Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Cara Mengembalikan Semangat Belajar Anak Agar Kembali Rajin

Ditulis oleh : Redaksi Prosehat
Ditinjau oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Setiap Cara Mengembalikan Semangat Belajar Anak Memerlukan Peran Penting Orang Tua

Sebagai orang tua kita harus tahu cara mengembalikan semangat belajar anak yang mulai malas belajar. Semua demi masa depan si kecil. Jangan membiarkan rasa malas si kecil karena dapat membuat dia ketinggalan dalam mengikuti pelajaran di sekolah.

Sejak pandemi Covid-19, anak diwajibkan melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring dari rumah. Kondisi seperti ini sering kali membuat para orang tua kewalahan. Mulai dari menurunnya semangat belajar Si Kecil hingga sulitnya mempertahankan konsentrasi. Mau tidak mau, Sahabat Sehat harus mencari cara agar Si Kecil tetap semangat belajar dan fokus saat mengikuti mata pelajaran secara daring. Sahabat Sehat, bagaimana cara mengembalikan semangat belajar Si Kecil selama masa pandemi Covid-19 ? Mari simak penjelasan berikut.

8 Cara Mengembalikan Semangat Belajar Anak

Kemauan anak untuk belajar harus dipupuk sejak dini. Cara memupuk semangat belajar ini bukan dengan cara memarahi atau memukulnya. Cara-cara kekerasan seperti itu memang akan membuatnya belajar, namun tidak dengan sepenuh hati.

Langkah terbaik dalam mengembalikan semangat belajar si kecil antara lain adalah:

Pahami Mengapa Dia Mulai Malas Belajar

Ada banyak alasan seorang anak mulai malas belajar. Sebagai orang tua maka sudah seharusnya Sahabat Sehat mencari tahu apa faktor penyebab si kecil mulai malas belajar. Biasanya anak jadi malas belajar karena:

Tipe Cara Mengajar yang Tidak Sesuai

Beberapa anak merupakan tipe visual. Lebih senang melihat gambar-gambar. Jika diberikan materi pelajaran berupa audio saja atau tulisan saja lama kelamaan dia akan jenuh dan mulai malas mengikuti pelajaran tersebut. Oleh sebab itu, cobalah cari tahu cara mengajar seperti apa yang disukai oleh Si Kecil.

Tidak Memahami Pelajaran

Materi pelajaran pada umumnya urut dari dasar hingga ke tingkat yang semakin rumit. Ketika ada materi yang tidak dipahami maka materi-materi selanjutnya akan tidak dipahami oleh Si Kecil. Hal ini akan membuatnya malas mengikuti materi pelajaran tersebut. Oleh karena itu, cari tahu materi dasar apa yang membuat bingung si kecil. Setelah materi tersebut dipahami, dan dia bisa memahami materi-materi selanjutnya, maka secara otomatis minat belajarnya akan kembali pulih.

Ketinggalan Pelajaran

Karena satu dan lain hal si kecil mungkin ketingalan materi pelajaran. Hal ini membuatnya tidak paham materi selanjutnya yang harus dia pelajari. Oleh sebab itu, sebagai orang tua maka Sahabat Sehat perlu memastikan bahwa Si Kecil memang mengikuti setiap materi yang diajarkan. Pastikan dia bukan sekedar mengikuti namun juga memahami materi tersebut.

Punya Minat Lain

Kemarin mungkin si kecil rajin belajar, namun karena dia ada minat lain maka semangat belajarnya jadi hilang. Sebagai orang tua sudah seharusnya menjaga agar minat si kecil tidak mengganggu keinginannya belajar. Saat ini yang biasanya membuat minat belajar si kecil hilang adalah game-game yang terdapat di telepon pintar orang tuanya. Namun bukan berarti orang tua harus mengekang minat si kecil. Sebagai cara mengembalikan semangat belajar anak maka orang tua dapat memberikan minatnya sebagai “hadiah” jika dia belajar dengan baik.

Tanamkan Motivasi yang Kuat

Agar semangat belajar Si Kecil tidak hilang, maka diperlukan motivasi yang kuat sehingga Si Kecil mau dan lebih bersemangat saat belajar. Motivasi ini bisa terdiri dari menanamkan pikiran positif, memberikan semangat belajar, mengadakan sistem hadiah jika dia rajin belajar, ataupun selalu mendampinginya ketika belajar sehingga dia lebih fokus belajar.

Ya, kebanyakan anak menjadi malas belajar karena merasa kesepian ketika belajar. Tidak semua anak menyukai kesendirian saat belajar. Jadi ketika dia mulai merasa malas, temani si kecil. Hal ini dapat memberikannya motivasi dan semangat untuk kembali belajar.

Beri Dukungan

Dukungan merupakan cara mengembalikan semangat belajar anak paling sederhana dan paling mudah dilakukan. Beri dukungan dan masukan terhadap apapun yang Si Kecil lakukan dalam meraih cita-citanya. Dengan memberi dukungan, Sahabat Sehat dapat memberikan motivasi belajar dan mendalami hobinya. Selain itu, Si Kecil juga menjadi lebih bertanggung jawab terhadap keputusannya.

Sebagai bentuk dukungan pada si kecil, Sahabat Sehat bisa mencari tahu pelajaaran apa yang paling dia senangi dan pelajaran apa yang paling membuatnya malas. Sahabat Sehat bisa lebih banyak menemani dia dan mengajari dia pelajaran yang dia senangi sembari menyelipkan pelajaran-pelajaran yang tidak dia suka sehingga membuat pelajaran yang tidak dia sukai tersebut tampak mengasikkan.

