Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Penyebab Kulit Kemerahan pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : dr. Jesica Chintia Dewi
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia D

Gejala Kulit Kemerahan pada Bayi Membuat Si Kecil Merasa Gatal dan Kurang Nyaman

Biasanya kulit kemerahan pada bayi disebabkan oleh ruam. Tetapi mungkin ada sebab lain. Misalnya kulit terlalu sensitif ataupun alergi. Untuk itu, sangat penting untuk mencari apa yang menyebabkan kulit si kecil ini mengalami kemerahan. Dengan demikian, Sahabat Sehat bisa menentukan apa penanganan terbaik untuk kesehatan si kecil.

Kemerahan pada kulit kerap kali dialami Si Kecil. Banyak faktor yang menyebabkan kulit Si Kecil tampak kemerahan, sebab kulit Si Kecil berbeda dengan kulit orang dewasa. Lapisan kulit Si Kecil 30% lebih tipis daripada orang dewasa, dan 2 kali lipat lebih mudah kehilangan kelembaban dibandingkan orang dewasa sehingga kulit Si Kecil rentan mengalami iritasi.

Sahabat Sehat, apa saja penyebab kulit Si Kecil tampak kemerahan ? Mari simak penjelasan berikut.

Penyebab Kulit Kemerahan pada Bayi

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan munculnya gejala kemerahan di kulit si kecil. Biasanya kulit kemerahan pada bayi disebabkan oleh:

Udara Panas

Kemerahan pada kulit akibat udara panas, yang disebut heat rash merupakan keluhan yang kerap dialami Si Kecil. Kulit tampak kemerahan yang berbentuk seperti pulau dan sering ditemukan pada area lipatan kulit, seperti ketiak, leher, siku dan paha.

Untuk mengatasinya silahkan lakukan pengompresan dengan kain lembab selama 20 menit. Lakukan setiap jam hingga gejala kulit kemerahan menghilang.

Eksema

Eksema atau peradangan kulit dapat disebabkan karena berbagai hal seperti udara panas, udara terlalu dingin akibat AC, berkeringat, atau alergi terhadap zat klorin pada kolam renang. Kulit terasa gatal, kering, kemerahan dan tampak pecah-pecah. 

Eksema kerap dialami Si Kecil yang memiliki kulit sensitif dan mudah alergi. Kulit yang kemerahan muncul pada bagian tubuh tertentu, seperti belakang lutut, lipatan kulit, lipatan leher dan wajah (sekitar mata, mulut dan telinga).

Gigitan Serangga

Gigitan serangga seperti lebah, nyamuk dan semut dapat menjadi penyebab kulit Si Kecil kemerahan dan terasa tidak nyaman. Jika Si Kecil tersengat lebah, beresiko mengalami reaksi alergi (reaksi anafilaktik) sehingga memerlukan penanganan lanjutan.

Oleh sebab itu, pastikan si kecil ditaruh di tempat yang memang terlindung dari gigitan serangga. Misalnya di dalam kelambu. Atau gunakan lotion anti serangga untuk menghindari gigitan serangga. Selain itu, penting juga untuk memastikan tempat tidur si kecil bersih dan bebas dari kutu yang sering bersarang di kasur.

Impetigo

Impetigo merupakan kondisi akibat infeksi oleh bakteri kulit, sehingga tampak benjolan berisi air yang dapat pecah dengan sendirinya dan menimbulkan kerak tebal berwarna kekuningan atau kecoklatan. Area kulit yang mengalami impetigo biasanya terasa gatal dan dapat menyebar ke area kulit lainnya.

Area kulit yang rentan mengalami impetigo adalah wajah (sekitar mulut dan hidung), tangan, serta bagian tengah tubuh. Impetigo dapat menyebar melalui sentuhan langsung di area kulit yang terkena, sehingga dianjurkan agar Si Kecil tidak menggaruk area kulit yang bermasalah.2,4

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan kondisi timbulnya ruam kemerahan akibat kontak dengan bahan kimia atau zat iritan tertentu, seperti sabun dan detergen. Kulit terlihat kemerahan, bengkak dan terasa gatal.

Maka untuk mencegah terjadinya gejala dematitis kontak, si kecil harus selalu dijauhkan dari bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan sabun yang dia gunakan aman bagi kulitnya. Terkhusus apabila si kecil memiliki tipe kulit sensitifl

Ruam Popok (Diaper Rash)

Ruam popok pada kulit Si Kecil dapat disebabkan karena kondisi kulit yang basah dan lembab akibat terlalu lama terkena urin dan feses. Untuk mencegahnya, Sahabat Sehat dianjurkan mengganti popok Si Kecil setiap beberapa jam sekali serta jika popok terlihat basah.

Jika memang diperlukan, coba gunakan popok bayi anti ruam yang ukurannya sesuai dengan badan si kecil. Dengan demikian, risiko terkena ruam akibat popok kekecilan bisa dihindari.

Tips Mengatasi Kulit Kemerahan Si Kecil

Untuk penanganan awal kulit Si Kecil yang kemerahan, sebaiknya lakukan beberapa tips mudah berikut di rumah :

  • Kenakan pakaian yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tebal
  • Gunakan pendingin ruangan, seperti AC maupun kipas
  • Buka jendela untuk memperbaiki sirkulasi udara didalam kamar
  • Berikan krim pelembab kulit khusus anak-anak
  • Hindari menggaruk kulit yang kemerahan agar tidak timbul luka.
  • Segera cuci tangan dan kaki setelah Si Kecil bermain di luar ruangan
  • Gunakan krim anti serangga jika Si Kecil bermain di luar rumah, misalnya seperti taman
  • Beri kompres dingin pada area kulit yang terasa gatal dan bengkak 
  • Mengenali faktor pencetus keluhannya, misal apakah kulit kemerahan dialami setelah menggunakan suatu produk kulit ? atau setelah Si Kecil bermain di luar rumah ?
  • Gunakan sabun mandi dan sabun cuci pakaian yang aman untuk kulit Si Kecil

Apabila kulit kemerahan dialami hingga lebih dari 3 hari, atau bila kemerahan tampak meluas maka sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai penyebab kulit kemerahan pada bayi serta tips untuk mengatasinya. Jika Sahabat Sehat memerlukan produk kulit untuk anak dan bayi, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. 

Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi

  1. Everymum.Why Is Baby’s Skin More Sensitive Than Adults? [Internet]. UK : Everymum; [cited 22 August 2021].
  2. Healthy Children. 12 Common Summertime Skin Rashes in Children [Internet]. USA : Healthy Children. 2017 [updated 30 June 2017; cited 22 August 2021].
  3. Seattle Children’s Hospital. Rash or Redness – Localized [Internet]. USA : Seattle Children’s Hospital. 2021 [updated 30 May 2021; cited 22 August 2021].
  4. National Health Services Inform. Skin rashes in children [Internet]. UK : National Health Services Inform. 2021 [updated 06 July 2021; cited 22 August 2021].
  5. Nemours Kidshealth. Rashes [Internet]. USA : Nemours Kidshealth; [cited 22 August 2021].

Chat Asisten ProSehat aja