Telp / WhatsApp : 0811-15-12-800

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Pada Orang Dewasa

Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) adalah kondisi sakit yang diderita yang diduga terjadi setelah menerima imunisasi. KIPI dapat terjadi orang dewasa. KIPI ditetapkan oleh para ahli yang bergerak di bidang vaksin dan pelaporannya harus dilakukan berjenjang. Kemudian, apabila ada suatu kondisi diduga akibat imunisasi, maka harus dilacak dan ditelti dengan benar apakah kejadian sakit tersebut benar akibat imunisasi atau memang sudah ada risikonya pada penerima imunisasi.

Penyebab KIPI dapat berasal dari reaksi terkait produk vaksin, reaksi terkait dengan kualitas produk vaksin, reaksi terkait kesalahan imunisasi (vaksin yang tidak tepat penanganannya), reaksi kecemasan yang timbul terkait dengan imunisasi, dan gejala yang timbul kebetulan terjadi setelah diimunisasi.

KIPI ringan yang dapat terjadi pada orang dewasa secara lokal adalah rasa sakit, bengkak, dan kemerahan pada lokasi penyuntikan yang akan menghilang dengan sendirinya pada 1-3 hari pasca imunisasi. Reaksi KIPI berat yang melibatkan sistemik antara lain demam, pegal, sakit kepala, dan penurunan nafsu makan. Penanganan demam akibat KIPI biasanya adalah pemberian obat anti demam untuk meredakannya.

KIPI yang jarang terjadi pada orang dewasa, tetapi pernah terjadi dan dapat menimbulkan kegawatan bila tidak ditangani dengan cepat adalah kejang, pembengkakan kelenjar getah bening, reaksi alergi dan anafilaktik. Pada reaksi anafilaktik dapat terjadi dengan sangat cepat dan ditandai dengan pusing, penurunan tekanan darah tiba-tiba dan terkadang pingsan, nadi yang tidak teraba, mata dan bibir yang bengkak harus ditangani di tempat dengan segera karena akan menimbulkan kegawatan. KIPI berat dapat langsung ditangani oleh tenaga medis yang sudah terlatih, sehingga kegawatannya pun dapat diatasi dengan baik.

Kejadian atau reaksi pasca imunisasi/vaksinasi sebaiknya jangan ditakuti karena manfaat perlindungan yang Anda dapatkan melalui vaksinasi jauh lebih besar. Selain itu, reaksi berat yang terjadi akibat vaksin sangat jarang terjadi. Yang umum dirasakan oaring pasca vaksinasi adalah reaksi lokal ringan, misalnya nyeri ataupun bengkak pada area bekas suntikan. Jangan lupa untuk memberitahu dokter Anda bila ada reaksi terebut terjadi.

Nah, bila ingin mendapatkan vaksin dengan nyaman, ada cara praktis. Coba akses www.prosehat.com atau install aplikasi ProSehat, Anda bisa mendapatkan layanan vaksin ke rumah loh!

Info lebih lanjut mengenai vaksinasi, hubungi segera Asisten Kesehatan Maya melalui Telp / SMS / WhatsApp : 0811-18-16-800 sekarang juga!

REFERENSI:

  1. World Health Organization. Causallity Assesment of an Adverse Events Following Immunization (AEFI). 2013.[Internet]. Retrieved from: who.int
  2. UKDH. Vaccine safety and management of adverse events following immunization. [Internet]. Retrieved from: vaccine-safety-training.org
  3. FKUII. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. [Internet]. Retrieved from: fk.uii.ac.id

Chat Asisten ProSehat aja