Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

8 Manfaat Menyusui Bayi Secara Langsung Bagi Kesehatan Ibu

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Manfaat Menyusui Bayi Secara Langsung Bagi Kesehatan Ibu dan Si Kecil

Berbagai penelitian menyebut banyak sekali manfaat menyusui bayi secara langsung. Terutama untuk kesehatan ibu dan si buah hati. Oleh sebab itu, pemberian ASI secara langsung sangat disarankan dilakukan, terutama pada awal masa pertumbuhan si kecil.

Walaupun pemberian ASI perah yang disimpan dalam wadah khusus juga baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil, namun tentunya ada manfaat yang hanya bisa didapatkan jika Sahabat Sehat menyusui si kecil secara langsung. Nah Sahabat Sehat, apa saja manfaat menyusui Si Kecil langsung dari payudara ? Mari simak penjelasan berikut.

Manfaat Menyusui Langsung Bagi Si Kecil

Bayi yang Diberi ASI Ekslusif Secara Langsung

ASI (Air Susu Ibu) mengandung nutrisi yang baik bagi Si Kecil karena mengandung sejumlah vitamin dan mineral untuk tumbuh kembang Si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat menyusui secara langsung (direct breastfeeding) bagi Si Kecil :

Menjalin Ikatan Batin dengan Si Kecil

Saat memberikan ASI secara langsung, pada dasarnya Sahabat Sehat sedang meningkatkan ikatan batin antara ibu dan si kecil. Si kecil akan merasa tenang dan percaya penuh kepada orang tuanya, dan rasa percaya ini akan terus berkembang hingga dewasa.

Pada beberapa penelitian, disebut bayi yang disusui secara langsung akan memiliki rasa menyayangi dan peduli kepada keluarganya. Walaupun hal ini masih diperdebatkan, namun tentunya menunjukkan bahwa menyusui secara langsung adalah hal yang sangat baik dan bermanfaat.

Meningkatkan IQ Bayi

Bayi yang terbiasa menyusui secara langsung cenderung memiliki tingkat IQ yang lebih baik, terutama jika dibandingkan mereka yang diberi susu formula.

Pemberian ASI secara langsung juga menjadi penunjang kemampuan kognitif Si Kecil saat memasuki usia sekolah. Namun demikian hal ini harus didukung dengan gizi dan nutrisi seimbang selama proses tumbuh kembangnya.

Meningkatkan Sistem Pencernaan Si Kecil

Diketahui bahwa bayi yang menyusui secara langsung memiliki jauh lebih sedikit laporan masalah diare dan sakit perut. Hal ini umumnya berkaitan dengan fakta bahwa ASI jauh lebih higienis jika diberikan secara langsung dibandingkan dengan jenis makanan-makanan lainnya. Walaupun ASI perah juga sehat namun selalu ada risiko ASI tercemar karena adanya kesalahan cara simpan.

Selain itu, bayi juga cenderung tumbuh dengan sistem pencernaan yang lebih sehat hingga masa dewasanya karena ASI pada dasarnya memiliki nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Mengurangi Risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) 

SIDS atau kematian mendadak pada bayi merupakan masalah kesehatan bayi yang menyebabkan kematian secara mendadak pada bayi yang terlihat sehat. Pemberian ASI pada bayi dapat menurunkan risiko SIDS sebesar 50 persen.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bakteri menjadi salah satu penyebab terjadinya sindrom kematian bayi secara mendadak. Bakteri ini bisa menginfeksi bayi salah satunya melalui susu yang tercemar. Dengan pemberian ASI secara langsung, bayi cenderung mendapatkan ASI yang lebih higienis dan mendapatkan nutrisi yang berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuhnya.

Selama menyusui, ibu menyusui sebaiknya jangan minum alkohol karena dapat menyebabkan kualitas ASI menurun, bahkan dapat mencemari ASI. ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkihol dapat meningkatkan risiko bayi mengalami SIDS.

Bagi Ibu, Ini 8 Manfaat Menyusui Bayi Secara Langsung

Ibu yang Sehat dan Bahagia Karena Bisa Menyusui Bayinya Secara Langsung

Ketika Sahabat Sehat menyusui si kecil secara langsung, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Beberapa manfaat menyusui bayi secara langsung antara lain adalah:

1. Meningkatkan produksi ASI

Apabila Si Kecil rutin menyusu langsung pada payudara, maka menstimulasi produksi ASI sehingga jumlah ASI akan selalu cukup. Walaupun memompa ASI juga dapat menstimulasi produksi ASI agar meningkat, namun stimulasi pada puting yang diberikan oleh si kecil akan jauh lebih efektif.

Peningkatan produksi ASI ini tentunya harus didukung dengan konsumsi makanan bergizi. Karena jika produksi ASI meningkat sementara konsumsi makanan bergizi cenderung turun justru akan kurang baik bagi kesehatan ibu.

