Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Panduan Bagaimana Memilih Susu Formula untuk Si Kecil

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Memilih Susu Formula yang Tepat dan Disukai si Kecil

Sebagai seorang ibu, memilih susu formula yang tepat untuk bayinya. Karena pemberian susu formula akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Kesalahan dalam pemberian jenis susu dapat berakibat masalah seperti alergi maupun gejala keracunan.

Bagi sebagian Sahabat Sehat yang mengalami kendala dalam memberikan ASI, susu formula menjadi salah satu solusi untuk tetap memberikan asupan nutrisi Si Kecil. Kini tersedia berbagai jenis susu formula di pasaran. Lantas, bagaimana cara memilih susu formula untuk Si Kecil? Nah Sahabat Sehat, mari simak penjelasan berikut.

Cek Bahan dari Susu Formula

Ada beberapa jenis susu formula yang biasa tersedia di pasaran. Sahabat Sehat, berikut adalah beberapa jenis susu formula berdasarkan jenis komposisi yang terkandung di dalamnya :

Susu Formula Berbahan Dasar Susu Sapi

Rata-rata susu formula anak berbahan dasar susu sapi, dan mayoritas anak dapat menyerap susu sapi dengan baik. Meski demikian, sebagian kecil anak dapat mengalami reaksi alergi terhadap protein yang terkandung dalam susu sapi.

Susu Formula Berbahan Dasar Soya

Susu soya dapat Sahabat Sehat berikan sebagai solusi jika Si Kecil tidak mampu mencerna protein susu sapi (intoleransi laktosa). Susu soya mengandung protein yang berasal dari kacang kedelai.

Susu Formula Terhidrolisa

Susu formula jenis ini mengandung protein yang telah terhidrolisa menjadi ukuran yang lebih kecil dari pada susu sapi dan susu kedelai. Susu formula terhidrolisa dapat diberikan untuk bayi yang tidak dapat mencerna susu sapi atau susu soya.

Berdasarkan jenis susu tersebut, Sahabat Sehat dapat menentukan susu formula mana yang cocok untuk si kecil. Jika si kecil mampu mencerna susu sapi tentunya susu formula berbahan susu sapi menjadi pilihan. Apabila memiliki masalah dengan susu sapi bisa menggunakan susu soy ataupun susu terhidrolisa (jika memiliki masalah dengan susu sapi maupun protein kacang).

Sahabat Sehat dianjurkan juga membaca komposisi susu formula. Pastikan mengandung multivitamin dan mineral yang dibutuhkan Si Kecil. Pilih susu formula yang mengandung zat besi, docosahexaenoic acid (DHA) and arachidonic acid (ARA) yang merupakan asam lemak omega-3. DHA dan ARA diketahui turut ditemukan pada ASI, yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan Si Kecil. Komposisi zat gizi penting lainnya yang perlu Sahabat pastikan ada dalam susu formula Si Kecil yaitu lemak, protein, kalsium, serta vitamin D3.

Kenali Tanda Alergi Susu Formula

Sahabat Sehat perlu memperhatikan kondisi Si Kecil selama mengkonsumsi susu formula sebab sebagian anak memiliki alergi terhadap protein yang terkandung dalam susu sapi. Berikut adalah tanda Si Kecil mengalami alergi susu formula :

  • Batuk
  • Sulit bernafas
  • Muntah
  • Diare
  • Kulit kemerahan
  • Mata bengkak dan kemerahan
  • Tekanan darah menurun

Pada kondisi lebih lanjut, reaksi alergi susu formula dapat menyebabkan penurunan kesadaran. Jika Si Kecil mengalami keluhan diatas, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter terdekat.

Cek Kondisi Susu

Kondisi susu yang dibeli dan akan diberikan pada si kecil juga harus diperhatikan. Sahabat Sehat, sebelum memberikan susu formula untuk Si Kecil sebaiknya waspada dan mengecek beberapa hal berikut :

  • Pastikan susu formula belum kadaluarsa
  • Pastikan kemasan dalam kondisi baik dan masih tersegel
  • Cek keaslian susu formula
  • Sebisa mungkin hindari susu formula dari merk yang tidak dikenal
  • Cek ada tidaknya kode BPOM pada susu formula
  • Pastikan setelah diseduh susu formula tidak asam dan dalam kondisi baik

Memilih Susu Formula Menurut Usia Anak

Komposisi bahan dan kandungan vitamin serta mineral pada susu formula berbeda-beda. Ada susu formula yang ditujukan untuk anak usia 6 bulan, ada juga untuk anak 1 tahun, 3 tahun, ataupun di bawah 5 tahun.

Silahkan cek susu formula tersebut diperuntukkan untuk bayi umur berapa tahun yang biasanya tertulis di kemasan susu formula.

Rasa Susu Formula yang Disukai Anak

Sahabat Sehat juga dapat menentukan susu formula seperti apa yang disukai anak. Terutama ketika si kecil mulai menolak minum susu karenaa tidak lagi menyukai rasanya. Ada beberapa pilihan rasa susu formula yang cukup populer seperti cokelat, strawberry, maupun susu formula dengan rasa yang menyerupai ASI.

Namun pada beberapa anak, rasa tertentu pada susu formula menjadikannya lebih menyukai rasa tersebut hingga kemudian hari. Oleh sebab itu, pemberian susu formula dengan rasa tertentu sebaiknya dilakukan dengan bijak, khususnya hanya ketika anak mengalami masalah tidak mau lagi menyusu.

Lihat Juga: Bayi Tidak Mau Menyusu

Nah Sahabat Sehat, itulah mengenai berbagai tips dalam memilih susu formula untuk Si Kecil. Jika Sahabat Sehat memerlukan susu maupun multivitamin untuk Si Kecil, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Info lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi :

    1. Mayo Clinic. Infant formula: Your questions answered [Internet]. USA : Mayo Clinic. 2021 [updated 2021 March 02; cited 2021 July 30].
    2. Clark M, Gordon H. What Is a Milk Allergy? [Internet]. USA : KidsHealth Nemours. 2018 [updated 2018 Sep; cited 2021 July 30]
    3. Centers for Disease Control and Prevention. Choosing an Infant Formula [Internet]. USA : Centers for Disease Control and Prevention. 2021 [updated 2021 July 22; cited 2021 July 30] 

Chat Asisten ProSehat aja