan nutrisi dan antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas biang segudang penyakit kronis, dari penyakit jantung hingga kanker.

Jadikan buah Berri sebagai cemilan sore untuk anak yang dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan memperkuat memori. Selain dimakan bulat-bulat dalam versi segarnya, Moms juga bisa mengolah buah-buah berry ini menjadi pudding dingin atau sebagai isian muffin, brownies, atau kukis lunak.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber energi yang sangat baik bagi otak. Oatmeal mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu menjaga agar anak merasa kenyang. Oatmeal yang terbuat dari gandum ini juga merupakan sumber Vitamin E, B kompleks, dan zinc yang sangat baik untuk membantu otak anak bekerja dengan sebaik-baiknya.

Hidangkan oatmeal sebagai sarapan. Namun, pilihlah produk yang menawarkan biji-bijian oats kering yang utuh, dan bukan oatmeal yang siap saji karena gandum utuh memiliki serat yang lebih dan energi yang tahan lama. Masaklah oat kering dengan susu, ketimbang air untuk meningkatkan gizi pada anak, dan taburkan dengan blueberry segar untuk menu sarapan yang lebih sehat.

4. Salmon

Ikan Salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yang merupakan salah satu lemak baik yang dikenal dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 juga mampu memperbaiki mood dan mencegah hilang ingatan.

Selain itu, mendapatkan nutrisi yang cukup dari asam lemak ini dapat membantu anak-anak memperbaiki keterampilan mental mereka.

Moms dapat menyiapkan ½ kg fillet daging salmon dan potong memanjang. Lalu, celupkan dalam putih telur yang sudah dikocok dan masukan ke dalam campuran tepung roti dan jagung yang telah dibumbui oleh garam, lada, paprika, bubuk bawang, dan parmesan. Masak campuran tersebut di dalam wajan yang telah diminyaki menggunakan api sedang. Sajikan untuk bekal atau makan siang anak.

5. Bayam

Sayuran yang kaya warna adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk menjaga agar sel otak tetap sehat. Salah satu sayuran yang bergizi tinggi adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sumber makanan yang bergizi tinggi dan memiliki kandungan zat besi, kalsium, asam folat, dan vitamin A dan C yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan otak.

Sayuran yang satu ini sangat mudah diadaptasikan ke berbagai menu karena rasanya yang ringan dan mudah untuk dimasak. Moms dapat merebus bayam dalam kaldu sayur bening, tambahkan pipilan jagung manis dan hidangkan hangat saat cuaca dingin. Moms juga dapat menumis bayam dengan sedikit minyak sebagai lauk makan bubur bayi.

6. Ubi

Ubi adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan gizi anak karena dilengkapi dengan vitamin B, C, dan E, kalsium, kalium, dan zat besi. Ubi juga diperkaya karbohidrat kompleks dan serat yang mampu meningkatkan sistem pencernaan.

Ubi sangat baik untuk mencegah naiknya kadar gula karena kadar karbohidrat kompleks yang dikandungnya. Ubi juga memiliki rasa manis yang tidak mencolok. Cocok untuk resep sehat dan bekerja baik untuk menurunkan kadar asam dari tomat dalam saus pasta, sehingga anak kita pasti akan menyukainya.

7. Susu dan Yogurt

Seperti yang sudah banyak diketahui orang, susu dan yogurt merupakan salah satu makanan yang mengandung Vitamin B. Vitamin B diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim.

Susu rendah lemak atau yogurt merupakan minuman susu yang difermentasi yang kaya akan protein. Susu dan Yogurt juga mengandung zat yang dapat membangun tulang dan gigi yang kuat, juga dapat memperbaiki pencernaan dan melawan bakteri jahat dalam usus.

Konsumsi yogurt plain (tanpa rasa) rendah lemak dan masukkan buah segar atau beku sebagai topping yang tentunya disukai oleh anak kita.

Nah Moms, Itulah 7 makanan terbaik yang dapat disediakan untuk sehari-hari bagi anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pilihlah makanan yang memiliki gizi baik untuk kecerdasan otak anak supaya si kecil makin pintar seiring dengan perkembangan fisik dan mentalnya.

instal aplikasi prosehat

Chat Asisten ProSehat aja