2. Membakar Lebih Banyak Energi dan Kalori

Lebih banyak energi dan kalori yang dibakar akan membantu menurunkan berat badan secara melahirkan. Hal ini tentu akan sangat baik bagi Sahabat Sehat yang ingin cepat mendapatkan bentuk ideal tubuhnya.

Selain itu, membakar energi dan kalori dari menyusui akan membantu membuat tubuh lebih sehat, bugar, dan tahan terhadap berbagai penyakit.

3. Mengembalikan Ukuran Rahim

Menyusui secara langsung dapat merangsang keluarnya hormon oksitosin yang membantu rahim kembali ke ukuran semula seperti waktu sebelum melahirkan. Dengan kembalinya rahim ke ukuran semula maka perut akan mengecil sehingga badan akan kembali seperti bentuk idealnya.

Oh iya, Sahabat Sehat juga perlu tahu bahwa hormon oksitosin juga berperan dalam menurunkan resiko perdarahan pasca persalinan sehingga kesehatan sehabis melahirkan menjadi lebih terjaga.

4. Mengurangi Risiko Terjadinya Depresi Pasca Melahirkan

Menyusui si kecil, memeluknya, dan melihatnya sedang asik menyusui adalah hal-hal yang sangat membahagiakan. Kebahagiaan yang dirasakan ini menjadi salah satu manfaat menyusui bayi secara langsung. Bahkan dengan menyusui secara langsung Sahabat Sehat dapat menghilangkan rasa depresi yang kerap muncul pasca melahirkan.

Dilaporkan bahwa banyak ibu menyusui secara langsung cenderung lebih tahan stress dan terhindar dari depresi dibandingkan ibu yang memberikan ASI perah pada si kecil.

5. Menumbuhkan Ikatan Emosional dengan Si Kecil

Selain membuat si kecil memiliki ikatan emosional dengan ibunya hingga dewasa, menyusui si kecil secara langsung juga akan menumbuhkan ikatan emosional ibu pada bayinya kapanpun, bahkan hingga si kecil telah dewasa.

Stress yang sedang dialami seorang ibu juga akan cenderung turun ketika melihat anaknya. Hal ini terjadi karena kuatnya ikatan emosional ibu dengan anaknya meskipun anaknya kelak tumbuh dewasa.

6. Mencegah Terjadinya Kanker Payudara

Selama menyusui, masa tidak menstruasi setelah melahirkan akan menjadi lebih panjang. Hal ini menyebabkan tubuh lebih sedikit terpapar hormon estrogen yang berperan dalam terjadinya kanker payudara. Semakin sedikit paparan hormon estrogen, risiko kanker payudara juga akan semakin menurun.

Selain itu, selama menyusui secara langsung dan mendapatkan stimulasi dari mulut si kecil maka akan membuat jaringan payudara luruh. Luruhnya jaringan ini akan membantu menghilangkan sel yang berpotensi memicu kerusakan DNA sehingga risiko terkena kanker payudara akan menurun secara cukup signifikan.

7. Mencegah Kanker Ovarium

Manfaat menyusui bayi secara langsung berikutnya adalah membantu mengurangi risiko terjadinya kanker ovarium. Proses menyusui secara langsung akan merangsang penundaan periode ovulasi. Semakin sedikit periode ovulasi semakin sedikit juga paparan estrogen dan sel-sel abnormal yang bisa menjadi kanker.

Namun tentunya manfaat mencegah kanker ovarium ini harus diiringi dengan konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan-makanan yang dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Misalnya makanan berlemak jenuh dan makanan-makanan yang digoreng.

8. Praktis

Keuntungan dari memberikan ASI secara langsung adalah Sahabat Sehat tidak perlu repot menyiapkan alat pompa ASI, botol susu serta perlengkapan penyimpanan ASI. Selain itu, Sahabat Sehat jika tidak perlu khawatir masalah higienitas pada ASI maupun perlengkapan penyimpanan ASI perah.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai manfaat menyusui Si Kecil secara langsung. Jika Sahabat Sehat memiliki keluhan selama di rumah, segera manfaatkan layanan Chat Dokter 24 Jam Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. WebMD. Breastfeeding Overview [Internet]. USA : WebMD; [cited 2021 July 31].
  2. Bjarnadottir A. 11 Benefits of Breastfeeding for Both Mom and Baby [Internet]. USA : Healthline. 2020 [updated 2020 Aug 13; cited 2021 July 31].
  3. NI Direct. Health benefits of breastfeeding babies [Internet]. UK : NI Direct. 2020 [updated 2021 Aug 04; cited 2021 Aug 04].
  4. Villines Z. Breastfeeding vs. pumping: The pros and cons of each [Internet]. USA : Medical News Today. 2018 [updated 2018 Aug 22; cited 2021 July 31].
  5. Pregnancy Birth and Baby. Let-down reflex [Internet]. Australia : Pregnancy Birth and Baby. 2020 [updated 2020 April; cited 2021 July 31].

Chat Asisten ProSehat aja