Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

5 Cara Memilih Popok Bayi Anti Ruam untuk Kulit Sensitif

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Popok Bayi Anti Ruam Harus Dipasang dengan Benar pada Bayi Berkulit Sensitif

Sahabat Sehat, menggunakan popok bayi anti ruam menjadi keharusan. Terutama jika si kecil memiliki tipe kulit yang sangat sensitif. Namun apakah Sahabat Sehat sudah tahu bagaimana cara memilih popok agar si kecil tidak lagi mengalami ruam-ruam di kulitnya?

Popok merupakan salah satu barang penting yang harus Sahabat Sehat persiapkan sebelum si buah hati lahir. Tentunya Sahabat Sehat harus mempertimbangkan berbagai hal dalam memilih popok mulai dari bahan popok, daya serap, hingga harga. Selain itu, Sahabat Sehat juga harus mempertimbangkan penggunaan popok kain atau popok sekali pakai. 

Popok Bayi Baru Lahir vs Popok Biasa

Secara umum, popok didesain sesuai dengan berat dan usia Si Kecil. Kini tersedia popok khusus untuk bayi baru lahir yang umumnya memiliki lubang kecil dibagian tengah depan untuk memberikan ruang bagi tali pusar agar tidak timbul iritasi dan ruam pada kulit si kecil. 

Popok untuk bayi baru lahir dapat Sahabat Sehat gunakan selama beberapa minggu pertama sejak Si Kecil lahir. Jika Sahabat Sehat memilih menggunakan popok biasa untuk Si Kecil, sebaiknya lipat area atas popok agar tidak menekan tali pusar. 

Berapa Kali Mengganti Popok Bayi Dalam Sehari?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), popok bayi sebaiknya diganti sesering mungkin untuk menghindari ruam pada kulit bayi dan iritasi. Hal ini sangat penting dilakukan terutama pada bayi baru lahir.

Ganti popok setiap Si kecil selesai buang air kecil atau buang air besar. Sahabat Sehat juga dianjurkan mengecek popok Si Kecil setiap 2-3 jam sekali untuk menentukan perlu atau tidak mengganti popok. Seringkali ruam pada kulit si kecil terjadi bukan karena masalah jenis popok yang digunakan, namun karena orang tua telat untuk mengganti popok si kecil.

Pertimbangan Memilih Popok Bayi Anti Ruam

Sahabat Sehat, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih popok untuk Si Kecil :

Pilih Popok Sesuai Kebutuhan dan Budget

Dari segi harga, popok kain memang terbilang lebih murah dan dapat digunakan berulang kali dibanding popok sekali pakai. Namun, popok kain kurang dalam menyerap urin dan feses sehingga Si Kecil rentan mengalami ruam popok. 

Sementara popok bayi anti ruam sekali pakai pada umumnya menggunakan material plastic tipis tahan air atau polietilen yang mengandung kristal hydrogen kecil dan dapat menyerap urin serta feses Si Kecil.

Gunakan Popok Anti Ruam dengan Ukuran yang Tepat

Jika Sahabat Sehat memilih popok anti ruam sekali pakai, sebaiknya beli popok secukupnya saja sebab pertumbuhan Si Kecil akan berlangsung dengan cepat sehingga ukuran popok juga dapat berubah. Mengapa?

Banyak kejadian muncul ruam pada kulit si kecil karena orang tua memaksakan menggunakan popok yang ukurannya sebenarnya sudah kekecilan. Hal ini membuat pergerakan si kecil menjadi terganggu hingga akhirnya muncullah ruam akibat kulit yang merasa tidak nyaman.

Pastikan Persediaan Popok Aman

Pastikan persediaan popok Si Kecil selalu cukup, pasalnya bayi baru lahir setidaknya membutuhkan 12 popok per hari. Semakin besar Si Kecil, maka popok yang dibutuhkan pun semakin sedikit. Namun perlu diingat bahwa tidak setiap saat si kecil butuh popok. Pada beberapa kesempatan biarkan dia tanpa popok. Karena kulitnya juga butuh udara.

Cek Kandungan dan Teknologi Pada Popok

Produk memiliki kandungan yang aman untuk Si Kecil yang memiliki kulit sensitif sehingga menurunkan resiko iritasi kulit. Selain kandungannya, pastikan teknologi pada popok, khususnya kualitas penyerapan serta kemampuan melepaskan kelembaban.

Pilih Popok yang Elastis

Popok berbahan elastis dan tidak ketat, sehingga tidak mengganggu pergerakan Si Kecil. Seringkali ruam-ruam terjadi karena kulit si kecil harus sering bergesekan dan akhirnya timbul ruam-ruam.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai pertimbangan dalam memilih popok yang tepat untuk Si Kecil. Jika Sahabat Sehat membutuhkan popok dan produk bayi, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat.

Penting: Jika ruam masih muncul padahal sudah menggunakan popok anti ruam dan sudah menggunakan menggunakan popok dengan cara yang benar, maka si kecil perlu untuk diperiksakan ke dokter. Ada kemungkinan ruam-ruam ini adalah tanda adanya eksim pada si kecil. Jika hal ini terjadi, silahkan konsultasikan kepada dokter untuk diberikn langkah penanganan terbaik.

Itulah beberapa informasi seputar popok bayi anti ruam bagi si kecil yang memiliki kulit sensitif. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Popok Bayi: Apa yang Anda Perlu Ketahui [Internet]. Indonesia : Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2014 [updated 2014 July 23; cited 2021 Aug 20].
  2. Timmons J. Cloth Diapers vs. Disposable: Which Is Better? [Internet]. USA : Healthline. 2015 [updated 2015 Sep 10; cited 2021 Aug 20].
  3. What to Expect. Diaper Buying Guide [Internet]. USA : What to Expect. 2018 [updated 2018 June 28; cited 2021 Aug 20].
  4. Baby Centre. 10 tips for newborn nappy changing [Internet]. UK : Baby Centre; [cited 2021 Aug 20].

Chat Asisten ProSehat aja