Telp / WhatsApp : 0811-1816-800

Panduan Cara Menambah Tinggi Badan Anak Menurut Para Ahli

Ditulis oleh : dr. Monica Cynthia Dewi

Cara Menambah Tinggi Badan Anak Akan Berhasil Jika Didukung Peran Serta Orang Tua

Sebenarnya cara menambah tinggi badan anak itu mudah. Kuncinya adalah sabar dan konsisten, serta mau mengikuti petunjuk ahli kesehatan. Dengan demikian, anak bisa tumbuh tinggi dengan bentuk fisik yang ideal. Ya, banyak kasus orang tua yang ingin membuat anaknya tinggi  namun akhirnya tubuh anak terlalu kurus, atau tulang-tulangnya menjadi lemah sehingga mudah lelah.

Tinggi badan anak memang menjadi indikator asupan gizi dan nutrisi anak. Selain faktor asupan gizi dan nutrisi, tinggi badan Si Kecil dapat dipengaruhi berbagai faktor lain, seperti keturunan dari orang tua, aktivitas fisik, serta asupan gizi nya sehari-hari. Lantas bagaimana membuat anak menjadi lebih tinggi jika saat ini badannya terlihat lebih pendek dari teman-temannya? Yuk simak jawabannya!

Cara Menambah Tinggi Badan Anak

Mungkin Sahabat Sehat pernah mendapatkan iklan obat penambah tinggi badan anak secara cepat. Obat tersebut tampak menjanjikan karena testimoni yang begitu hebat serta meyakinkan. Namun sebenarnya kebanyakan obat yang diiklankan tersebut sangat tidak direkomendasikan. Alasan pertama adalah karena kebanyakan obat tersebut tidak berizin. Alasan kedua tentu karena efek samping dari obat tersebut cenderung membahayakan kesehatan anak.

Oleh sebab itu, cara terbaik menambah tinggi badan anak yang aman menurut para ahli adalah:

Berikan Asupan Gizi Seimbang

Pilihlah makanan bergizi seimbang termasuk makanan sumber kalsium dan protein, seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, susu dan produk olahannya, serta kacang kedelai untuk memenuhi asupan gizi harian. Makanan sumber protein dan kalsium dapat menunjang pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Hindarilah makanan seperti makanan instan dan cemilan berpemanis buatan.

Kalsium dalam pertumbuhan anak sangatlah penting. Jika Si Kecil tumbuh tinggi dalam kondisi asupan kalsium kurang, maka tulang-tulangnya cenderung akan lemah, bentuk badan akan terlihat sangat kurus. Asupan kalsium bisa didapatkan dari susu, jeruk, ikan salmon, serta labu kuning.

Istirahat yang Cukup

Untuk menambah tinggi badan Si Kecil, sebaiknya pastikan Si Kecil tidur tepat waktu dan hindari begadang. Dengan beristirahat yang cukup, proses tumbuh kembang berlangsung dengan baik. Sewaktu istirahat, tubuh akan menghasilkan hormon pertumbuhan yang membantu meningkatkan pertumbuhan tulang sehingga menyebabkan penambahan tinggi badan.

Selama anak tidur, Sahabat Sehat sebagai orang tua sebaiknya memeriksa posisi tidur anak, karena posisi tidur akan mempengaruhi postur tubuh. Postur tubuh yang kurang baik akan mempengaruhi tinggi badan serta bentuk badannya kelak.

Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik turut berdampak pada penambahan tinggi badan Si Kecil. Namun mungkin Si Kecil mengabaikan hal ini dan cenderung lebih sering membungkuk, terutama saat duduk dalam waktu lama. Hal ini menyebabkan tulang belakang menekuk dan membuat badan terlihat lebih pendek. Sahabat Sehat dianjurkan mengingatkan Si Kecil jika terlihat membungkuk, agar kembali memperbaiki posisi tubuhnya.