Terapkan Metode Mindfulness

Metode mindfulness merupakan kondisi tubuh ketika melakukan sesuatu dengan penuh kesadaran. Metode ini secara tidak langsung mengajarkan Si Kecil tahu waktu berkonsentrasi dan waktu beristirahat. Penerapan metode ini terbukti cukup efektif dalam meningkatkan fokus, konsentrasi, serta semangat belajar si kecil. Caranya cukup mudah, mintalah Si Kecil duduk tenang dan latihan bernapas bersama.

Jika si kecil merasa bosan dengan kegiatan tersebut, Sahabat Sehat bisa menggantinya dengan kegiatan lain seperti berolahraga yang membantunya berkonsentrasi. Misalnya bermain bola dimana si kecil bertindak sebagai penjaga gawang. Atau melakukan permainan melempar ke arah keranjang yang tentunya mengharuskan dia berkonsentrasi penuh. Setelah berolahraga bersama, ajak dia melakukan pendinginan bersama.

Penuhi Kecukupan Nutrisi Si Kecil

Badan yang kurang fit dapat menjadi alasan si kecil malas belajar. Biasanya karena si kecil kurang mendapatkan makanan dan nutrisi seimbang. Padahal selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, asupan nutrisi seimbang yang dikonsumsi Si Kecil berperan penting dalam membantu kemampuan kognitif dan fungsi otak Si Kecil.

Berikut adalah beberapa kebutuhan nutrisi Si Kecil yang perlu Sahabat Sehat penuhi:

  • Buah, sayur, dan susu.
  • Lauk pauk, misal daging, ayam, ikan, telur, tahu, tempe.
  • Multivitamin dan mineral, seperti vitamin A, B, C, D, asam folat, zink, kalsium, selenium, omega 3 dan omega 6.
  • Minum air putih yang cukup.

Pastikan Si Kecil Beristirahat yang Cukup

Aktivitas sekolah yang padat dan monoton seringkali membuat Si Kecil merasa lelah dan bosan, sehingga dapat mempengaruhi mood-nya. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan Si Kecil beristirahat yang cukup. Idealnya, Si Kecil membutuhkan waktu istirahat sekitar 8 hingga 10 jam per hari. Selain itu, waktu istirahat yang cukup akan membantu tubuh Si Kecil kembali bugar sehingga meningkatkan semangat dalam menjalankan kegiatan sekolah.

Perlu dipahami bahwa istirahat di sini bukan hanya sekedar tidur yang cukup. Beristirahat ini termasuk refreshing seperti bermain game, berkumpul bersama orang tua dan saling bercanda, ataupun menonton televisi bersama. Namun pastikan memberikan batasan untuk setiap kegiatan agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak justru menjadi alasan si kecil malas belajar.

Terapi Hypnosleep

Hypnosleep merupakan cara mengembalikan semangat belajar anak yang perlu dilakukan saat Si Kecil tertidur. Metode ini dilakukan dengan cara Sahabat Sehat mengucapkan kata-kata positif berupa doa, motivasi, dan pujian terhadap Si Kecil. Terlebih dahulu pastikan Si Kecil benar-benar sudah terlelap, sehingga alam bawah sadarnya dapat menangkap kata-kata yang Sahabat Sehat ucapkan. 

Terapi ini juga harus didukung dengan kata-kata positif saat dia bangun. Hindari menggunakan kata-kata negatif ketika Sahabat Sehat menegur Si Kecil. Hindari kata-kata seperti “kamu ini kok males banget”, “gini aja kok gak bisa”, dan kata-kata negatif lainnya.

Melakukan Peregangan Tubuh

Runtutan tugas sekolah semakin menumpuk setiap harinya. Kondisi seperti inilah yang kerap kali membuat Si Kecil harus belajar dengan ekstra hingga melebihi jadwal belajar yang telah dibuat sebelumnya. Salah satu cara menjaga kesehatan selama belajar adalah dengan mengatur pola duduk yang benar saat belajar, serta melakukan senam peregangan di sela-sela waktu belajar.

Peregangan ini akan membantu si kecil agar tidak mengantuk saat menerima materi pelajaran. Sahabat Sehat bisa menemani dia belajar, ketika si kecil mulai terlihat mengantuk, ajak dia untuk melakukan peregangan, senam kecil, atau bahkan menggelitik dia agar tertawa dan menghilangkan rasa kantuknya.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai cara mengembalikan semangat belajar anak yang perlu dilakukan oleh Sahabat Sehat sebagai orang tua. Jika Sahabat Sehat membutuhkan multivitamin untuk mendukung kegiatan belajar Si Kecil, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi. Tips Belajar Sehat Di Rumah Selama Pandemi Covid 19 [Internet]. Indonesia : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi. 2020 [updated 2020 May 29; cited 2021 Aug 06].
  2. Lestari I.8 Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar[Internet]. Indonesia : Tips Pengembangan Diri; [cited 2021 Aug 06].
  3. Baertlein L. Healthy Snacking Benefits [Internet]. USA : Everyday Health. 2016 [updated 2016 Feb 02; cited 2021 Aug 06].
  4. Bacher R. 6 Ways to Motivate Your Kids [Internet]. USA : Parents. 2013 [updated 2013 Aug 18; cited 2021 Aug 06].

Chat Asisten ProSehat aja