Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Penyebab Utama Anak Takut Sekolah dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica C

Mengambek dan Menangis Karena Anak Takut Sekolah

Selain adanya bullying, masih banyak penyebab anak takut sekolah. Misalnya karena anak memiliki phobia bertemu dengan orang asing. Menurut psikolog anak, Steven Gans,  faktor utama menyebabkan Si Kecil malas dan takut ke sekolah yaitu karena gelisah, depresi, faktor akademik dan faktor keluarga.

Hal ini tidak boleh dibiarkan karena dapat mengganggu aktivitas belajarnya. Padahal di usia ini, pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi si kecil.

Faktor Utama Penyebab Anak Takut Sekolah

Mengasuh anak merupakan hal yang sangat menantang dan penuh dengan tanggung jawab terutama bagi anak pertama. Sahabat Sehat harus menyeimbangkan antara perhatian dan cinta yang diberikan, sambil tetap mendidiknya secara bijaksana bagi kesehatan mentalnya.

Namun banyak orang tua yang melaporkan bahwa anaknya mengalami School refusal, yaitu kondisi ketika anak cemas dan menolak saat diajak pergi ke sekolah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya:

Minder Karena Baru Pertama Kali Sekolah

Beberapa anak yang baru pergi ke sekolah untuk pertama kalinya akan mengalami ketakutan dan kecemasan saat meninggalkan rumah dan orang tua untuk bersekolah. Namun ketakutan ini lambat laun akan hilang seiring waktu ketika anak sudah mulai mempunyai teman baru disekolah.

Takut atau Memiliki Fobia Tertentu

Pada anak dengan usia yang lebih besar mungkin dapat memiliki fobia sekolah, biasanya disebabkan karena adanya hal yang mengganggu di sekolah. Dalam hal ini, penting sekali untuk berbicara dengan anak untuk mengetahui apa penyebab ketakutannya. Salah satu penyebab ketakutan anak ke sekolah adalah adanya bullying di sekolah.

Cemas Jika Jauh dari Orang Tua

Kemungkinan penyebab anak takut ke sekolah juga dapat diakibatkan karena harus meninggalkan rumah dan orang tua untuk pergi bersekolah. Seringkali Si Kecil  menikmati kegiatan di sekolah, namun terlalu cemas saat meninggalkan orang tua. Hal ini cukup sering terjadi pada anak yang terlalu terbiasa dimanja oleh orang tuanya.

Ada Masalah dalam Pelajaran

Ketika anak tidak memahami pelajaran, ada kecenderungan anak merasa malas ataupun takut untuk kesekolah. Selain itu, mungkin saja anak takut ke sekolah karena ada tugas-tugas yang belum dikerjakan. Si kecil mungkin berpikir daripada harus dihukum guru karena tidak mengerjakan tugas tersebut, akan lebih baik jika tidak masuk sekolah beberapa hari ini.

Gejala Anak Takut Bersekolah

Tanda seorang anak takut bersekolah berbeda-beda. Bahkan ada yang tetap kesekolah meskipun sebenarnya takut, dan kemudian menjadikan anak merasa tertekan. Tetapi ada beberapa gejala penolakan yang kerap ditunjukan anak ketika merasa takut bersekolah, yaitu:

  • Anak menangis, mengeluh hingga tantrum saat tiba di sekolah
  • Anak terlihat cemas saat kembali ke sekolah setelah masa liburan selesai
  • Anak tidak mau mengerjakan tugas sekolah
  • Anak tidak mau berbicara mengenai guru, tugas sekolah dan teman-temannya di sekolah.
  • Prestasi anak disekolah cenderung menurun
  • Muncul keluhan setiap kali akan bersekolah, misalnya keringat dingin, sakit perut, dan sakit kepala.
  • Perubahan pola tidur dan pola makan
  • Menarik diri dari keluarga dan teman-temannya, serta lebih memilih untuk menyendiri.

Jika anak memiliki gejala tersebut, maka sebagai orang tua harus segera mengambil tindakan. Hal ini penting agar si kecil tidak merasa tertekan hingga dapat membuat si kecil merasa stress dan depresi.

Tips Mengatasi Anak Takut Sekolah

Seringkali Sahabat Sehat salah paham ketika anak mengeluh tidak mau bersekolah. Berikut ini beberapa tips yang dapat Sahabat Sehat lakukan jika Si Kecil tidak mau bersekolah:

Jangan Memaksa Tanpa Cari Tahu Alasan Si Kecil

Jangan memaksa anak untuk tetap bersekolah bila mengalami fobia sekolah. Dengarkan apa alasannya tidak mau bersekolah, sehingga Sahabat Sehat dapat menentukan langkah selanjutnya.

Berikan Si Kecil Homeschooling

Jika anak tidak mau bersekolah formal maka dapat dicoba dengan homeschooling. Anak yang menjalani pembelajaran homeschooling memiliki kecerdasan yang tidak kalah baik dengan anak yang bersekolah formal.

Terus Berikan Pengertian

Berikan pengertian bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan. Jika anak membantah hal tersebut, tanyakan apa yang tidak menyenangkan dari bersekolah. Dari situ Sahabat Sehat dapat mengetahui apa yang sebenarnya jadi sumber masalah.

Konsultasikan dengan Pihak Sekolah

Pastikan untuk berkonsultasi dengan pihak sekolah mengenai masalah dan kekhawatiran anak saat bersekolah. Akan lebih baik jika Sahabat Sehat sudah menggali informasi apa penyebab utama si kecil takut bersekolah. Dengan demikian pihak sekolah dapat lebih cepat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai penyebab anak takut sekolah dan cara mengatasinya. Penting bagi Sahabat Sehat untuk memastikan kesehatan mental Si Kecil tetap baik.

Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lanjut hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik https://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. First Cry Parenting. School Phobia in Kids: Causes, Symptoms and Treatment [Internet]. USA : FirstCry Parenting. 2018 [updated 2018 May 04; cited 2021 Oct 02].
  2. Drugs. School Phobia [Internet]. USA : Drugs. 2021 [updated 2021 Oct 04; cited 2021 Oct 02].
  3. Stanford Children’s Health. School Refusal [Internet]. UK : Stanford Children’s Health; [cited 2021 Oct 02].
  4. The Asian Parent. Kak Seto: Jangan salahkan anak jika dia takut sekolah | theAsianparent Indonesia [Internet]. Indonesia : The Asian Parent; [cited 2021 Oct 02].
  5. Clinical Partners. School Refusal – What should you do if your child refuses to go to school? [Internet]. UK : Clinical Partners. 2016 [updated 2016 Aug 09; cited 2021 Oct 02].

Chat Asisten ProSehat aja