Posisi tidur juga mempengaruhi postur tubuh. Sebaiknya anak menghindari posisi tidur menekuk bagian kaki. Posisi tubuh yang melengkung ini akan memperlambat perkembangan tubuh anak. Agar anak tumbuh tinggi, Sahabat Sehat juga sebaiknya tidak memberikan bantal yang terlalu tinggi pada anak. Malahan sebaiknya bantal diberikan di bawah lutut anak sehingga proses pertumbuhannya dapat menjadi lebih cepat.

Hindari Faktor Penghambat Tinggi Badan

Semua cara menambah tinggi badan anak yang Sahabat Sehat lakukan akan sia-sia jika faktor penghambat pertumbuhannya tidak diatasi. Pertumbuhan tinggi badan dapat terhambat apabila Si Kecil mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, maupun merokok. Sahabat Sehat disarankan memantau aktivitas dan makanan serta minuman yang dikonsumsi Si Kecil.

Selain jenis makanan yang dikonsumsi, beberapa kegiatan juga bisa menghambat pertumbuhan tinggi badan anak. Misalnya sering mengangkat barang dengan beban yang cukup berat. Beban berat yang mungkin tidak disadari orang tua adalah tas ransel yang terlalu penuh saat anak berangkat ke sekolah.

Paparan Sinar Matahari dan Vitamin D

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan tinggi badan adalah paparan sinar matahari pagi yang dapat mengaktifkan vitamin D untuk memperkuat tulang dalam tubuh Si Kecil. Ajak Si Kecil berjemur atau berjalan santai di pagi hari. Selain itu, Sahabat Sehat dapat memberikan makanan sumber vitamin D seperti ikan, merah telur, jamur, makanan laut, serta multivitamin.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sinar matahari pagi, Sahabat Sehat dapat mengajak anak berolahraga bersama di pagi hari. Olahraga yang bisa dilakukan misalnya jalan-jalan pagi mengeliling kompleks, ataupun bersepeda bersama.

Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat membantu Si Kecil menambah tinggi badan. Lakukan olahraga seperti bermain basket, voli, berenang, yoga, maupun lari. Dengan berolahraga, jumlah hormon pertumbuhan meningkat sehingga tinggi badan Si Kecil bertambah.

Namun demikian beberapa jenis olahraga sebaiknya tidak dilakukan oleh anak jika Sahabat Sehat ingin anak tumbuh tinggi. Olahraga seperti angkat beban dapat menyebabkan pertumbuhan tulang dan otot jadi lebih padat, namun pertumbuhan tinggi badan akan lebih lambat sehingga anak akan lebih pendek daripada teman-teman sebayanya.

Nah Sahabat Sehat, itulah berbagai tips dan cara menambah tinggi badan anak sehingga dia bisa tumbuh dengan sehat dan ideal. Selain memperhatikan asupan gizi Si Kecil, berikan multivitamin untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh Si Kecil.

Jika Sahabat Sehat berminat pada produk multivitamin, segera manfaatkan layanan pesan-antar Prosehat. Layanan Prosehat mempunyai banyak keunggulan, yaitu:

  • Produk dijamin asli
  • Ditangani oleh dokter yang profesional dan berizin resmi
  • Tanya jawab dengan Asisten Kesehatan Maya
  • Proses pembayaran yang mudah dan dapat dicicil
  • Jadwal vaksinasi yang fleksibel
  • Dokter akan mengunjungi lokasi sesuai perjanjian

Informasi lebih lengkap silakan hubungi Asisten Kesehatan Maya 08111816800 atau klik http://www.prosehat.com/wa.

Referensi:

  • Barrell A. What factors influence a person’s height? [Internet]. USA : Medical News Today. 2020 [updated 2020 Nov 09; cited 2021 Aug 14].
  • Nair A. Top 10 Ways to Increase Height in Children [Internet]. India : First Cry Parenting. 2018 [updated 2018 June 26; cited 2021 Aug 12].

Chat Asisten ProSehat aja